Pengetahuan

Perbedaan Sistem Pendingin Mesin Kapal dengan Mesin Umumnya

Seperti yang udah kita ketahui bahwa pendingin mesin pada mobil umumnya menggunakan air radiator, lalu bagaimana dengan pendingin pada kapal?

Alif nur rochmad20 Agustus 2021

Kali ini kita bakal bahas sedikit fakta unik tentang permesinan kapal sob, yaitu kita akan mengulik fakta unik pada sistem pendingin kapal.

Pengertian Sistem Pendingin

Sistem pendingin diperlukan untuk mendinginkan mesin, lah emang kenapa? Pada beberapa jenis mesin khususnya motor bakar nih sob, pasti menghasilkan panas dari aktivitas mesin itu sendiri. 

Panas pada mesin bisa dihasilkan dari efek pembakaran pada mesin sob, semakin besar mesin itu maka suhu panas yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar yang dikompresi oleh udara akan menghasilkan panas sob. oleh karena itu, peran dari sistem pendingin mesin ini sangatlah berguna, karena jika mesin mengalami overheating yang terjadi adalah kerusakan komponen mesin bahkan berisiko kebakaran sob. Temen-temen pasti udah pernah lihat kan kasus mobil mogok, ketika dicek ternyata air radiatornya lupa belum diisi ulang, akibatnya mesin overheating dan mati. 

Sistem Pendingin pada Kapal

sistem pendingin pada kapal

Pada beberapa permesinan pada kapal khususnya dengan ukuran mesin yang besar, memiliki beberapa perawatan khusus. Sistem pendingin mesin dirancang menggunakan tipe Central Cooling, dengan charge air cooler 2 stage dengan 2 jenis pompa yang digunakan.

Nah sebelum masuk ke jenis pompanya, kita bahas dulu fluida apa aja yang ada di sistem pendingin di kapal.

  • Air laut, air laut difungsikan sebagai objek penerima panas dari air tawar yang telah digunakan, dengan alat penukar panas / kondensor. Sirkulasi air laut merupakan sirkulasi terbuka, artinya air laut dipompa dari sea chest kemudian disirkulasikan dan akhirnya keluar lewat outboard.
  • Air tawar temperature rendah, pendinginan terhadap lubricant oil merupakan fungsi utamanya baik itu minyak pelumas untuk chamshap maupun minyak pelumas main engine yang lain.
  • Air tawar temperature tinggi, pendinginan terhadap jacket main engine menggunakan air tawar temperatur tinggi karena untuk mengoptimalkan efisiensi termal main engine tidak boleh bekerja pada temperatur yang terlalu rendah atau terlalu tinggi.

Pemakaian air tawar sebagai media utama pendingin motor induk adalah dengan memperhatikan kelebihan – kelebihan yang dimiliki oleh air tawar dibandingkan dengan pemakaian air laut sebagai pendingin. Kelebihan air tawar dari air laut yang paling menonjol untuk keperluan sistem ini adalahair tawar tidak menimbulkan korosi pada instalasi.

skema mesin pendingin pada kapal

Peralatan Instalasi Air Laut

  • Pompa air laut / sea water pump, berfungsi memompa air laut ke central cooler. Pompa ini digerakan oleh motor listrik. Kapasitas dari pompa ditentukan berdasarkan jenis pendinginan yang digunakan dan jumlah panas yang harus dihilangkan.
  • Filter air laut / sea water filter, filter ini melindungi sistem dari beragam karat, untuk kapal dengan satu sea chest disarankan menggunakan filter dupleks. Untuk kerapatan dari filter ini adalah 2-4 mm, untuk daerah operasi yang banyak pasirnya disarankan menggunakan filter dengan kerapatan 0,3-0,5 mm.

Peralatan Instalasi Air Tawar

  • Expansion tank, berfungsi memberikan air pada sistem bila terjadi perubahan volume pada sistem seperti kebocoran. Disamping itu dilengkapi dengan vent pipe, sehingga tekanan air pendingin dalam tangki tidak tinggi, sesuai dengan ketentuan spesifikasi motor. 
  • Heat exchanger, sebagian besar sistem dalam sistem ini adalah alat penukar kalor. Penukar kalor ini dipasang sebagai pendingin udara, pendingin minyak pelumas, dll. Untuk pengeluaran suhu air pendinginan dari motor adalah 90 derajat celcius dan harus dijaga suhunya agar tidak lelebihi nilai tersebut.
Share:

0 Komentar