Fun Fact

Kuliah Teknik Perkapalan Tapi Takut Gak Dapat Kerja? Berikut 4 Pekerjaan yang Bisa Diambil

Berikut aku kasi bocoran nih sebenarnya anak teknik perkapalan kalau sudah sarjana kerjanya dimana aja sih? yuk simak...

Bad Lucifer19 Juli 2021

Hai sobat Anak Teknik, kembali lagi kita berbicara tentang dunia perkapalan. Seseorang pernah berkata  bahwa "Jangan masuk perkapalan, kerjanya cuma di kapal saja dan nggak bisa kerja yang lain". 

Saran untuk teman teman, jika ada orang lain yang berbeda dengan impian kalian maka jangan dengarkan karena sesungguhnya dia tidak pernah melakukan apa yang akan kau lakukan, jadi teruskanlah dan rasakan tanpa menghiraukan orang lain biarkan dirimu yang menilainya.

Dan sekarang aku telah yakin kepada jurusan perkapalan bahwa yang pernah diberitahukan kepadaku itu salah. Itu karena aku telah menjalaninya dan tahu akan jadi apa kedepannya. Bagi yang ingin tahu area lulusan Perkapalan akan ku beritahu yaitu:

  1. Tenaga ahli untuk industri maritim.
  2. Surveyor pada biro klasifikasi nasional maupun internasional.
  3. Owner Surveyor pada perusahaan pelayaran.
  4. Konsultan pada bidang teknik perkapalan.
  5. Staff Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.
  6. Tenaga ahli pada Laboratorium Teknik Perkapalan
  7. Akademisi di  perguruan tinggi dan Sekolah Menengah Kejuruan.
  8. Karyawan perusahaan asuransi di bidang perkapalan.
  9. Insinyur di industri mesin-mesin dan peralatan
  10. Enterpreneur dalam bidang perkapalan.

Selain dari list pekerjaan diatas ternyata masih ada beberapa loh pekerjaan yang ternyata lulusan Teknik Perkapalan bisa kerja di sini. Berikut ini beberapa area yang bisa diambil lulusan teknik perkapalan

1. Perbankan

Kebanyakan lulusan teknik perkapalan bekerja dibank, itu karena bank butuh orang perkapalan untuk melakukan distribusi uang ke berbagai pulau kecil. Kenapa tidak pakai pesawat saja? Karena tidak semua pulau punya landasan pesawat dan modal yang cocok adalah kapal.

2. Perusahaan minyak dan gas

Perusahaan migas bukan hanya menerima lulusan teknik perminyakan dan teknik geologi saja. Salah satu bukti adalah adanya bangunan di tengah laut yang menyerupai rumah dan banyak kapal besar yang bersandar? Itu namanya Offshore (bangunan lepas pantai).

Offshore dibangun dengan melibatkan orang perkapalan sebagai perencana. Banyak keilmuan perkapalan yang dibutuhkan untuk membuatnya anatra lain ilmu struktur dan stabilitas bangunan laut.

3. Pegawai Negeri Sipil (Dinas Perhubungan, Kementrian Perhubungan Laut)

Teknik perkapalan bukan hanya sekadar mendesain suatu kapal melainkan juga mempelajari tentang sistem transportasi laut. Dan itu sangat dibutuhkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut karena yang tahu mengenai transportasi laut cuma orang perkapalan. Jadi, ini merupakan salah satu prospek kerja jurusan perkapalan. 

4. Desainer Rumah dan Bangunan

Walau kurang familiar untuk beberapa orang, faktanya seperti itu, ada beberapa lulusan perkapalan yang berprofesi sebagai desainer rumah untuk bisnis property yang lagi booming sekarang.

Kenapa bisa desain rumah? Itu karena perkapalan memang mempelajari itu bahkan punya kompetensi menjalankan software yang dipakai oleh arsitek untuk membuat ruang ruang dalam kapal serta membuat rancangan potongan kapal yang akan dibangun.

Nah, teman-teman sudah tau kan, sebenarnya masih banyak sih tapi masuk perkapalan dulu deh nanti tau sendiri. Tunggu apa lagi yuk daftar di Teknik Perkapalan.

 

Share:

0 Komentar