Kreatifitas

9 Aplikasi Android/iOS yang Wajib Dimiliki Engineer, Kamu Pasti Membutuhkan!

Kamu pasti membutuhkannya, lihat 9 aplikasi Android/iOS yang wajib dimiliki orang teknik. Dijamin pekerjaan atau tugas anak teknik terbantu menggunakan aplikasi ini menjadi jauh lebih mudah.

Doohan Aditya SaputroFebruary 18, 2021

Seorang engineer sudah pasti mereka ingin membuat kehidupan yang jauh lebih mudah dan efisien. Selama ini, kamu pasti menggunakan aplikasi di smartphone hanya untuk bersenang-senang atau bermain game.  Sekarang, sudah banyak aplikasi yang bisa membuat pekerjaan atau tugas kamu di dunia engineering terasa lebih mudah.

Di era digital sekarang banyak aplikasi yang tersedia di APP Store dan Play Store yang bisa membantu pekerjaan dan tugasmu sebagai engineer. Nah, hanya dengan mengunduh sembilan aplikasi rekomendasi anak teknik di bawah ini, pekerjaan dan tugasmu akan sangat terbantu.

1. AutoCAD 360, mendesain jauh lebih mudah, terjangkau, dan simple

Buat beberapa engineer, aplikasi AutoCAD sangat dibutuhkan demi keperluan pekerjaan atau kuliah. Di beberapa kesempatan, kamu tidak bisa menggunakan komputer atau laptop untuk menggambar atau mendesain. Sehingga, kamu harus menunggu untuk pulang atau mendapatkan tempat untuk menggunakan laptop. 

Sekarang, kamu bisa melanjutkan menggambar atau mendesain menggunakan smartphone-mu dengan aplikasi AutoCAD 360. Sama seperti di komputer atau laptop, Aplikasi AutoCAD 360 mengizinkan kamu untuk melihat dan mengedit dengan format file DWG. Sehingga, kamu akan dengan nyaman mengedit atau melihat gambar-gambar kamu dari laptop ke hp atau sebaliknya. 

Aplikasi AutoCAD 360 tersedia di APP Store dan Play Store.

2. Engineering Codes and Standards, membantu kamu menemukan referensi standar dalam mendesain

Engineering Codes and Standards merupakan aplikasi yang wajib dimiliki engineer untuk diunduh. Aplikasi ini berfungsi sebagai pembantu engineer dalam mendesain dengan memperhatikan standar dan kode yang diperlukan. Dengan kata lain, kamu bisa menjadikan aplikasi ini sebagai referensi kamu untuk keperluan standar dan kode dalam hal mendesain yang sesuai dengan kaidah atau standarnya.

Aplikasi ini sangat cocok buat mahasiswa teknik dan pekerja di industri yang bekerja untuk mendesain pipelines, komponen-komponen pipa, mesin statis dan rotasi, dan peralatan elktrikal. Aplikasi Engineering Codes and Standard ini juga sangat cocok buat kamu yang berasal dari jurusan teknik mesin, teknik sipil, teknik elektro, dan piping engineering.

3. CNC Simulator Free, buat anak teknik yang suka bubut dengan mesin CNC

Aplikasi yang satu ini sangat wajib engineer unduh di smartphone mereka. CNC Simulator Free ini merupakan aplikasi yang bermanfaat untuk engineer yang ingin belajar tentang pembubutan menggunakan program CNC. Seperti mesin aslinya, aplikasi ini menghadirkan fitur-fitur yang dimiliki mesin CNC asli. Seperti, chuck tiga rahang, tailstock, sistem pasokan pendingin atau coolant, dan mesin lainnya.

Kamu bisa unduh aplikasi ini di Play Store.

4. Mechanical Engineering One, anak teknik mesin harus download!

Mechanical Engineering One menjadi aplikasi yang wajib dimiliki engineer mesin atau anak teknik mesin. Didesain oleh engineer untuk engineer, aplikasi ini bertujuan untuk membantu engineer mesin dalam menghadapi kesulitan dan menyelesaikan permasalahan. 

Aplikasi Mechanical Engineering One menyediakan beragam referensi tabel, kalkulator, konversi baik Satuan Internasional (SI) dan Satuan Imperial (US). Dengan tampilan yang terbilang sederhana, kamu tetap bisa merasakan kenyamanan ketika menggunakan aplikasi Mechanical Engineering One. Aplikasi ini juga sangat ramah buat kamu yang berasal dari jurusan teknik arsitektur, teknik sipil, teknik elektro, dan lain sebagainya.

Dan kamu bisa download aplikasi Mechanical Engineering One di Android atau iOS.

5. Graphing Calculator X84, kalkulator digital yang memudahkan engineer 

Dulu, seorang engineer yang ingin berhitung harus menggunakan kalkulator fisik. Tapi, sekarang sudah saatnya engineer-engineer beralih ke kalkulator digital. Graphing Calculator X84 menjadi salah satu aplikasi yang wajib dimiliki seorang engineer di smartphone mereka. Kamu bisa menggunakan aplikasi praktis ini untuk menyelesaikan persoalan matematika dasar hingga ke tingkat lanjut.

Graphing Calculator X84 tidak perlu menggunakan internet dalam penggunaannya. Jadi, kamu tidak usah ragu untuk mengunduh aplikasi ini di smartphone mu. Kamu bisa unduh aplikasiGraphing Calculator X84 di APP Store dan Play Store.

6. Droid Tesla, aplikasi dibutuhkan anak teknik elektro

Kamu yang baru menjadi mahasiswa teknik elektro atau ingin belajar kontruksi dan mendesain sirkuit bisa mengunduh Droid Tesla. Karena aplikasi ini di desain khusus untuk anak teknik elektro. Droid Tesla adalah program simulasi dengan aplikasi Sirkuit Terpadu.

Aplikasi praktis ini sangat simple dan cocok buat kamu yang hobi mengutak-atik atau seorang profesional berpengalaman yang membutuhkan perhitungan desain sirkuit elektronik dengan cepat. Droid Tesla juga bisa membantu kamu untuk memahami dasar rangkaian resistif menggunakan Kirchhoff's Current Law (KCL).

Nah, kamu bisa download aplikasi Droid Tesla di Play Store.

7. iCircuit, aplikasi terbaik untuk mendesain sirkuit untuk tingkat profesional

iCircuit bisa dikatakan aplikasi berbayar terbaik untuk mendesain sirkuit dan komponen-komponennya. Aplikasi yang ditujukan untuk anak teknik elektro ini tidak hanya digunakan untuk mendesain sirkuit akan tetapi, kamu juga bisa melakukan pengujian, cek tegangan, dan membantu memecahkan masalah.

Aplikasi ini memiliki lebih dari 30 elemen yang bisa membantu kamu dalam mendesain sirkuit. Aplikasi ini juga memiliki segalanya. Mulai dari resistor sederhana, sakelar, MOFSET, dan gerbang digital. Melalui aplikasi iCircuit, kamu bisa melakukan simulasi yang telah kamu desain. Canggihnya, aplikasi ini bisa menangani sirkuit analog dan sirkuit digital dengan menampilkan analisis waktunya secara nyata.

Kamu bisa unduh aplikasi iCircuit di APP Store atau Play Store.

8. iEngineer, aplikasi yang bisa membantu engineer dalam mengerjakan proyek

iEngineer merupakan aplikasi yang berguna buat engineer mencari informasi lengkap tentang sekrup danbaut yang cocok untuk projek kamu. Dilengkapi dengan informasi konversi unit, ukuran sekrup, kekuatan material, gaya geser, model gambar 3D, dan data detail lainnya.

Sayangnya aplikasi ini hanya bisa di download di APP Store saja.

9. Engineering Dictionary‪, kamusnya para engineer!

Terakhir, Engineering Dictionary‪ adalah aplikasi yang wajib dimiliki engineer. Aplikasi ini bermanfaat buat kamu yang ingin menemukan definisi yang jelas dan mendalam seputar dunia teknik secara terminologi teknik. Dilengkapi dengan 28.000 lebih bahasa dunia engineering dan 9.000 lebih gambar.

Aplikasi Engineering Dicitionary ini memiliki ruang lingkup yang luas karena menampilkan dari berbagai disiplin ilmu, termasuk teknik sipil, teknik elektro, teknik mesin, teknik industri, dan lain sebagainya. Kamu yang tidak sabar ingin mengunduh aplikasi ini, kamu bisa download di APP Store dan Play Store.

Itulah 9 rekomendasi aplikasi yang wajib dimiliki engineer saat ini untuk membantu pekerjaan dan tugas. Jadi, kamu sudah tahu ingin download yang mana?

Share:

0 Komentar

Related Article