Kreatifitas

Canggih, 9 Aplikasi yang Membantu Kamu Menyelesaikan PR Matematika

Sudah tidak jaman mengeluh sulit mengerjakan soal matematika. Hanya menggunakan aplikasi canggih di smartphone mu maka, semua persoalan matematika akan mudah terselesaikan.

Doohan Aditya SaputroFebruary 10, 2021

Kamu mengalami kesulitan menghadapi soal matematika? Memang, matematika kerap kali dianggap pelajaran yang sulit. Khususnya mahasiswa teknik yang tidak lepas dari persoalan matematika.   

Lalu, bagaimana bila kamu merasa tidak bisa menjawab soal matematika? Padahal sudah belajar sekeras mungkin. Tidak perlu khawatir lagi. Sekarang sudah ada aplikasi di smartphone yang bisa membantumu menyelesaikan soal matematika. 

Aplikasi apa yang bisa membantu kamu mengerjakan soal matematika? Nah, berikut 9 aplikasi canggih yang bisa membantumu menyelesaikan soal matematika. 

1. Photomath, hanya dengan memotret semua persoalan akan selesai

Aplikasi pertama yang bisa membantu kamu mengerjakan soal matematika adalah Photomath. Aplikasi pintar ini dapat menyelesaikan persoalan matematika sederhana hingga kompleks. Seperti aritmatika, aljabar, trigonometri dan kalkulus.

Cara menggunakan aplikasi canggih ini cukup mudah. Kamu hanya perlu memotret soal yang ingin kamu kerjakan. Kemudian, Photomath akan menampilkan jawabannya. Namun, aplikasi ini memiliki kekurangan. Yaitu, Photomath tidak bisa mengenali soal matematik dalam bentuk tulis tangan. 

2. AutoMath Photo Calculator,  

Automath serupa dengan Photomath karena memanfaatkan kamera smartphone untuk menyelesaikan soal Matematika. Namun, Automath memiliki kekurangan yang sama dengan Photomath juga yaitu, tidak dapat mendeteksi soal yang ditulis tangan. 

3. Mathway, mampu menyelesaikan soal aljabar, trigonometri, hingga kalkulus

Dengan tampilan yang sederhana, aplikasi canggih Mathway bisa menjadi pilihan kamu untuk membantu menyelesaikan soal matematika yang sulit. Berbeda dengan Photomath dan AutoMath, kamu bisa menggunakan aplikasi ini dengan cara memotret atau mengetik soal matematik yang ingin kamu kerjakan. 

Tidak perlu khawatir, Mathway bisa mengerjakn beragam soal matematika seperti, trigonometri, aljabar, kalkulus, dan statistik. Bahkan dapat menyelesaikan soal kimia juga nih.

4. MalMath, mudah penggunaannya mirip kalkulator digital

MalMath bisa menjadi solusi kamu yang kesulitan mengerjakan soal matematika dalam materi aljabar, limit, integral, dan logaritma. Aplikasi canggih ini mirip seperti kalkulator. Karena MalMath menggunakan keyboard virtual untuk memasukkan soal matematika yang ingin kamu kerjakan. Setelah itu, MalMath akan menampilkan jawabannya berserta, langkah-langkah penyelesaian soal matematikan tersebut. 

5. Microsoft Math Solver, menyelesaikan soal matematika dengan memotret tulisan tangan atau tulisan cetak

Selanjutnya, ada aplikasi besutan Microsoft yang bisa menjadi pilihan kamu nih. Microsoft Math Solver merupakan aplikasi gratis yang bisa membantu kamu menyelesaikan persoalan matematika. Seperti, aritmatika, aljabar, trigonometri, statistik, dan kalkulus.

Tidak kalah canggih dari aplikasi lainnya, penggunaan Microsoft Math Solver bisa dengan cara menuliskan persoalan kamu atau memotret baik tulisan tangan maupun tulisan cetak. Kamu juga akan merasa terbantu dengan diberikan langkah-langkah pengerjaan persoalan matematikamu. 

6. Cymath, solusi buat kamu yang kesulitan mengerjakan soal kalkulus dan aljabar

Kamu yang kesulitan mengerjakan soal kalkulus dan aljabar, aplikasi Cymath bisa menjadi pilihan kamu. Aplikasi ini bisa menyelesaikan beragam soal matematika dengan topik aljabar dan kalkulus. Lengkap dengan langkah-langkah pengerjannya secara gratis. Jadi, kesulitan yang akan kamu hadapi akan terasa mudah dengan aplikasi Cymath.

7. WolframAlpha, mengerjakan soal matematika dalam beragam level

Buat kamu yang tidak mengerti mengerjakan soal kalkulus dan aritmatika, aplikasi WolframAlpha sangat tepat untuk kamu. Aplikasi ini bisa dengan mudah membantu kamu menyelesaikan persoalan aritmatika serta kalkulus dalam beragam level. Kamu juga akan diberikan runtutan cara penyelesaian masalah sebagai pengetahuan kamu. 

8. Socratic, dibantu dengan teknologi AI yang canggih

Aplikasi Socratic bisa menjadi andalan kamu untuk menyelesaikan persoalan matematika. Aplikasi ini bisa membantu kamu dalam ilmu matematika seperti geometri dan aljabar. Canggihya Socratic juga dilengkapi teknologi Atificial Intelligence (AI) yang akurat dan membantu kamu dalam menyelesiakan persoalan matematika.

9. FX Calculus Problem Solver, membantu menyelesaikan persoalan kalkulus

Terakhir, kamu bisa mengandalkan aplikasi ini untuk menyelesaikan soal matematika, khususnya kalkulus. Penggunaannya yang terbilang mudah akan membuat kamu betah menggunakan aplikasi ini. Kamu cukup mengetikan soal kalkulus yang ingin diselesaikan. Kemudian, FX Calculus Problem Solver akan menampilkan jawabannya. Lengkap dengan alur pengerjaannya. Jadi, tidak hanya tahu jawabannya. kamu pun juga mengetahui cara menyelesaikannya.

Itulah sembilan aplikasi canggih yang bisa kamu gunakan untuk membantu menyelesaikan soal matematika di sekolah atau di kampus. Dengan teknologi, belajar matematika menjadi mudah. 
 

Share:

0 Komentar

Related Article