Pengetahuan

5 Manfaat yang Anak Teknik Rasakan Bila IPK Lebih dari 3.00

Perlu diperhatikan nih sobat teknik! IPK di atas 3 memiliki pengaruh dan peran penting setelah kamu lulus kuliah. Jangan sia-sia kan kesempatan yang ada saat ini bila tidak ingin menyesalinya.

Doohan Aditya Saputro28 Januari 2021

Banyak diantara sobat teknik yang beranggapan IPK itu bukan segalanya. Ada juga yang beranggapan bahwa IPK tinggi tidak menentukan kesuksesan seseorang. Dan tidak sedikit juga yang mengatakan IPK tinggi tidak menentukan masa depan. 

Memang ada benarnya, kalau IPK tinggi tidak menentukan kesuksesan dan masa depan seseorang. Namun, memiliki IPK rendah juga bisa menghancurkan masa depan, loh. Faktanya, banyak pilihan karir di dunia teknik bahkan non teknik sekalipun membutuhkan IPK tinggi atau IPK lebih dari 3. Bahkan banyak perusahaan di Indonesia yang menjadikan standar minimum IPK sebesar 3.00 sebagai syarat awal melamar kerja.  

Tidak dipungkiri kalau IPK tinggi sangat penting untuk kamu wujudkan. Kenapa sangat penting? Berikut 5 alasan anak teknik wajib memiliki IPK di atas 3 !

1. Langkah awal untuk seleksi administrasi kerja

Mau ketuk pintu perusahaan baik swasta atau negri harus memiliki IPK minimal 3. Kini, perusahaan banyak yang menetapkan IPK minimal 3 sebagai syarat 
yang dibutuhkan. Bahkan ada di posisi-posisi tertentu yang mensyaratkan IPK lebih dari itu. 

Faktanya, kamu yang berasal dari PTS (Perguruan Tinggi Swasta) kadang memiliki syarat yang berbeda dari PTN (Perguruan Tinggi Negri).
Ada perusahaan yang mensyaratkan untuk PTS IPK minimal 3.20 sedangkan PTN IPK minimal 3.00. 

2. Penting untuk mendaftar beasiswa

Siapa yang tidak ingin mendapatkan beasiswa? Beban orang tua perihal biaya kuliah bisa menjadi lebih ringan. Kamu bisa memanfaatkannya untuk membeli
keperluan kuliahmu atau menambah tabungan.
 
Tidak hanya kerja yang menysaratkan IPK. Beasiswapun ada yang mensyaratkan IPK lebih dari 3. Bahkan ada yang mensyaratkan IPK minimal 3.5 lho.

3. Syarat melanjutkan studi Pascasarjana atau S2

Melanjutkan studi ke jenjang pasca sarjana merupakan pilihan bagi sobat teknik yang ingin memperdalam ilmu atau keperluan dalam berkarir. Lagi-lagi untuk mendaftarkannya kamu perlu IPK sarjanamu sebagai syarat yang harus dipenuhi.

Banyak universitas khususnya di dalam negri yang mensyaratkan IPK minimal 3.  

4. IPK minimal 3 selalu menjadi syarat mendaftar PNS

www.bloggue.web.id

Kalau lulus nanti kamu ingin berkarir menjadi PNS (Pegawai Negri Sipil). IPK juga menjadi syarat wajib yang harus dipenuhi. IPK lebih dari 3 suatu hal yang wajib kamu penuhi.

Karena hampir semua instansi pemerintah yang mensyaratkan IPK lebih dari 3 dari semua perguruan tingg. Nah, supaya lolos dalam seleksi administrasi syarat ini perlu kamu miliki sobat teknik. 

5. Menunjukkan penguasaan teori dan kapabilitas intelektual

Banyak anak teknik khususnya mahasiswa teknik yang keliru perihal IPK. Banyak yang menyatakan bahwa teori tidak begitu penting. Hal terpenting adalah praktiknya.
Bagi anak teknik, kemampuan teknis memang sangat diperlukan. Namun, teori yang dipelajari di kelas juga tidak kalah penting. Karena bagaimana bisa kamu mengharapkan praktik yang baik tanpa teori yang memadai? Keduanya sangat penting untuk dimiliki agar kinerja kamu bagus.

Sobat teknik sudah tahu alasannya, kenapa harus memiliki IPK di atas 3. Jangan jadikan IPK sebagai beban namun jadikan IPK sebagai motivasi kamu. 
Sekarang, saatnya kamu mengejarnya. Semoga berhasil sobat teknik!      

Share:

0 Komentar