Kreatifitas

7 Rekomendasi Channel YouTube Seputar Dunia Teknik Elektro, Penuh Ilmu!

Tidak selalu hiburan, media sosial YouTube juga bisa menjadi tempat kamu mengembangkan pengetahuan. Anak teknik punya tujuh rekomendasi channel YouTube seputar dunia teknik elektro yang bisa menambah ilmu dan mengembangkan pengetahuanmu.

Doohan Aditya SaputroFebruary 20, 2021

Siapa yang tidak tahu media sosial YouTube? Hampir setiap orang pasti membuka situs ini, mulai dari ingin mencari hiburan atau sekedar mencari informasi. YouTube sudah menjadi wadah jutaan video yang bisa kamu nikmati setiap harinya. 

Namun, YouTube tidak hanya sekedar mencari hiburan atau mencari informasi. Kamu juga bisa mengembangkan pengetahuanmu tentang dunia teknik. Khusus bagi kamu yang tertarik dengan dunia teknik elektro, anak teknik punya tujuh rekomendasi channel YouTube yang penuh ilmu. Penasaran? Berikut adalah channel YouTube yang membuatmu semakin cerdas!

1. GreatScott!

Kamu yang tertarik dengan dunia elektronik sangat tepat menonton video-video dari GreatScott!. Channel YouTube ini banyak membahas tentang berbagai ilmu teknik elektronika hingga ke penerapannya di dunia nyata. Lewat video-video tutorialnya kamu juga mendapatkan pengetahuan baru yang bisa kamu terapkan di rumah. 

Channel YouTube dengan subscriber 1,49 juta ini memiliki playlist video QnA, merekayasa peralatan-peralatan elektronik, dan memperbaiki barang-barang elektronik secara luar biasa. Tidak hanya pengetahuan kamu yang akan bertambah, keterampilan kamu juga akan meningkat dengan mengikuti tutorial videonya.

2. ElectroBOOM

Kalau kamu suka menonton video yang menghibur tapi juga menambah pengetahuan, sangat tepat untuk datang ke channel YouTube ElectroBOOM. Kamu bisa mendapatkan pengetahuan tentang dunia teknik elektro dengan pembawaan yang sangat lucu dari pembawa acaranya. 

Channel ElectroBOOM memiliki pembahasan seperti motor listrik, kapasitor, resistor, dan alat-alat elektronik lainnya. Kamu juga akan mendapatkan pemahaman-pemahaman tentang teori-teori yang kamu dapat di kampus disertai penerapannya. Dan dengan menonton video-videonya kamu juga akan mendapatkan wawasan yang baru tentang bagaimana menyelamatkan bumi.

3. PLC Tutorial 

PLC atau Programmable Logic Controller merupakan salah satu mata kuliah yang ada di jurusan teknik elektro dan menjadi salah satu ilmu yang penting penerapannya di industri. Kamu yang masih kesulitan dalam mempelajari tentang PLC bisa menonton video-video dari channel YouTube PLC Tutorial.

Selain itu, PLC Tutorial juga menyuguhkan video tutorial menggambar menggunakan aplikasi AutoCAD untuk bidang elektrikal. Dijamin tidak bosan karena durasi video-video nya rata-rata tidak lebih dari 15 menit per video.

4. Engineering Science & Technology - EST

Channel YouTube asal India ini memiliki pembahasan yang sangat beragam. Seperti review produk elektronik, review software yang digunakan oleh teknik elektro, hingga aplikasi-aplikasi yang berhubungan dengan teknik elektro. Tidak itu saja, kamu yang haus dengan konten video-video tutorial. 

Channel ini memiliki banyak video tutorial menggunakan software-software yang umum digunakan di jurusan teknik elektro. Seperti tutorial mendesain 2D menggunakan AutoCad, microcontroller, industrial automation, arduino, hingga robotics.

5. The Gold Life

The Gold Life merupakan channel YouTube yang menampilkan video reaksi dari film-film dari kaca mata engineer. Salah satu film yang dibahas tentang teknologinya adalah film dari Marvel dan DC Studio. DIbawakan oleh pembawa acara dari seorang insinyur elektro ini membuat kita yang menonton semakin tertarik. 

6. Jeremy Fielding

Channel ini dipenuhi dengan video-video praktikal tentang keilmuan teknik elektro dan teknik mesin. Beberapa videonya ada yang membahas tentang cara kerja motor induksi, cara memilih ukuran motor listrik yang tepat, hingga tata cara membaca name plate motor listrik. Dengan gaya penyampaian yang sederhana tapi jelas dengan gambar-gambar yang jelas mampu membuat kamu betah menonton videonya

7. Anak Agung Duwi Arsana

Terakhir, ada channel YouTube asal Indonesia yang cocok banget buat kamu anak teknik elektro. Channel ini banyak menyuguhkan video yang berisi kreativitas-kreativitas yang bisa menjadi inspirasimu. Dimana penerapan ilmu yang kamu pelajari di kampus bisa kamu terapkan di kehidupan sehari-harimu.

7 channel YouTube di atas sangat cocok buat kamu yang ingin mengembangkan pengetahuanmu seputar dunia teknik elektro. Jadi, yang mana channel YouTube pilihanmu? 
 

Share:

0 Komentar

Related Article