Teknologi

Software Engineering Yang Wajib Dikuasai Oleh Anak Teknik Kimia

Software engineering tentunya sangat membantu dalam perancangan, memecahkan masalah, dan mengembangakan rangkaian proses. Berikut software yang wajib dikuasai oleh anak teknik kimia.

chandra syah putra15 Maret 2022

Bidang engineering merupakan sebuah bidang yang sangat kompleks, dan rumit. Oleh sebab itu dibutuhkan alat bantu yang dapat menyelesaikan berbagai kerumitan tersebut. Alat bantu yang kini sangat membantu para engineer adalah perangkat lunak (software).

Seiring perkembangan zaman, software engineering mengalami revolusi dengan membuat perhitungan dengan akurasi yang semakin tinggi.

Software di bidang teknik kimia

Software di bidang teknik kimia yang paling sering digunakan untuk perancangan pabrik kimia, simulasi proses, perhitungan desain, dan reaksi bahan. Software tersebut adalah:

  • Aspen Hysys
  • Chemcad
  • DWSIM
  • Apmonitor
  • ASCEND
  • MATLAB

ASPEN Hysys

Aspen Hysys adalah perangkat lunak simulasi konseptual utilitas yang cukup baik. Perangkat lunak ini sangat populer di seluruh dunia karena memfasilitasi berbagai jenis perhitungan.

Software Aspen memberikan fitur perhitungan simulasi dasar hingga lanjutan untuk para penggunanya. Dapat digunakan untuk mendesain flow aliran proses pabrik, lengkap tujuan operasinya dari tiap-tiap desain unit proses.

Dengan kata lain, Aspen Hysys adalah alat pengukur canggih yang didasarkan pada teknologi termutakhir.

Berikut hal-hal  yang dapat dilakukan dengan software ini:

  • Menghitung keseimbangan massa dan panas komponen tertentu
  • Mendesain ukuran peralatan, seperti unit pemisah atau penukar panas
  • Menentukan ukuran katup (valve) pelepas tekanan dan jenis katup lainnya.

Perangkat lunak Aspen Hysys memiliki beberapa fitur menonjol, yang membantu para penggunanya.

Fitur-fitur tersebut seperti

  1. Mudah dioperasikan, software ini memberikan keuntungan dalam kemudahan penggunaanya. Serta memiliki kemampuan untuk membuat gambar rancangan dalam bentuk file PDF untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang hasil konsep desain kepada para pembaca.
  2. Fungsi Termodinamika, Aspen memberikan praktik perhitungan dengan standar tinggi terhadap konsep terkait, baik perhitungan mengenai sifat fisik, fenomena transportasi fluida, ataupun parameter operasi yang diinginkan.
  3. Konsep Operasi Unit, software Aspen menyediakan perhitungan yang mencakup  hampir semua  proses operasi unit. Baik unit pemisahan, unit pemanasan, unit pendinginan, bahkan termasuk unit peralatan berputar seperti agitator.
  4. Antarmuka Aspen, terhubung dengan TASC untuk desain penukar panas shell dan tube.
  5. Memberikan opsi untuk ukuran penukar panas sesuai dengan jenis zat.

Kelebihan lain yang dimiliki software Aspen adalah

  • Software mampu memastikan perhitungan margin yang aman dengan mempertimbangkan prosedur desain pabrik
  • Mampu menyelesaikan masalah desain lapangan yang kompleks.

DWSIM

DWSIM merupakan perangkat lunak yang kini sangat penting dalam proses simulasi pabrik kimia. Perangkat ini awalnya dikembangkan oleh Daniel Medeiros, namun tanpa diduga software-nya tersebut menjadi begitu penting di kalangan engineer dunia.

Kini, DWSIM dapat bekerja di sistem operasi (OS) seperti windows, linux, MacOs, Android, dan iOS. Pada fitur utamanya, perangkat lunak ini menyediakan ukuran peralatan dari unit proses yang terlibat pada operasi produksi. Baik itu unit pemisahan, unit penukaran panas, atau unit pompa.

Perangkat lunak ini juga kompatibel dengan kemampuan plotting grafik, hingga memungkinkan mengimpor database dari perusahaan lain.

Perangkat ini dapat memberikan hasil yang lebih identik daripada perangkat lunak lainnya.

MATLAB

MATLAB dirancang oleh Pengembang bernama Cleve moler dan diluncurkan pada tahun 1984. Tujuan awal pembuatan MATLAB  sebagai program komputasi numerik di sistem OS, windows, MacOS, dan Linux.

Perangkat lunak MATLAB hanya bekerja di atas skrip, yang didefinisikan sebagai no operasi yang dilakukan berdasarkan nomor urutnya. Fungsi dapat didefinisikan sebagai istilah untuk menyelesaikan sebuah persamaan, dapat berupa persamaan diferensial.

Perangkat lunak MATLAB memiliki kemampuan untuk memplot persamaan yang digunakan untuk menyelesaikan persamaan ekspresi aljabar.

Berikut beberapa contoh penggunaan MATLAB dalam teknik kimia:

  • Digunakan dalam perpindahan massa, energi, dan momentum: Fenomena yang menunjukkan perbedaan gas dan cairan menggunakan konsep persamaan diferensial parsial.
  • Tujuan dari kolom distilasi: Menggunakan metode McCabe Thiele untuk identifikasi jumlah logam di dalam kolom untuk sistem biner apa pun.
  • Sebagai peralatan alternatif dalam penentuan ukuran: Penukar panas, pompa, katup (valve), dan lain sebagainya.
Share:

0 Komentar