Kreatifitas

Etika Chat Dosen : Aplikasi yang Menjawab Kegelisahan Mahasiswa Saat Ini

Mahasiswa tidak perlu ragu dan bingung untuk melakukan percakapan dengan etika yang baik. Kini ada aplikasi yang membantu kamu untuk chatting dengan dosen, yaitu Etika Chat Dosen!

Doohan Aditya Saputro16 Januari 2021

Komunikasi dengan dosen melalui media aplikasi pesan kerap kali dianggap sulit bagi mahasiswa. Mereka mengalami kesulitan karena harus menggunakan bahasa yang baku untuk berkomunikasi. Bahkan mereka sampai harus bertanya ke teman-teman mahasiswanya yang lain untuk membantunya. Memang tidak mudah memulai percakapan dengan bahasa yang baku dan formal ke dosen bila tidak terbiasa. 

Melihat problematika ini, ternyata ada aplikasi yang dapat membantu kamu untuk memulai percakapan dengan bahasa yang baku dan formal. Akhirnya, kamu tidak bingung dan meminta pertolongan temanmu lagi nih sobat teknik. Penasaran apa nama aplikasinya dan bagaimana cara menggunakannya? Yuk, langsung saja simak ulasan di bawah ini! 

1. Aplikasi yang bernama Etika Chat Dosen

Etika Chat Dosen memiliki tampilan yang cukup sederhana. Aplikasi ini memiliki desain dengan perpaduan warna biru dan putih membuat kamu nyaman saat menggunakannya. Etika Chat Dosen juga terintegrasi dengan aplikasi chat lainnya seperti Whatsapp.

Aplikasi ini menghadirkan fitur-fitur yang sangat bermanfaat loh. Misalnya, ada form format menghubungi dosen, generate format pesan berdasarkan jenis kelamin dosen,  Memiliki pesan peringatan apabila waktu menghubungi dosen diluar jam kerja (diatas jam 8 malam), ucapan salam memiliki opsi untuk non-muslim, dan ada Kolom NIM (Nomor Induk Mahasiswa).

Sebelum kamu menggunakan aplikasi ini kamu perlu mengisi profil diri kamu terlebih dahulu.    

2. Caranya sangat muda, mulai mengisi identitas diri hingga siap mengirim pesan

Berdasarkan pengalaman anakteknik, aplikasi ini cukup mudah untuk digunakan. Saat kamu membuka aplikasi ini kamu akan disuguhkan tab 'Buat Pesan Baru'. Kemudian, kamu bisa memilih gender dosen yang ingin dihubungi, lalu isi kotak tujuan menghubungi dosen, pertanyaan yang diajukan untuk dosen, dan ditutup dengan ucapan terima kasih untuk dosen. 

Setelah terisi semua, kamu bisa langsung mengirim pesan ke dosen yang kamu tuju. Sebelum terkirim kamu akan mendapatkan pratinjau pesan yang telah kamu buat. Hal ini bertujuan untuk memeriksa kembali pesan yang ingin kamu sampaikan dengan benar. 

Etika Chat Dosen juga menyediakan rekomendasi kalimat tujuan menghubungi dosen, misalnya "Saya ingin bertanya" atau "Saya ingin asesmen." Selain itu juga ada kalimat rekomendasi untuk mengajukan pertanyaan, seperti "Apakah Bapak ada waktu untuk minggu ini ?" Dan pada kolom mengucapkan terima kasih juga ada rekomendasi kalimatnya, seperti "Terima kasi sebelumnya pak."

3. dr Tirta berbagi pengalamannya menggunakan aplikasi ini di akun Instagram nya

Ternyata dr tirta di akun Instagram nya pernah mengupload pengalamannya menggunakan aplikasi ini. Berdasarkan akun Intagramnya @dr.tirta, dia mengatakan "Di android ada apps ini. Menurut saya aplikasi ini membantu banget buat yg kesulitan japri dosen." Ujarnya. Ia juga menambahkan "Apalagi kalo dosennya galak." Sepertinya benar sekali ya sobat teknik, kalau kamu mengirim pesan ke dosen yang galak dengan kata-kata yang kurang sopan sedikit saja, kamu bisa kena teguran keras. 

Berdasarkan pantauan anakteknik, aplikasi ini telah diunduh sebanyak lebih dari 10.000 pengguna di Google Play Store. Sangat disayangkan, aplikasi Etika Chat Dosen hanya tersedia untuk pengguna gadget Android saja. Semoga saja secepatnya tersedia juga untuk pengguna IOS. Aplikasi ini mendapat review 4.9 di Google Play Store dan memiliki ukurannya yang tergolong kecil, hanya 7.9 MB.

Semoga dengan adanya aplikasi Etika Chat Dosen kamu tidak lagi galau dan merasa terbantu untuk mengirim pesan singkat ke dosen. Goodluck dan selamat mencoba!
 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait