Kreatifitas

Kapal Hydrofoil, Teknologi Kapal terbang “Flying Boat” Andalan Batman

Seperti yang kita tau sob, kapal pada umumnya merupakan sebuah alat trasportasi yang beroperasi di air. Namun apa jadinya jika lambung kapal tersebut mampu terangkat seperti berjalan diatas air layaknya ninja Konoha?

Alif nur rochmad25 Juli 2021

Halo sob,

Kembali lagi kita membahas tentang fakta unik seputar dunia perkapalan dan kelautan.

Kapal merupakan salah satu alat trasportasi andalan yang mampu beroperasi di berairan, baik perairan laut, sungai, maupun danau. Seiring perkembangan teknologi bidang desain kapal, diciptakan sebuah inovasi yang cukup mutakhir dalam efisiensi bahan bakar. Yaitu kapal hydrofoil sob.

Lalu apa itu kapal hydrofoil? Kapal hydrofoil di beberapa negara ada yang disebut dengan “The Flying Boat”. Kalau diterjemahkan pakai google translate pasti “kapal terbang”.

Sebetulnya juga dibenarkan untuk julukan “kapal terbang”, namun sejak kecil pasti kita dikenalkan bahwa kapal terbang itu pesawat, mungkin sewaktu masih TK atau SD. Faktanya, kapal terbang ini memang secara riil berbentuk kapal dengan sirip dibagian bawah. Jadi istilah kapal terbang dan pesawat disini beda ya guys.

gambar kapal hydrofoil

Di beberapa film pun juga pernah ditampilkan beberapa scene yang menunjukkan kapal hydrofoil, salah satunya yaitu kapal andalan superhero Batman yaitu batboat. Batboat memiliki konsep bentuk lambung kapal menyerupai hydrofoil, jadi nggak heran sob kapal batboat bisa melesat dengan kecepatan tinggi.

Inovasi kapal hydrofoil muncul akibat kapal – kapal permukaan yang umumnya kita temui memiliki tahanan gesek terhadap air yang cukup besar, sehingga pasti membutuhkan daya mesin yang kebutuhan bahan bakar yang cukup besar sob. Sehingga ide tentang kapal hydrofoil ini perlahan mulai dikembangkan dengan konsep badan kapal didesain agar dapat melayang diudara tanpa tercelup atau bersentuhan dengan permukaan air.

Jadi sebetulnya prinsip hydrofoil ini mirip dengan aerofoil pada pesawat sob, namun dimodifikasi oleh beberapa peneliti agar sirip yang mirip pada sayap kesawat diletakkan pada lambung kapal bagian bawah sob

gambar kapal hydrofoil

Prinsip kerja kapal hydrofoil

Prinsip kerja dari kapal ini adalah ketika kapal hydrofoil mencapai kecepatan tertentu aliran air yang melewati lambung kapal hydrofoil akan menghasilkan gaya angkat keatas mirip denngan pesawat, akibat dari perbedaan tekanan tadi kapal akan terangkat.  Jadi akan timbul gaya angkat yang akan mengangkat sehingga lambung kapal hydrofoil tidak akan bergesekan atau bersentuhan langsung dengan permukaan air sob.

skema gambar kapal hydrofoil

Keunggulan kapal hydrfoil

Kapal hydrofoil ini juga mempunyai keunggulan dibanding kapal permukaan umumnya loh sob, yaitu

  • Membantu mengangkut muatan yang berat dan mampu berlayar dalam hitungan hari atau minggu, yang pada kapal permukaan bisa hitungan bulan sob.
  • Mencegah keterlambatan pengantaran barang, gak kalah dong sama kurir paket wkwkwk.
  • Mencegah adanya binatang laut yang menempel ke lambung, yakali bisa nempel, kan lambungnya diatas air sob.

Contoh penerapannya juga banyak sob, misalnya diterapkan di kapal ambulans, kapal perang, kapal patrol, kapal penumpang, kapal kargo, hingga speed boat. Yang tentunya mengutamakan efisiensi dan kecepatan dari kapal tersebut sob.

Saat ini banyak kok kampus yang lagi ngembangin kapal hydrofoil ini, misalnya di PPNS, ITS, UI, UNPAD, hingga kampus kapal lainnya sob. Jadi inovasi kapal  hydrofoil ini bakal terus dikembangin hingga menjadi desain yang paling efisien sob.

 

Sekian artikel hari ini, sampai ketemu di artikel selanjutnya

See you until next time….

Share:

0 Komentar