Kreatifitas

Anak Teknik Bisa Lulus Kuliah 3 Tahun? Itu Hoax, Ini Tipsnya..

Anak teknik selalu saja dihantui dengan bayang-bayang terlambat sarjana, tapi kali ini saya akan membantah itu dengan tips yang sudah saya riset dengan teman-teman saya yang telah sarjana dengan waktu 3 tahun 3 bulan dan 3 tahun 8 bulan, yuk simak...

Bad Lucifer18 Juli 2021

Halo Sobat Teknik, kalian mahasiswa baru atau mahasiswa tua?

Nah Kalau begitu yang mahasiswa tua jangan selalu tebarkan bahwa kuliah di Teknik itu susah dan butuh waktu lama yah! Untuk mahasiswa baru, tentunya saya akan beri kabar gembira nih untuk kaliah yang selama ini risau dan takut kalau nanti telat sarjana. Kali ini aku akan share ke teman teman baik itu mahasiswa baru ataupun calon maba nantinya kalau ternyata kuliah diteknik itu gampang dan bisa cepat lulus kok.

Ini adalah kumpulan pengalaman selama kuliah, dan tips ini aku rangkum dari teman-teman teknik yang kuliahnya cuma dibawah 4 tahun, bahkan ada loh yang cuma 3 tahun 3 bulan. Nah kalau sudah tidak sabar ini dia tipsnya:

1. Kenali siapa dosen pembimbing akademik

Pada awal masuk kuliah ada tuh namanya dosen Pembimbing Akademik, dosen ini  yang akan menjadi partner kita selama menjadi mahasiswa. Semacam teman curhat-curhat gitulah. Nah untuk yang pertama usahakan PA kamu ini kenal dan dekat sama kalian, soalnya dia yang punya peran penting terhadap keadaan akademik kalian. Nantilah aku akan ceritakan point pentingnya dimana, intinya kalian dengan Dosen PA harus sangat dekat kalau bisa kayak anak dengan orang tua gitulah.

2. Rajin mengikuti perkuliahan

Selama kuliah kalian itu jangan pernah sekali-kali untuk bermalas-malasan untuk melakukan hal-hal yang bisa membuat kalian mengulang mata kuliah. Jika kalian mengulang mata kuliah itu sama saja dengan menunda sarjana kalian ke tahun selanjutnya. Okay, pasti banyak yang berpikir "aku bukan orang pintar peluang lulus mata kuliahku kecil".

Saran aku hapus pemikiran seperti itu, karena sepengalaman saya 100% yang lulus mata kuliah adalah mereka yang rajin masuk kuliah + rajin mengerjakan tugas. Buktinya banyak teman-teman aku yang ternyata sewaktu SMA adalah orang juara olimpiade tapi pas sekarang malah asyik main game dan akhirnya gak lulus matkul. ingat rumusnya yah.... Rajin Masuk Kuliah + Rajin Kerja Tugas = Lulus Mata Kuliah.

3. Lakukan KKN dan KP saat libur semester

Point penting dari cepat lulus di lingkungan teknik adalah manajemen waktu KKN dan Waktu Kerja Praktik (Magang). Usahakan kalian harus mengambil jadwal KKN dan KP di waktu libur. Nah kalau kuliah itu untuk semester genap akan libur 3 bulan dan libur semester ganjil 1 bulan, manfaatkan ini untuk KKN dan KP.

Untuk kasus teman aku yang kuliahnya cuma 3 tahun 3 bulan itu ada di point ini, teman aku itu menggabung KKN dan KP dalam satu waktu. Jadi dia KP di waktu siang dan KKN di waktu malam. Sebenarnya ini jarang terjadi, tapi disinilah peran penting dosen PA tadi. Jika kalian sudah sangat dekat dengan dosen PA dan kamu dianggap biasa untuk menjalankan keduanya, pasti diberi yes lah.

4. Dokumentasikan kegiatan KP untuk judul skripsi

Pada masa KP kalian harus jeli melihat keadaan tempat kerja praktik kalian, karena dari situlah biasanya ada judul skripsi yang bisa muncul. Apabila belum dapat judul, bisa bertanya ke mentor KP nya, pasti ada bagian yang bisa diteliti. Keunggulan dapat judul dari tempat KP kita bisa dibantu oleh mentor biasanya. Jadi usahakan setelah KP kalian sudah bisa seminar judul (bagi prodi yang mengharuskan seminar judul)

5. Asistensi skripsi seminggu tiga kali

Rajin asistensi skripsi, kalau bisa 1 minggu 3 kali bagaimanapun caranya. Bahkan teman aku yang lulus 3 tahun 3 bulan itu asistensinya sehari sekali loh, jadi yah dosen pembimbing mulai bosan dan akhirnya di ACC dong.

6. Ikut organisasi dan lomba akademik

Tips ini opsional sih tapi penting banget, itu adalah organisasi dan lomba-lomba akademik. Kalau aku kasi tips berorganisasilah seperlunya. Organisasi yang aku ikuti cuma 2, itupun himpunan sama organisasi daerah. Sebagai untuk CV dan tambah softskill gitulah. Tapi aku salut dulu sama ketua himpunan aku yang bisa nempuh kuliahnya 3 tahun 8 bulan. Kalau katanya sih dulu dia kerja tugasnya tuh di sekretariat, jadi kumpul tugasnya tepat waktu dan tidak pernah ketinggalan di kos. Tapi ingat yah oraganisasi penting!!!

Untuk lebih ringkasnya ini nih aku tunjukin alurnya...

  1. Semester 1 dan 2 jadikan ajak mendekatkan diri dengan dosen-dosen terkhusus dosen PA, kalau bisa ikut lomba-lomba akademik juga boleh.
  2. Semester 3 dan 4 itu sisihkan waktu untuk ikut organisasi, biasanya kan mengurus organisasi periodenya kan 1 tahun. semester ini juga bisa diluangkan waktu untuk ikut lomba juga.
  3. Semester 5 dan 6 kalau bisa jadi pengurus organisasi, pengurus inti seperti ketua, sekretaris, bendahara, atau koordinator divisi. ikut lomba juga boleh banget.
  4. Akhir semeter 6 kan ada libur, laksanakan KP kalau bisa dengan KKN juga. tapi kalau tidak bisa digabung  KKN di libur semester 7 aja.
  5. Pertengahan semester 7 usahakan seminar proposal kalau bisa seminar hasil juga boleh.
  6. Awal semester 8 sisa ujian akhir deh. cepet kan?

Menurutku sih tips ini sangat manjur karena semua yang melakukan ini 100% selesai cepat loh. tetapi ada satu hal yang belum bisa kita taklukan yaitu dosen pembimbing yang sering menghilang, haha. Jadi intinya ingat point satu supaya menghindari adanya pengkhianatan antara dosen dan mahasiswa. okay, dah semoga berhasil.....

Share:

0 Komentar