Opini

Generasi Emas Lahir Dari Kampus Merdeka

Kampus adalah loboratoriumnya peradaban. Disana lahirlah generasi emas pada masa mendatang

Mei Brilian Harefa18 Juni 2021

Generasi Emas Lahir Dari Kampus Merdeka

Sekarang ini sistem pendidikan Indonesia sudah mulai berbenah, terlihat dari terobosan seorang Nadiem Anwar Makarim selaku Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, melalui program kampus merdeka.

Kampus merdeka adalah bagian dari program merdeka belajar yang mana akan memberikan kesempatan bagi mahasiswa/i untuk mengembangkan potensi mereka dengan cara terjun langsung ke dunia kerja. Langkah ini diambil sebagai persiapan karier di masa depan.

Hadirnya program kampus merdeka, mahasiswa/i mampu berimprovisasi dengan bakat dan minat mereka. Dengan terlibat langsung di dunia kerja mampu mempertajam intuisi para mahasiswa/i, sehinga akan banyak memunculkan ide-ide, gagasan, serta kreativitas mahasiswa/i.

Lamanya waktu yang diberikan kepada mahsiswa/i dalam melakukan praktik di lapangan akan membentuk mereka memiliki etos kerja, yang nantinya menghasilkan lulusan yang siap kerja, serta  memiliki keterampilan dan pengalaman. Program kampus merdeka menjadi jawaban dan wadah buat para mahasiswa/i dalam menuangkan imajinasi dalam melihat peluang usaha,dan menemukan hal-hal yang baru.

program merdeka belajar mendikbud
Program merdeka belajar (pixabay.com)

Mempelajari lintas disiplin ilmu juga makin membuat mereka mahasiswa/i mendapatkan relasi, memperluas jaringan pertemanan, sehingga dapat bertukar pikiran atau diskusi dalam mencari pemecahan masalah, dan tidak tertutup kemungkinan membentuk kelompok riset yang nantinya akan menghasilkan produk yang nilainya bisa lebih  bermanfaat.

Kolaborisi antara dosen, mahasiswa/i dan praktisi di tempat praktek akan menjadi kekuatan besar dalam kemajuan pendidikan Indonesia kedepannya. Bapak/ Ibu dosen memberikan materi perkuliahan di lingkungan kampus, sebagai bekal mahasiswa/i untuk terjun ke tempat praktek lapangan.

Praktisi memberikan arahan, bimbingan dan pelatihan langsung di tempat praktek, sehingga ada kebersinambungan dalam belajar. Ilmu yang dari kampus bisa langusung diterapkan secara nyata di dunia kerja, perpaduan antara teori yang didapat di lingkungan kampus dengan praktek di lapangan,  akan menjadi pondasi yang kokoh bagi para mahasiswa/i dalam mengambangkan ide-ide, gagasan, kreatifitas dan dapat bersaing dengan dunia luar.

Adanya evaluasi dan perbaikan kurikulum yang dilakukan pihak kampus dapat meminimalisir perbedaan antara teori dan praktek di lapangan. Sehingga ilmu yang di dapat mahaisswa/i lebih update, sesuai dangan perkembangan teknologi,dan tuntutan dunia industri.

Kampus adalah laboratoriumnya peradaban. Karena dari sana akan lahir generasi-genarasi emasnya Indonesia. Dari kampus akan menghasilkan para teknokrat-teknokrat yang handal, para pakar hukum, ahli pertanian, perikanan, akuntan, ahli-ahli dibidang kesehatan, dan masih banyak lagi akan dihasilkan dari beragam disiplin ilmu yang lain.

Indonesia dengan angkatan emas ini akan mampu mendongkrak perekonomian,dari hasil buah pikiran dan karya tangan anak bangsa sendiri. Tidak butuh waktu lama Indonesia akan menjadi bangsa yang besar, bangsa yang berdaulat, yang disegani lawan dan kawan.       

 

Share:

0 Komentar