Teknologi

9 Aplikasi Chatting Alternatif Selain WhatsApp, Bangga Ada Karya Anak Indonesia !

Bingung memilih aplikasi untuk chatting? Tidak perlu bingung, ada sembilan aplikasi chatting selain WhatsApp yang bisa kamu coba loh. Bahkan, ada karya anak Indonesia juga nih.

Doohan Aditya Saputro28 Januari 2021

Kamu sedang bingung memilih aplikasi chatting alternatif selain WhatsApp? Semenjak kebijakan privasi baru WhatsApp banyak menimbulkan keresahan bagi pengguna aplikasi WhatsApp. Meskipun, kebijakan privasi dan persyaratan layanan baru tersebut telah ditunda oleh pihak WhatsApp.

Dengan demikian, banyak orang yang mulai mencari aplikasi chat alternatif selain WhatsApp untuk mengirim dan menerima pesan singkat. Banyak aplikasi chatting lainnya yang tidak kalah menarik dan aman. Tentunya, setiap aplikasi ini memiliki keunggulan dan fitur menarik yang berbeda satu sama lain.

Tak perlu basa-basi lagi, berikut sembilan aplikasi chatting selain WhatsApp yang bisa menjadi alternatif di gawai kamu.

1. ChatAja, aplikasi chat karya anak Indonesia.

techsignin.com
techsignin.com

Aplikasi ChatAja tergolong masih sangat baru, aplikasi karya anak Indonesia ini baru hadir pada Februari 2020. ChatAja memiliki fitur pesan teks dan suara yang mirip seperti WhatsApp dan Line. Kamu bisa berkirim teks dengan stiker-stiker keren di dalamnya. Kamu juga bisa mengirim berkas atau dokumen penting dengan aman. Karena menerima berkas atau dokumen akan mendapat kode verifikasi untuk dapat membukanya. Jadi, jangan berharap orang lain membajak dokumen atau berkas rahasiamu. 

Selain itu, kamu yang ingin mendapatkan tips dan trik atau ingin tetap update dengan berita terkini ala Line Today. ChatAja memiliki fitur Jelajah kamu bisa membaca berita dan mendapatkan tips dan trik dari sejumlah official account. Kamu pengguna sistem operasi iOS dan Android dapat mengunduh aplikasi ChatAja lewat App Store dan Play Store. Yuk, gunakan karya anak Indonesia. Kalau bukan kamu, siapa lagi.

2. Telegram, aplikasi yang memiliki segudang fitur gokil

www.asianage.com
www.asianage.com

Telegram merupakan aplikasi chat asal Rusia yang memiliki banyak fitur unik dan menarik. Sebagai aplikasi pesan singkat layaknya WhatsApp, Telegram bisa kamu gunakan untuk mengirim pesan, foto, dokumen, gif, stiker, panggilan suara hingga panggilan video. 

Kamu juga bisa membuat grup dengan kapasitas anggotanya mencapai 200.000 orang. Didukung adanya fitur admin, anggota, tagar, balasan, serta menerima atau berbagi berkas hingga 2 GB. Telegram juga menghadirkan fitur Find People Nearby layaknya Line Nearby dimana kamu bisa mencari akun lain yang berada disekitar kamu. Kamu bisa mengunduhnya di Play Store dan App Store. 

3. Line, sangat populer di Indonesia !

www.iphonefaq.org
infinityplans.com

Line bisa disebut sebagai aplikasi chatting yang populer seperti WhatsApp atau bisa dikatakan sebagai pesaing berat WhatsApp. Line sendiri terlihat seperti aplikasi yang memadukan fitur WhatsApp dan Facebook. Namun, fitur-fiturnya tidak selengkap kedua aplikasi tersebut.

Line populer karena fitur stikernya yang bervariatif. Line menghadirkan berbagai macam desain unik dan lucu. Membuat kamu semakin nyaman chatting lama-lama disana. Selain itu, kamu yang tidak ingin ketinggalan berita terkini, kamu bisa mengandalkan fitur Line Today. Dijamin chatting semakin nyaman dan tidak ketinggalan berita. 

4. Signal, bisa menjadi pilihan unik kamu

www.dnaindia.com
www.dnaindia.com

Signal merupakan aplikasi yang sudah rilis sejak tahun 2014. Aplikasi ini baru-baru ini menjadi booming berkat "promosi" dari CEO Tesla, Elon Musk. Elon Musk mengunggah cuitan di akun Twitter-nya untuk mengajak menggunakan Signal, "use signal" kata CEO Tesla itu di akun Twitternya pada 7 Januari 2021. 

Tidak berbeda jauh dari WhatsApp, aplikasi ini memiliki segenap fitur untuk mengirim teks, pesan suara, video, foto, berkas, dan gif. Kamu juga bisa melakukan panggilan suaran dan video. Signal juga dilengkapi dengan fitur grup. 

5. BiP, memungkinkan mengobrol dalam 106 bahasa berbeda

www.tech977.info
www.tech977.info

Aplikasi chat asal Turki yang kini mendadak populer di Indonesia. Seperti aplikasi chat pada umumnya, BiP memiliki fitur untuk melakukan panggilan suara dan video, berbagi gambar, video, dan lokasi mereka dengan pengguna lain.

BiP memiliki keunggulan yang tidak dimiliki WhatsApp yaitu adanya fitur Translate atau terjemahan yang memungkinkan kamu chatting menggunakan 106 bahasa berbeda. BiP memastikan penerima pesan akan melihat pesan masuk sebagai pesan yang diterjemahkan dan menerjemahkan pesan yang dikirim oleh mereka. 

6. Viber Messenger,  sudah lebih dulu populer sebelum WhatsApp 

billionaire365.com
billionaire365.com

Sebagai salah satu alternatif lainnya, kamu bisa menggunakan aplikasi Viber. Kamu dapat mengirim pesan secara gratis serta menambahkan foto, stiker, gif, video hingga berkas lainnya. Viber juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan panggilan audio dan video dengan gratis. Kamu bisa mengunduhnya di Apps Store dan Play Store! 

7. Hangouts, selain chatting, kamu bisa melakukan panggilan video sampai 10 orang

www.businessinsider.com
www.businessinsider.com

Hangouts adalah salah satu aplikasi chatting yang dikembangkan oleh google sejak tahun 2013. Kamu hanya perlu akun Gmail untuk menggunakannya. Aplikasi ini memiliki fitur untuk mengirim pesan hingga video call. Kamu bisa melakukan video call bersama teman-temanmu hingga sepuluh orang. Berbeda dengan WhatsApp yang bisa melakukan panggilan video hanya empat orang. Dan kamu juga bisa membuat grup hingga 150 orang loh. 

8. Kik, buat kamu yang suka bertemu dengan orang-orang baru dari penjuru dunia

Kik
www.seekpng.com

Apakah kamu orang yang suka bertemu dengan orang baru? Kik merupakan salah satu aplikasi yang wajib kamu coba. Kik merupakan aplikasi chatting yang didesain untuk kamu yang suka berkomunikasi dengan orang baru dari seluruh dunia. Dengan cara, kamu bisa memanfaatkan fitur di Kik dengan bergabung dengan grup yang memiliki kesamaan hobi, minat, atau topik. 

9. imo, bisa melakukan panggilan internasional secara gratis

apps.apple.com
apps.apple.com

Terakhir, imo adalah aplikasi chatting untuk perangkat Android dan iOS. Aplikasi ini memiliki fitur yang tidak jauh berbeda dengan WhatsApp. Hanya saja, kamu bisa melakukan panggilan telepon dan mengirim pesan internasional secara gratis di seluruh dunia. 

Itulah sembilan aplikasi chatting alternatif yang bisa kamu unduh di smartphone Android atau iOS kesayanganmu. Diantara kesembilan di atas, yang mana nih favorit kamu? Buruan unduh dan coba fitur-fitur menariknya! 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait