Kreatifitas

5 Aktivitas Produktif yang Bisa Anak Teknik Lakukan Selama Menunggu Pekerjaan

Belum mendapat pekerjaan hingga saat ini? Supaya hari-harimu bermanfaat. Lakukan lima aktivitas berikut ini yang membuat hari-hari kamu lebih produktif dan bermanfaat.

Doohan Aditya SaputroDecember 21, 2020

Kamu pasti memiliki rencana terstruktur dalam menjalankan hidup, salah satunya adalah bekerja setelah lulus kuliah. Setiap kesempatan lowongan pekerjaan selalu kamu coba. Namun, realita berkata lain, ada waktunya kamu harus menunggu lebih lama untuk mendapatkan pekerjaan. 

Nah selama waktu menunggu itu sebaiknya kamu isi dengan ativitas-aktivitas yang produktif dan bermanfaat. Kira-kira apa saja aktivitas yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu menunggu tersebut? Berikut lima aktivitas yang bisa kamu lakukan agar tetap produktif dan bermanfaat!

1. Menjadi freelancer

Daripada menganggur saja di rumah lebih baik melakukan kegiatan menghasilkan. Sambil menunggu panggilan dari lamaran kerja, kamu bisa mendapatkan pemasukan dengan menjadi freelancer. Saat ini, sudah banyak perusahaan atau media yang membutuhkan tenaga kerja lepas secara online. Mekanisme kerjanya sangat mudah dan fleksibel. Bayaran yang didapat juga tidak tergolong kecil lho. 

Salah satu contohnya kamu bisa menjadi penulis konten. Kamu yang gemar menulis bisa membuat sebuah artikel yang mengulas berdasarkan bidang yang kamu kuasai. Dan mengirimnya ke media yang kamu inginkan. Pekerjaannya pun bisa kamu lakukan di mana pun kamu suka karena fleksibel! 

2. Memperdalam ilmu yang dimiliki

Setelah lulus bukan berarti kamu berhenti belajar lho sobat teknik. Kamu tidak akan berhenti belajar bahkan sampai kamu terjun di dunia kerja. Untuk itu yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah memperdalam ilmu yang kamu miliki. Supaya ilmu yang kamu miliki dan dipelajari selama ini tidak lupa begitu saja. Dan meningkatkan pengetahuan kamu di dalam ilmu yang kamu miliki. 

Karena kamu akan bekerja di dalam dunia teknik yang terus berkembang. Perlu rasanya untuk terus memperdalam ilmu yang kamu miliki dan terus update pengetahuan. Meskipun di dunia kerja itu yang diutamakan pengalaman dan praktek. Namun, pengetahuan mendasar tentang suatu bidang juga sangat diperlukan.

3. Belajar kemampuan baru

Menunggu merupakan kegiatan yang membosankan dan tidak disukai semua orang dimanapun berada. Karena kamu memiliki waktu yang cukup lapang tersebut, kenapa tidak kamu manfaatkan untuk belajar kemampuan baru? 

Kamu bisa memulai belajar software-software baru yang bisa menunjang bidang pekerjaanmu nantinya. Atau kamu belajar melatih soft skill-mu dengan cara membaca buku. Hal ini berguna ketika ada peluang pekerjaan peluang yang kamu miliki jadi lebih besar dibandingkan yang lain. 

Karena ada potensi lebih yang kamu miliki dan berbeda dari pelamar yang lain. Hal tersebut bisa menjadi nilai lebih buat kamu sobat teknik. 

4. Ikut pelatihan atau kursus

Tidak sedikit perusahaan meminta calon karyawannya harus memiliki sertifikasi keahlian. Sebagai bukti kemampuan diri bahwa kamu ahli di bidang tersebut. Salah satu kegiatan yang bisa kamu lakukan adalah mengikuti pelatihan atau kursus keahlian.

Contohnya kamu bisa mengikuti pelatihan desain atau menggambar dengan Autocad. Jangan salah lho sobat teknik. Pelatihan semacam itu  bisa menjadi bahan pertimbangan perusahaan untuk merekrut kamu. 

5. Membangun usaha 

Terakhir, bila kamu memiliki tekad pengusaha. Kamu bisa memulainya dengan cara membangun bisnismu sendiri. Tidak ada salahnya untuk mencoba, barangkali kamu memang ahli dalam dunia usaha tanpa kamu sadari. 

Kelak jika kamu sukses dengan hasil usahamu, justru kamu yang membuka peluang kerja bagi lulusan-lulusan baru yang membutuhkan.

Nah, itulah lima aktivitas yang dapat kamu lakukan ketika menunggu pekerjaan. Jadi, sudah siapkah kamu untuk melakukannya? 

Manfaatkan waktu kamu sebaik-baiknya atau kamu akan menyesalinya!

Share:

0 Komentar

Related Article