Kreatifitas

Airbus Beluga XL, Pesawat Kargo Unik dengan Desain Menyerupai Ikan Paus

Airbus Beluga XL, pesawat kargo unik dengan desain yang menyerupai ikan paus. Mencengangkan pesawat kargo Beluga XL mampu mengangkut tujuh gajah dewasa.

Doohan Aditya SaputroMarch 3, 2021

Fusulage adalah istilah avitasi yang mengacu pada bagian badan utama pesawat yang ditempati oleh pilot, kru, serta penumpang pesawat. . Umumnya desain fuselage (Badan pesawat) menyerupai  peluru. Namun, pernahkan kamu menemukan pesawat dengan desain mirip ikan paus? 

Pesawat Airbus Beluga XL merupakan pesawat kargo yang memiliki desain unik. Karena bentuknya yang berbeda dari pesawat kargo lainnya. Tidak hanya unik, Airbus Beluga XL juga memiliki kapasitas yang mumpuni sebagai pesawat kargo. Akan tetapi, kok bisa ya desain pesawat menyerupai ikan paus?

Nah, penasaran dengan keunikan dan kemampuan dari pesawat Airbus Beluga XL? Mari kita lihat bersama-sama ulasan di bawah ini, yuk!

1. Airbus Beluga XL: Pesawat Kargo dengan Julukan "Paus Terbang" 

Airbus Beluga XL merupakan pesawat kargo untuk kebutuhan sipil dan militer. Pesawat ini memiliki bentuk yang sangat unik. Kalau kamu lihat sekilas mirip dengan seekor ikan paus.

Yap, kalau kamu lihat dari bentuknya, Airbus Beluga XL mirip seperti ikan paus beluga. Dimana dari tampak depan keduanya sangat mirip sekali. Tidak heran bila pesawat Beluga XL dijuluki sebagai "paus terbang."  

2. Beluga XL  merupakan generasi terbaru dari Pesawat Airbus Beluga ST

Pesawat Beluga XL merupakan generasi terbaru dari pesawat Airbus 300-600 Super Transporter atau lebih dikenal dengan Airbus Beluga ST. Beluga XL memiliki kapasitas muatan 30% lebih besar dari pendahulunya. 

Beluga XL pertama kali terbang pada 19 Juli 2018 dan resmi beroperasi pada 9 Januari 2020. Pada 2023, akan ada enam pesawat kargo Beluga XL yang akan beroperasi semua. Sementara, pesawat Beluga ST akan dihapus secara bertahap di tahun 2021.     

3. Kemampuannya yang menjangkau 4074km dengan muatan yang full

Pesawat kargo ini memiliki dua mesin Rolls-Royce Trent turbofan. Setiap mesinnya memiliki daya dorong sebesar 316kN. Dengan menggunakan mesin tersebut, Beluga XL mampu terbang non-stop dengan maksimum jarak 4074 dengan muatan yang penuh.

Beluga XL memiliki kecepatan jelajah (Cruise Speed) sebesar Mach 0.69 atua 737km/h. Bukan hal yang buruk mengingat dengan kecepatan tersebut dimiliki oleh pesawat kargo yang besar. 

4. Beluga XL Mampu Mengangkut 7 Gajah Dewasa 

Beluga XL memiliki kemampuan mengangkut muatan maksmimal sebesar 51 ton. Beban itu sama saja dengan mengangkut tujuh ekor gajah dewasa. Dimana gajah dewasa terbesar dari Afrika memiliki berat mencapai 7000kg. 

Beluga XL juga mampu membawa dua buah sayap pesawat dari Airbus 350 XWB. Dimana panjang total sayapnya mencapai 64.75 meter. Sementara itu, pesawat Airbus Beluga ST hanya mampu membawa 1 sayap pesawat Airbus 350 XWB. 

5. Desain

Pesawat kargo Beluga XL memiliki panjang 63,1m dan tinggi 18,9m. Ukuran ini 7 meter lebih panjang dan 1 meter lebih lebar dari pesawat Beluga ST. Badan pesawat dengan diameter 8,8m ini dilengkapi dengan panjang sayap 60,3m dan luas sayap 361.6 m2.

Serta, 6 buah roda pesawat yang masing-masing terletak dua roda dibawah nose pesawat dan 4 rodanya dibawah badan pesawat. 

Beluga XL dioperasikan oleh 2 pilot dan 1 load master (orang bertanggung jawab terhadap kargo pesawat). 

Share:

0 Komentar

Related Article