Industri

7 Rekomendasi Channel YouTube Untuk Belajar Coding dan Progamming

Tidak perlu mahal bayar pelatihan untuk belajar coding dan programming! Anak teknik punya rekomendasi channel YouTube sebagai wadah kamu belajar mandiri. Diisi orang-orang hebat dan berpengalaman dibidangnya.

Doohan Aditya Saputro1 Desember 2020

Kata siapa belajar coding dan programming mahal? Mahal, apabila kamu ikut pelatihan atau kursus khusus coding dan programming. Kemampuan coding dan programming di era digital ini memang sangat banyak dibutuhkan diperusahaan manapun. 

Memang, tidak mudah untuk mempelajari coding dan programming secara mandiri. Akan tetapi, jika kamu ada kemauan dan terus berusaha belajar, bukan tidak mungkin
kamu akan mampu menguasai coding dan programming

Berikut ini 7 rekomendasi channel YouTube yang bisa menjadi wadah kamu untuk belajar coding dan programming!

1. CS Dojo

Pertama ada channel YouTube CS Dojo yang dibawakan oleh seorang pria bernama YK. Channel-nya memberikan konten-konten menarik seputar dunia programming dan ilmu komputer seperti, tutorial, tips & trik, dan pengetahuan lainnya. 

Channel YouTube dengan 1,56 juta Subscribers ini sangat cocok buat kamu yang baru mulai ingin belajar tentang programming dan coding. Karena pembawaan yang jelas dan mudah dipahami oleh orang awam. 

2. Derek Banas 

Derek Banas merupakan channel YouTube yang banyak membahas topik-topik seperti programming, web design, mobile development, game development, dan masih banyak lagi. Konten-kontenya pun sangat menarik beberapa diantaranya membahas tentnag PHP, JavaScript, Pyhton, XML, dan lainnya.Dia juga mengajarkan topik tentang data science dan machine learning. Wah, sangat sulit sekali bukan menemukan video tutorial tentang machine learning. Kamu pun harus siapkan mata dan konsentrasi karena video-video dari Derek Banas ini memiliki durasi yang cukup panjang sekitar 15-30 menit. 

3. ProgrammingKnowledge

ProgrammingKnowledge merupakan channel YouTube yang cocok ditonton oleh pemula dan profesional tentang dunia programming. Dia membahas beberapa bahasa pemrograman seperti Java, Pyhton, C, dan C++. Tidak sedikit ilmu yang kamu dapatkan karena masih banyak lagi konten-konten tutorial yang akan memuaskan kamu. Dan ProgrammingKnowledge hampir setiap hari mengunggah video-videonya jadi, jangan khawatir untuk menunggu konten-kontennya. 

4. DevTips

Konten kreator lainnya yang tidak kalah keren adalah DevTips. Channel YouTube dengan 351.000 subscribers ini membahas tentang tutorial coding dan beberapa topik programming. Dan kalau kamu sangat tertarik dengan web design untuk meningkatkan kemampuan kamu, ini channel yang tepat untuk kamu berkembang. Beberapa diantaranya membahas seperti CSS dan HTML. 

5. Treehouse

Treehouse merupakan sekolah online yang mengajarkan tentang teknologi. Melalui channel YouTubenya, Treehouse banyak membahas beragam topik seperti bagaimana membuat website, bagaimana membangun web app dan mobil app. Treehouse juga menyuguhkan tutorial bahasa pemrograman seperti Pyhton dan C#. 

6. Fun Fun Function

Channel yang satu ini tidak kalah keren dan gokil dalam membahas seputar dunia programming. Fun Fun Function dengan 246.000 Subscribers membahas seputar dunia programming dan lebih banyak membahas seputar Javascript. Durasi videonya dari 15 menit higga 30 menit tidak membuat kamu bosan menontonnya hingga selesai. 

7. Adam Khoury

Terakhir, kamu yang ingin belajar coding dan desain layaknya profesional, kamu bisa belajar melalui channel YouTube Adam Khoury. Channel dengan 195K subscribers ini banyak membahas tentang Javascript, PHP, SQL, HTML, CSS, ActionScript, dan lainnya. Kamu yang pemula juga dijamin tidak akan kesulitan untuk memahami penjelasan dari konten-kontennya. 

Itulah 7 channel YouTube rekomendasi anak teknik untuk kamu yang ingin belajar banyak tentang dunia coding dan programming untuk pemula maupun profesional. Selamat belajar dan semangat !!! 

Share:

0 Komentar