Pengetahuan

Light Density Resistor : Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja

Beberapa dari kalian mungkin sudah tau alat ini. Light Density Resistor merupakan alat kerja untuk mengaktifkan lampu di malam hari. Bagaimana cara kerjanya? Berikut akan dijelaskan

Otto Anak Pria Saya1 Desember 2021

Pengertian Light Density Resistor

light density resistor

 

Light Density Resistor (LDR) adalah resistor yang nilai resistansi dipengaruhi oleh cahaya. LDR ini lebih sering digunakan pada lampu di jalan kampung. Cara kerjanya yang tidak terlalu ribet seperti timer.

Sensor ini bergantung dari intensitas cahaya yang ia terima. Semakin besar cahaya yang ia terima maka semakin turun nilai resistansinya (ohm).

Sebaliknya jika semakin sedikit cahaya yang ia terima maka semakin besar. Kemudahan cara kerja membuat LDR lebih sering digunakan untuk lampu jalan.

Bentuk Light Density Resistor

bentuk LDR

 

LDR (Light Density Resistor) memiliki cakram semikonduktor yang permukaannya memiliki dua buah elektroda. Bahan semikonduktor yang digunakan adalah seperti senyawa kimia cadmium sulfide.

Dengan bahan ini, energi dari cahaya yang jatuh membuat banyak muatan terlepas. Gampangnya, arus listrik meningkat. Artinya resistansi bahan telah mengalami penurunan.

Pemasangan LDR dalam rangkaian sama persis seperti pemasangan resistor pada umumnya

 

Fungsi Light Density Resistor

LDR berfungsi sebagai sensor cahaya dalam berbagai macam rangkaian elektronika. Berdasarkan cahaya, jika sensor terkena cahaya maka arus listrik akan mengalir. Sebaliknya, jika sensor dalam kondisi gelap maka aliran listrik akan terhambat. . 

LDR sering digunakan sebagai

  • sensor lampu penerang jalan otomatis
  • lampu kamar tidur
  • alarm
  • rangkaian anti maling otomatis menggunakan laser
  • shutter kamera otomatis
  • dan masih banyak lagi yang lainnya

 

Cara Kerja Light Density Resistor

LDR itu harus mendapatkan cahaya dengan intensitas tinggi agar dapat menghantarkan arus listrik dengan baik. Ketika LD  mendapat intensitas cahaya yang tinggi maka nilai resistansi jadi kecil.

Hal ini mengakibatkan arus dapat mengalir melalui LDR atau Light Dependent Resistor tersebut. Teorinya apabila di waktu malam hari / minim cahaya, LDR akan sebagai konduktor yang buruk atau resistansinya besar. Sebaiknya, apabila di waktu siang hari / banyak cahaya, LDR sebagai konduktor yang baik dan resistansinya kecil

Kelebihan dan Kekurangan dalam Pemakaian Light Density Resistor

Dalam sebuah penggunaan alat pasti ada efek kelebihan dan kekurangan. Apa saja kelebihan dan kekurangan LDR itu? simak berikut ini

Kelebihan LDR:

  • Tidak terlalu ribet dalam pemasangan Instalasi
  • Sensor yang murah dan dapat ditemukan di pasaran
  • Tidak perlu coding saat instalasi

Kekurangan LDR:

  • Tidak bisa mengontrol pengawasan jika konslet
  • Apabila mendung atau tertutup sesuatu, sensor akan menyalakan lampu yang membuat pemborosan listrik
Share:

0 Komentar

Artikel Terkait