Industri

5 Perusahaan Oil Terbesar di Dunia

Industri perminyakan biasanya jadi tempat kerja favorit banyak orang terlebih karena gaji yang di dapat di industri perminyakan biasanya cukup wah ya guys. Saat ini industri perminyakan menghadapi berbagai tantangan akibat anjloknya harga minyak akib

Dhea Christin Monica Gultom9 Juni 2021

1. Saudi Aramco

Lebih dari 80 tahun, perusahaan milik negara Kerajaan Arab Saudi patut berbangga dengan eksplorasi, produksi, pemurnian, distribusi, pengiriman dan pemasaran hidrokarbon mereka. Mereka juga menjadi pengekspor minyak mentah dan natural gas liquid (NGL) terbesar di dunia. Saudi Aramco memiliki cadangan minyak sebesar 260,2 miliar barel, dengan produksi minyak mentah harian sebesar 9,5 juta barel per hari pada 2012 lalu. Jika dihitung, Saudi Aramco dengan anak perusahaannya memiliki total kapasitas penyulingan di seluruh dunia hampir 4,5 juta barel per hari.

2. National Iranian Oil Co.

National Iranian Oil Co. adalah perusahaan yang terkait dengan produk minyak dan gas dengan kebijakan untuk eksplorasi, pengeboran, produksi, pemurnian, distribusi dan ekspor mereka. Perusahaan ini sudah beroperasi sejak 1951 dan sekarang menjadi salah satu perusahaan minyak terbesar dengan perkiraan jumlah 156,53 miliar barel hidrokarbon cair dan 33,79 triliun m3 natural gas. Jika di rata-ratakan dapat menghasilkan 6,4 miliar barel per hari.

3. ExxonMobil

ExxonMobil adalah salah satu cabang perusahaan dari Standard Oil company yang dikelola oleh John D. Rockefeller. Perusahaan ini merupakan penyuling dan pemasar produk minyak bumi terbesar di dunia. Perusahaan ini bermarkas di Texas, Amerika Serikat dan dibentuk pada tahun 1999, perusahaan ini dapat menghasilkan rata-rata 5,3 juta barel per hari. ExxonMobil beroperasi melalui nama merek yang lebih terkenal Exxon, Esso, dan Mobil. 

4. Pemex

Pemex berkaitan dengan eksplorasi, produksi, pemurnian, penyimpanan dan penjualan hidrokarbon. Pemex adalah perusahaan minyak dari Negara Meksiko yang memproduksi rata-rata 3,6 juta barel per hari, perusahaan ini juga menghasilkan produk-produk seperti petrokimia, natural gas, liquid gas, sulfur, bensin, minyak tanah, dan solar. Pemex mengoperasikan 344 lapangan produksi; 6.382 sumur produksi; 225 platform lepas pantai; 6 kilang; 8 kompleks petrokimia; 7.896 km jaringan pipa gas; 4.548 km jaringan pipa minyak; dan 19 terminal distribusi LPG.

5. Chevron

Chevron adalah perusahaan yang berdiri pada tahun 1879 di California, Amerika Serikat. Chevron di Indonesia terdapat di Riau. Chevron memiliki kapasitas penyulingan global sebesar 1,95 juta barel per hari. Perusahaan ini berfokus pada produksi dan transportasi minyak mentah dan natural gas, pemurnian dan distribusi bahan bakar serta pelumas untuk alat transportasi, pembuatan produk petrokimia, pembangkit listrik, produksi energi panas bumi dan penelitian pengembangan untuk biofuel tingkat lanjut.

 

Share:

0 Komentar