Kreatifitas

Sebelum Naik Kapal, Kenalan Dulu Sama 5 Alat Penyelamat di Kapal

Dalam aturan keselamatan kapal, sebuah kapal ketika berlayar harus memiliki perlengkapan keselamatan di kapal. Apa aja alat keselamatan? Simak ulasan berikut.

Alif nur rochmad26 Juli 2021

Halo sob,

Kembali lagi nih di artikel seputar dunia perkapalan. Kali ini kita akan membahas seputar tentang keselamatan kapal sob, yuk simak penjelasan berikut ini.

Kapal adalah alat trasportasi yang beroperasi di perairan, maka dari itu resiko tenggelam akibat kecelakaan. Baik karena kecelakaan tunggal akibat benturan atau kapal kandas maupun kecelakaan yang diakibatkan karena tabrakan antara 2 kapal yang mengalami kesalahan komunikasi.

Satu abab silam tepatnya, sebuah kapal raksasa bernama Titanic yang tenggelam akibat menabrak gunung es dan menelan banyak korban jiwa serta menimbulkan kerugian harta benda. Hal ini menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana kondisi dari sistem keselamatan pada kapal tersebut.

Salah satu yang menjadi sorotan adalah jumlah sekoci yang tidak sesuai dengan persyaratan di kapal. Dimana jumlah sekoci harus mampu memuat seluruh penumpang dan awak kapal. Namun sebaliknya, jumlah sekoci tidak sesuai dengan jumlah penumpang yang ada dan malah dikurangi karena sang kapten beralasan akan mengurangi keindahan dari kapal tersebut. Dan beberapa berita yang beredar, kapten dari kapal Titanic ini pernah tidak lulus pada pelajaran Navigasi sob. Jadi tentu saja hal ini menjadi pertanyaan kita juga kenapa bisa dia menjadi kapten dari kapal Titanic tersebt.

Nah ngomongin tentang beberapa peralatan di kapal nih, mimin akan mencoba merangkum 5 alat keselamtan yang umumnya wajib ada di kapal sebagai standard keselamatan dari SOLAS.

5 Alat Penyelamat di Kapal

1. Sekoci Penyelamat (Lifeboat)

Alat ini berupa perahu kecil dengan beberapa spesifikasi kapasitas muat 50 hingga 150 orang, jadi tergantung ukuran dari sekocinya ya sob. Pada kapal umumnya pasti memiliki sekoci sebagai alat keselamatan di kapal. Sekoci ini ada yang terbuat dari logam, kayu, aluminium, serta serat fiberglass. Di dalam sekoci biasanya terdapat beberapa makanan, minuman, obat-obatan, serta peralatan untuk memberi tanda pada kapal lain.

gambar sekoci

2. Pelampung Penolong Cincin (Ring Life Buoys)

Alat pelampung ini pasti ada beberapa dari temen – temen udah familiar. Bentuk dari alat ini menyerupai ban pelampung. Biasanya berwarna oranye serta diikat pada sisi samping lambung kapal dengan tujuan agar mudah di lemparkan ke laut kepada orang yang membutuhkan pertolongan.

pelampung cincin

3. Jaket Penolong (Life Jackets)

Sama dengan pelampung sebelumnya, namun bentuk dari pelampung ini menyerupai rompi pelampung dengan peluit sob. Tujuan dari peluit ini sebagai penanda kepada kapal agar memberi pertolongan.

jaket pelampung

4. Rakit Penolong Tiup (Inflatable Liferaft)

Secara konsep desain mirip dengan perahu karet yang sering kita temui sob. Namun belakangan ini sedang dikembangkan kebentuk kapsul dengan kapasitas besar dan dilengkapi tapi pembuka yang panjang sob. Ketika tali tersebut ditarik maka secara otomatis alat ini akan menggembung terisi udara.

gambar rakit penolong tiup

5. Pelempar Tali Penolong (Line Throwing Apparatus)

Alat ini memiliki prinsip kerja yaitu, berbentuk roket yang nantinya akan menembakkan tali sob. Jadi nantinya tali tersebut akan ditangkap oleh orang yang membutuhkan pertolongan dilaut. Jarak tempuh tali ini cukup panjang sob, yaitu 230 meter.

gambar alat pelempar tapi penolong

 

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat dan sampai ketemu di artikel berikutnya

See you until next time…

 

Share:

0 Komentar