Fun Fact

Perbedaan Kuliah Anak Pada Zaman Dulu dengan Zaman Sekarang

Banyak dari kita sering termakan bisikan-bisikan orang lain bahwa kuliah terutama di Teknik itu beginilah, begitulah. Tapi sebenarnya itu tidak benar jika kita telah ataupun sedang menjalaninya. Untuk calon mahasiswa baru supaya tidak kaget memasuki

Bad Lucifer24 Juli 2021

Haloo Sobat Anak Teknik, eh mungkin kali ini pembahasan kita ditujukan untuk para calon Sobat Teknik. Pernah gak sih kalian terbayang atau membayangkan kuiah itu bagaimana? Apa lagi kalau teman-teman semua sudah ngulik-ngulik pengalaman kuliah bersama orang tua yang pernah ditemui, akun yakin teman-teman pasti langsung menghayal.

Pasti yang terbayangkan itu jika kuliah teknik akan lama selesai, tugasnya susah, orientasinya keras atau bahkan keseharian yang buruk seperti jarang mandi dan gondrong. maka dari itu, kita akan luruskan semua itu di sini apa-apa aja sih kebiasaan atau fakta-fakta mahasiswa teknik dulu dan sekarang.

Kuliah Susah Sampai Telat Sarjana

kuliah teknik
Google.com

Kalau teman bertanya kepada orang yang kuliahnya pada zaman old pasti testimoninya mengatakan kuliah diteknik itu mata kuliahnya susah-susah, dosennya killer bahkan ada yang bilang saya dlu selalu ikut sama senior. Padahal zaman sekarang, ini sebenarnya tidak berlaku lagi. Bahkan kalau kita liat sekarang tidak ada lagi yang seperti ini.

Malah jika kalian sudah memasuki dunia Teknik, kalian akan merasa kalau pernyataan sebelumnya itu berbanding terbalik. Kalau bilang mata kuliahnya susah, tapi faktanya sekarang banyak kok yang SMA dulu tidak berprestasi amat bisa selesai cepat sampai 3 tahun 3 bulan (baca tulisan saya sebelum ini) bahkan cumlaude.

Ini karena jika ingin lulus mata kuliah bukan pintar modal yang diperlukan melainkan sikap rajin yang harus ditumbuhkan. Mata kuliah anak teknik itu tidak susah hanya bobotnya banyak jadi menguras waktu untuk mengerjakannya, maka dari itu kuliah diteknik jangan malas.

Mahasiswa Teknik Kurang Tidur Sampai-Sampai Telat Bangun Kuliah

mahasiswa teknik begadang
Google.com

Kalau ini memang fakta yah, karena banyaknya tugas jadi waktu tidur pun dialihkan. Tetapi Ini bisa diatasi dengan cara rajin kerja tugas tadi + Manajemen Waktu yang baik. Kebiasan buruk anak teknik ataupun yang lainnya adalah menunda-nunda waktu, ini lah problem sebenarnya. Kebanyakan mahasiswa sekarang lebih sering tatap layar hp dari pada layar laptop. Saya dan beberapa teman mengaplikasikan tips ini untuk bisa membuat pola tidur sehat walaupun tugas banyak (ingat tugas banyak berbeda dengan tugas numpuk). Pertama, jangan buat tugas menumpuk dengan cara tidak menunda, waktu luang adalah emas. Kedua, tidur jam 9 malam dan bangun jam 3 atau jam 4 dini hari terus lanjut kerja tugas. Tapi tips ini tidak 100% berguna tergantung dari tugas jurusan masing-masing. Jadi yah kalau anak teknik kurang tidur itu memang benar dari dulu sampai sekarang masih sama.

Kerja Tugas Gambar

gambar teknik
Google.com

Kalau teman-teman bertanya sama anak teknik jaman dulu pasti mereka akan bilang

"aku dulu gambarnya pake pensil, pake kertas ukuran A0 lagi jadi susah kalau kuliah di teknik".

Eitss, tapi teman-teman tidak perlu khawatir soalnya sekarang orang menggambar itu sudah pakai software.

Aplikasi gambar yang paling umum digunakan anka teknik segala jurusan adalah Autocad, jadi jangan usah takut dengan doktrin jaman dahulu. Walaupun sekarang masih ada yang menggunakan cara manual, tapi ini hanya untuk melatih kok setelah paham baru dianjurin pake Autocad.

Mahasiswa Teknik Kurang Bergaya

anak teknik gondrong
Google.com

Kalau ini sih memang masih ada sampai sekarang, tapi ini lah ciri khas dari anak teknik kemeja kotak dengan celana robek dibagian lutut. Perlu diingat itu untuk pakaian sehari-hari yah bukan untuk di pakai kuliah.

Ada beberapa senior lama sekali yang sudah saya tanya-tanya, memang benar gaya seperti ini dipakai juga saat kuliah akan tidak semua. Kalau di era sekarang punya gaya seperti ini paling dilarang masuk kelas.

Mahasiswa teknik sekarang sudah lebih rapi, yang gondrong sudah pasti disuruh cukur atau tidak masuk kelas. Pokoknya beda banget lah kalau sekarang, kalau tidak percaya liat aja sendiri.

Ospek Yang Menegerikan

ospek mahasiswa jurusan teknik
Google.com

Hampir semua orang bahkan yang bukan anak teknik sekalipun jika ditanya bagaimana sistem ospek fakultas teknik, semua pasti menjawab "ngeri". Inilah yang sering terdengar oleh calon mahasiswa baru, tapi saya harus tegaskan kembali bahwa itu dulu dan sekarang telah berubah.

Ospek atau penerimaan mahasiswa baru dahulu merupakan tanggung jawab dari BEM tapi sekarang tenaga pengajarlah yang ambil alih, walaupun panitianya tetap dari mahasiswa juga. Tentunya ini bertujuan untuk meminimalisir yang namanya perpeloncohan, jadi jangan takut yah teman teman untuk kuliah di Teknik.

Mungkin cuma itu sih yang saya rasakan selama ini, tapi kalau teman punya pengalaman lain bisa komentar dibawah.

Share:

0 Komentar