Teknologi

7 Extension Chrome Untuk Tingkatkan Produktivitas Browsing Kamu

Taukah kamu bahwa Google Chrome memiliki banyak extension yang dapat meningkatkan produktivitas kamu dalam berinternet. Penulis telah merangkum 7 di antara extension tersebut. Apa saja ?

Andri Marza Akhda13 Agustus 2021

Google Chrome adalah web browser nomor 1 di dunia saat ini. Data dari Statcounter 2019 mencatat bahwa Google Chrome telah menguasai 65% pangsa pasar browser desktop global. Perombakan besar yang Google lakukan pada produknya ini, menjadikannya web browser terfavorit di banyak kalangan. 

Chrome unggul segalanya dari Firefox, terlebih karena Chrome adalah web browser yang otomatis kita dapatkan ketika membeli perangkat mobile Android. Salah satu kelebihan chrome adalah miliki banyak extensions. Extensions ini bisa kita dapatkan melalui chrome versi desktop. Apabila di Firefox, maka namanya akan berbeda, menjadi Add Ons.

Namun tetap saja, nama Google menjadikan banyak developer yang tertarik untuk membuat extensions di Google Chrome. Extensions di Google Chrome dapat kita tambahkan melalui situs Chrome Web Store.

Chrome Web Store
Chrome Web Store

Kita dapat mengatakan bahwa Chrome Web Store adalah versi Play Store-nya khusus untuk web browser. Situs ini menyediakan berbagai extensions yang dapat menambah good experience kita dalam penggunaan Chrome secara keseluruhan. Kategori extensions yang paling banyak netizen cari adalah kategori produktivitas.

Ada banyak extensions yang dapat membantu meningkatkan produktivitas berinternet kita. 7 di antaranya adalah;

1. Send Anywhere (For Gmail/Slack)

Send Anywhere (For Gmail/Slack)
Send Anywhere (For Gmail/Slack)

Extension ini memungkinkan kita untuk menambah jumlah kapasitas kirim file di Gmail hingga menjadi 10 GB hingga 50 GB. Sebagai informasi, ukuran maksimal ile yang bisa kita kirimkan melalui pesan Gmail hanyalah 25 MB. Tentunya, extension Send Anywhere sangat cocok untuk kamu yang ingin kirim file berukuran besar, dan sudah tidak punya cukup ruang di Google Drive

Bentuk file akan terkirim akan berubah menjadi link yang siap di-download. Link download file ini akan bertahan hingga 48 jam. Apabila kamu ingin menambah waktu kapan link download file tersebut berakhir, maka kamu bisa beralih pada mode PLUS.

2. Read Aloud : A Text Speech Voice Reader

Read Aloud A Text to Speech Voice Reader
Read Aloud A Text to Speech Voice Reader

Buat kamu yang lagi baca, dan lebih suka mendengar suara bacaan, maka extension ini wajib kamu pasang. Read Aloud : A Text Speech Voice Reader akan membacakan berbagai jenis website untuk kamu dengan suara yang lantang dan jelas. Tidak hanya website, bacaan yang ada pada PDF dan EPUB juga mampu extensions ini kenali. Kita juga dapat mengatur suara yang keluar dari pengaturan penyimpan Cloud text-to-speech.

3. Huntr : Job Search Tracker

Huntr : Job Search Tracker
Huntr : Job Search Tracker

Devleoper huntr.co menciptakan extension yang sangat bermanfaat untuk kamu-kamu yang sedang berjuang mencari pekerjaan. Extension tersebut adalah Huntr : Job Search Tracker. Extension ini akan mempermudah kita dalam pengelolaan lowongan kerja. Kita dapat mencatat informasi lowongan kerja secara detail, termasuk job desk dan gaji.

Tidak hanya itu, Huntr, mempermudah kita dalam mencatat progress kita terhadap informasi lowongan kerja dimulai dari simpan informasi, kirim berkas,, lamaran diterima ataupun ditolak.

4. Cite This For Me : Web Citer

Cite This For Me : Web Citer
Cite This For Me : Web Citer

Extension ini sangat cocok buat kamu yang sedang berjuang membuat sebuah skripsi / sejenis dan ingin mempercepat penulisan daftar pustaka dari dokumen internet. Kita dapat memilih sendiri gaya kutipan yang kita inginkan mulai dari APA : Edisi ke 6, Chicago : Edisi ke-17, MLA : Edisi ke-7, dan Harvard : N/A.

5. SponsorBlock for Youtube - Skip Sponsorships

SponsorBlock for Youtube - Skip Sponsorships
SponsorBlock for Youtube - Skip Sponsorships

Apa yang menyebalkan ketika kamu memutar sebuah video di Youtube ?. Ya, ketika sebuah iklan adsense datang menghentikan waktu nonton kita. Kita dapat mengakali iklan tersebut dengan menggunakan adblock ataupun beralih pada Youtube premium. Namun, baik adblock ataupun Youtube premium tidak akan bisa men-skip iklan yang satu ini.

Yakni iklan sponsor, iklan yang memang menjadi bagian dari konten youtuber. Biasanya iklan ini akan tampil pada awal awal konten dan menghabiskan waktu yang cukup lama, sekitar 5 menit atau lebih. Untuk kita yang tidak tertarik dengan produk atau jasa yang diiklankan youtuber tersebut, kita bisa gunakan fiturl forward.

Waktu yang akan terlewati dengan fitur forward adalah 10 detik, jadi kita perlu akses fitur ini beberapa kali sampai benar-benar iklan sponsor tersebut terlewati. Kita dapat gunakan extension SponsorBlock for Youtube - Skip Sponsorships, agar iklan sponsor yang ada dapat ter-skip otomatis.

Selain itu, user daripada extension ini juga dapat berkontribusi mengirimkan segmen time range mengenai konten iklan sponsor dari channel terpilih. Nantinya data tersebut akan diproses, dan orang lain yang menonton video dari channel terpilih dan telah memasang SponsorBlock tidak perlu lagi untuk lakukan skip manual.

6. BlockSite: Block Websites & Stay Focused

BlockSite: Block Websites & Stay Focused
BlockSite: Block Websites & Stay Focused

Sesuai dengan namanya, extension ini berfungsi untuk membuat fokus pada satu dan mengabaikan situs situs yang diperlukan saat bekerja, contoh mengakses sosial media. Extension ini punya keunggulan lebih untuk membantu kita dalam time managementKita dapat membagi waktu kapan kita bekerja, kapan istirahat, dan kapan mengakses sosial media untuk hiburan.

Extension ini akan memuat daftar website "haram" sebelum selesai bekerja yang telah kita tetapkan sebelumnya. Daftar tersebut bisa kita beri kunci, baik ketika website diakses ataupun dihapus dari daftar. Tujuannya pasti, agar kita komitmen dengan waktu kerja yang telah terjadwal di extension serta berpikir ulang ketika membuka website selain untuk kerja.

7. Infinite Dashboard - New Tab like no other

Infinite Dashboard - New Tab Like no other
Infinite Dashbord - New Tab Like no other

Extension terakhir adalah Infinite Dashboard - New Tab like no other. Extension ini sangatlah powerfull, dikarenakan miliki banyak fungsi yang benar-benar membantu. Infinite Dashboard memudahkan kita untuk melihat tab dan situs apa yang sedang diakses dalam tab tersebut. Fitur bookmarks yang dimiliki oleh extension ini sangatlah berbeda dengan tampilan bookmarks Chrome.

Fitur boormarks di Infinite Dashboard menampilkan tampilan daripada situs yang tersimpan. Dengan tampilan seperti itu, akan memudahkan kita untuk cepat membuka kembali situs tersimpan. Terdapat pula 3 fitur lainnnya yang tak mungkin untuk kita abaikan begitu saja. 3 fitur tersebut adalah Apps, ToDo, dan Notes.

Fitur ToDo dapat kita gunakan untuk membuat schedule harian mengenai apa yang mau kita kerjakan. Notes adalah fitur catatan harian atau jurnal, cocok untuk kamu yang suka menuliskan kegiatan harian. Terakhir adalah Apps, fitur yang dapat memudahkan kita untuk akses Google Services, berbagai macam sosial mediagames dengan mudah.

Untuk pengguna iPhone, jangan khawatir, karena extension ini juga sediakan layanan iCloud untuk akses data-data yang ada di penyimpanan iCloud seperti Photos, Reminders, Mail dan Find my iPhone.

Share:

0 Komentar