Pengetahuan

Mengenal Bagian - Bagian Sistem Kemudi Kapal Laut

Kemudi kapal adalah salah satu bagian utama yang penting ada di dikapal. Kemudi itu sendiri berfungsi untuk mengendalikan pergerakan kapal baik ketika kapal hendak berbelok maupun sedang melakukan olah gerak manuver.

Alif nur rochmad31 Oktober 2021

Rudder / Kemudi

Kemudi memiliki peranan terpenting didalam olah gerak kapal maupun operabilitas kapal. Sehingga beberapa persyaratan harus dapat terpenuhi agar terjamin keselamatan berlayar. Umumnya kemudi kapal terletak di belakang kapal yang nantinya dikendalikan melalui navigation deck.  Beberapa instalasi khusus didesain sedemikian rupa agar kemudi tidak akan mengganggu peralatan lain. Ruang tersebut harus direncanakan terpisah dari ruang lainnya dengan diberi pemisah sekat. 

skema kemudi kapal laut

Keterangan :

  1. Roda kemudi
  2. Celaga kemudi
  3. Transmisi
  4. Rudder quadran
  5. Motor
  6. Pegas
  7. Rudder stock
  8. Daun kemudi
  9. Roda gigi
  10. Ulir

Bagian Sistem Kemudi Kapal

  1. Hydraulic Steering Gear

Steering gear hidrolik yaitu bagian sistem kemudi kapal yang menggunakan mekanisme hidrolik. Steering gear akan dikendalikan dengan peralatan listrik. Dan digerakkan dengan cairan minyak sesuai konsep hidrolik. Sistem ini akan langsung dikontrol dari ruang kemudi kapal dengan menggunakan steering wheel.

  1. Rudder stock / Tongkat Kemudi

    Tongkat kemudi berbentuk poros silinder digerakan oleh steering gear sehingga tongkat kemudi dapat berputar dengan kecepatan dan sudut tertentu. Tongkat kemudi berfungsi untuk mengubah arah daun kemudi pada kapal. Pemilihan material yang tepat menjadi pertimbangan agar tongkat kemudi mampu menahan beban torsi pada beban kapal. Bantalan poros kemudi bagian atas menggunakan pelumasan minyak sehingga didesain kedap air. Sedangkan bantalan bagian bawah menggunakan pelumasan air dan didesain tidak kedap air agar dapat melumasi poros kemudi.

  1. Rudder Blade / Daun Kemudi

    Konstruksi daun kemudi dibagi menjadi 2, yaitu upper rudder frame dan bottom rudder frame. Bentuk daun kemudi pada awalnya terdiri dari satu plat tunggal dan penegar horizontal. Namun seiring perkembangan jaman sudah mulai diganti dengan bentuk plat ganda untuk meningkatkan efisiensi tahanan dan kekuatan daun kemudi. Tipe plat ganda terdiri dari lembaran plat pada sisi kanan dan kiri, plat vertikal dan horizontal pada bagian dalam yang berperan sebagai penguat struktur. Ukuran luasan daun kemudi menyesuaikan dengan ukuran dan spesifikasi jenis kapal. Karena akan mempengaruhi olah gerak dan manuver kapal. Sehingga pada saat kemudi dibelokkan dengan sudut tertentu, dapat merespon lift force yang dihasilkan oleh kemudi kapal.
     

  1. Rudder Trunk

    Merupakan sebuah bagian yang dilas dan dibungkus didalam rudder plate sehingga tidak terlihat dari luar.

  1. Rudder Coupling / Kopling Kemudi

    Kopling kemudi berperan penting sebagai penghubung antara daun kemudi dengan tongkat kemudi. Kopling ini sifatnya fixed  dan dibaut pada setiap sisi kopling. Pada umumnya, kopling kemudi didesain sedemikian agar dapat dilepas ketika melakukan perbaikan sistem kemudi kapal. Pemilihan material kopling menyesuaikan ukuran dan spesifikasi kapal agar dapat menahan torsi ketika kemudi sedang dibelokkan dengan sudut tertentu.

Share:

0 Komentar