Teknologi

Canggih !!! Buka dan Kunci Mobil BMW Bisa Menggunakan iPhone

Gokil, buka kunci mobil tidak perlu lagi menggunakan kunci konvensional cukup menggunakan iPhone. Kini mobil BMW sudah bisa membuka, mengunci, sampai menyalakan mobil hanya menggunakan iPhone. Ternyata teknologi ini yang digunakan!

Doohan Aditya Saputro21 Januari 2021

Pernahkah kamu terbayang, kalau kamu bisa membuka kunci mobil menggunakan smartphone? Tentunya di era digital sekarang ini bukanlah hal yang mustahil untuk diwujudkan. Diantara kamu pasti ada yang pernah memikirkan hal seperti ini tentunya.

Benar saja sobat teknik, kini membuka kunci mobil bisa menggunakan smartphone. Pabrikan mobil asal Jerman yakni, BMW berkoordinasi dengan Apple yang dimana perusahaan smarthphone terbesar asal Amerika Serikat telah membuat teknologi dan sistem untuk membuka kunci mobil hanya menggunakan smartphone. Jadi, tidak lagi memerlukan kunci mobil secara konvensional. 

Sungguh menarik untuk dibahas, kira-kira bagaimana sistem ini dapat bekerja dan teknologi apa yang digunakannya? Kalau begitu tanpa basa-basi, langsung saja simak ulasan berikut ini!

1. Event WWDC 2020, Apple memperkenalkan fitur CarKey 

Tahun 2020 pabrikan smartphone terbesar di dunia Apple dan BMW menjalin kerja sama. Dalam membuka pintu mobil dan menyalakan mesin mobil tanpa menggunakan kunci konvensional. Kemudian di event WWDC 2020, Apple memperkenalkan iOS 14 salah satunya menampilkan fungsi kunci digital yang baru yang diberi nama CarKey di iPhone atau Apple Watch. Teknologi ini menggunakan sistem jarak dekat atau yang lebih dikenal sebagai NFC (Near Field Communication). 

Dengan adanya teknologi tersebut, pemilik mobil BMW hanya perlu mendekatkan iPhone mereka sekitar 1.5 inches atau 3.81 cm di dekat gagang pintu mobil -pembaca NFC- untuk membuka mobil. Dan meletakkan iPhone mereka di tempat ponsel pintar untuk menyalakan mesin mobil.

Canggihnya lagi, pemilik mobil juga dapat memberika akses CarKey ini kepada lima orang lainnya. Akan tetapi pemilik mobil tetap bisa membatasi, seperti tenaga, kecepatan tertinggi hingga pengaturan maksimal volume radio. Hebatnya juga jika baterai iPhone habis, ada fitur cadangan daya di mana iPhone akan tetap berfungsi sebagai kunci sampai lima jam setelah ponselnya mati. 

Lalu, apa yang harus dilakukan kalau pemilik mobil kehilangan iPhone miliknya? Tenang saja sobat teknik, BMW dan Apple pasti memikirkan kemungkinan-kemungkinan terburuk. Apabila iPhone kamu hilang, akses ke kendaraan dapat dicabut melalui layanan iCloud. 

2. Digital Key Plus merupakan upgrade dari CarKey Apple

Tahun lalu, BMW menyatakan bahwa mereka adalah produsen mobil pertama di dunia yang menggunakan sistem kunci mobil digital di iPhone. Dengan kunci digital ini, pemilik mobil bisa mengunci, membuka, dan menyalakan mobil BMW menggunakan iPhone. Baru-baru ini, BMW telah meng upgrade sistem ini, yang disebut sebagai Digital Key Plus. 

Fitur baru ini merupakan pengembangan dari fitur sebelumnya, yaitu CarKey. Teknologi Digital Key Plus ini menggunakan ultra-wideband (UWB) yang ditemukan di chip U1 untuk iPhone 11, iPhone 12, dan Apple Watch Series 6. "Ini adalah teknologi radio digital bandwidth tinggi yang memiliki tingkat keamanan sebesar mungkin. Ketepatan UWB juga memastikan bahwa serangan berupa sinyal radio macet atau dicegat, tidak mungkin dilakukan."

Digital Key Plus membuat pemilik mobil lebih merasa aman, nyaman, dan simple. Karena pemilik mobil dapat membuka dan mengunci mobil bahkan menyalakan mobil tanpa mengeluarkan iPhone mereka dari saku atau tas. Jadi, pemilik mobil hanya perlu membawa iPhone nya berada dekat
dengan mobil BMW. Fitur baru ini hanya kompetibel dengan semua mobil listrik BMW iX. 

3. Video Bagamaiman membuat BMW Digital Key

 

Share:

0 Komentar