Teknologi

Nyalain Mesin Kapal Nggak Perlu Pakai Engkol Motor?

Sebelum permesinan pada kapal dapat bekerja ada namanya tahap menyalakan mesin, bagaimana cara kerjanya? Pantengin terus konten dibawah sob.

Alif nur rochmad12 Agustus 2021

Penjelasan tentang mesin kapal

Umumnya sebuah mesin memiliki sisitem untuk menyalakannya atau bisa kita sebut starting engine system. Sistem starting engine ini umumnya dibagi menjadi 2 dari jenis cara menyalakannya, yaitu otomatis dan manual. Sistem manual umunya terdapat pada mesin – mesin yang ukuran relatif kecil, sehingga kekuatan manusia masih mampu untuk menyalakannya.

Salah satu control dari starting manual ini ada pada sepeda motor, generator listrik, pompa diesel yang ukurannya relatif kecil. Jenis tersebut menggunakan alat yang bisa kita sebut sebagai engkol yang ketika diputar akan memicu putaran piston. Namun sekarang untuk sepeda motor sering dikombinasikan dengan starting otomatis dengan tenaga dari aki motor, sehingga starting manual hanya digunakan ketika keadaan darurat saja.

Kemudian yaitu sistem starting otomatis, dimana cara menyalakannya tanpa menggunakan engkol atau tuas untuk menyalakan mesin. Ketika ingin menyalakan, temen -temen cukup menggukanan tombol atau tuas untuk menyalakan sistem starting, maka mesin otomatis akan mulai berjalan.

ilustrasi mesin kapal

Compressed Air System

Compressed air system adalah suatu sistem pada permesinan terutama permesinan kapal yang diperlukan untuk beberapa kegiatan, yaitu sebagai berikut :

  • Star mesin induk kapal
  • Keperluan air horn
  • Membersihkan saringan -saringan pada sea chest atau tempat pembuangan pada kapal
  • Menggerakkkan alat – alat bersistem pneumatic

Sistem udara untuk starting engine yang digunakan pada kapal adalah udara bertekanan. Berdasarkan ketentuan klas maka diminta untuk menyesuaikan ketentuan yang telah dipilih seaui dengan mesin kapal. Sebagi ketentuan kita dapat menentukannya dengan mengecek spesifikasi pada mesin induk kapal kita sob. Pipa atau selang yang digunakan terbuat dari bahan metalik yang telah diuji dan yang telah disesuaikan untuk kebutuhan udara start pada mesin diesel kapal yang selalu dijaga tekanannya tersebut selalu dibawah kemampuan tekanan pada pipa tersebut.

compress air system

Perlengkapan yang Diperlukan

Beberapa perlengkapan penting yang diperlukan untuk compressed air system adalah sebagai berikut :

  • Botol angin utama (main air compressor)
  • Botol angin bantu (auxillary air compressor)
  • Kopresor utama (main compressor)
  • Kompressor darurat (emergency compressor)

skema kerja mesin kapal

Cara Kerja mesin kapal

Sistem udara start sangat diperlukan dalam instalasi permesinan pada kapal sob. Nggak hanya dikapal aja, tapi juga diperlukan untuk mesin yang beroperasi di darat, misalnya kendaraan trasnportasi, mesin industry, dll. Pada prinsispnya sistem starting otomatis dibagi menjadi 2 bagian, yaitu sistem dengan menggunakan kompresor udara dan juga dengan menggunakan listrik sob.

Sistem start dengan udara bertekanan biasa digunakan untuk mesin yang ukurannya besar, misalnya untuk kapal – kapal besar. Sedangkan untuk mesin dengan daya yang lebih kecil biasanya menggunakan sistem elektrik sob. Untuk motor yang non-reversible ­dan menggerakkan CPP atau jika mungkin distart tanoa tahanan torsi, kapasitas botol angin harus cukup untuk paling sedkit 6 kali operasi start up pada kondisi motor mulai panas. Jadi buat jaga – jaga aja sih misalnya ketika starting pertama, mesinnya masih belum nyala.

 

Oke, sekian dan semoga bermanfaat

See you until mext time…

Share:

0 Komentar