Pengetahuan

Jangan Dibuang, 7 Fungsi Silica Gel yang Bisa Kamu Terapkan Langsung dalam Kehidupan Sehari-hari

Pernahkah kamu temukan sachet kecil berwarna putih yang berisi seperti bola-bola kecil di dalam kotak sepatu? Atau di dalam botol tablet obat? Itu adalah silica gel. Ternyata ada banyak fungsi silica gel yang belum kamu ketahui loh.

Doohan Aditya Saputro26 Februari 2021

Kamu pasti pernah menemukan sachet kecil berwarna putih dan berisi semacam butiran-butiran kecil saat membeli sepatu, tas, dompet, obat-obatan, atau makanan ringan. Itu adalah silica gel yang memiliki fungsi sangat penting di dalam kemasan produk. Banyak diantara kamu yang mengabaikan dan membuang sachet silica gel ini karena tidak dianggap penting. Padahal, silica gel bisa kamu manfaatkan di kehidupan sehari-hari.

Sebelum itu, silica gel merupakan bahan dari bentuk silikon dioksida yang amorf dan berpori dengan skala ukuran nanometer. Pori-pori (void) pada silica gel ini yang dapat menyimpan fluida cair atau gas. Silica gel memiliki daya serap yang baik terhadap molekul air sehingga banyak digunakan sebagai pengering (desiccant). Karena kemampuannya menyerap molekul air di udara bebas, maka pada umumnya fungsi silica gel ini untuk menjaga kelembaban.

Nah, karena kemampuan silica gel menyerap molekul air di udara dapat dimanfaatkan dikehidupan sehari-hari atau industri. Ini dia tujuh fungsi silica gel yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari!

1. Menghindari Sepatu Kamu dari Jamur

https://unsplash.com/photos/4qSb_FWhHKs

Jika kamu sehari-hari beraktivitas menggunakan sepatu maka, sudah seharusnya kamu kamu simpan di lemari penyimpanan untuk menghindariyang tidak sedap dan jamur. Caranya kamu bisa jemur dan diamkan terlebih dahulu sepatumu di udara bebas.

Setelah itu, kamu letakkan sepatumu tadi ke dalam lemari atau kotak penyimpanan sepatu. Kamu juga bisa tambahkan sedikit sachet silica gel di dalam kotak sepatu atau sepatumu. Hal ini untuk menjaga kelembaban di dalam sepatumu. Sehingga sepatumu jauh dari jamur dan bau tidak sedap.

2. Menjaga Buku, foto, dan dokumen agar terjaga dengan baik

https://unsplash.com/photos/GelF0x5e--c?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditShareLink

Kamu yang suka menyimpan banyak dokumen, foto-foto, dan buku di dalam lemari. Kamu perlu menghindari kondisi yang lembab atau berarir. Biasanya kalau kamu sadari buku, dokumen atau foto-foto yang tersimpan cukup lama akan menempel satu sama lain. Hal ini terjadi akibat kelembaban udara diruangan tersebut dan lama penyimpanannya.

Kamu bisa gunakan sachet silica gel di dalam lemari dan letakkan disekitar dokumen, foto atau bukumu agar tetap terjaga kelembabannya. Sehingga, kamu pun tidak akan khawatir tentang masalah tersebut dan barang-barang kamu juga terjaga dengan kondisi yang baik.

3. Menghindari tas dan pakaian dari Bercak Jamur

https://unsplash.com/photos/x5-tEdHLqRo?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditShareLink

Jangan heran bila kondisi tas dan pakaian di lemarimu akan timbul bercak jamur. Akibat kamu letakkan ditempat yang sangat lembab dan barang itu dalam kondisi lembab. Nah, silicon gel bisa mencegah hal itu!

Kamu taru saja dua atau tiga sachet silica gel ke dalam tas tersebut dan disekitar pakaianmu. Dengan sendirinya silica gel akan mengatasi kelembaban yang terjadi di tas dan pakaianmu. Bukan hanya menghindari jamur yang akan timbul, tapi juga menjaga tas dan pakaian agar tidak bau.

4. Menjaga ketajaman alat cukurmu

Photo by alexandre saraiva carniato from Pexels

Banyak orang yang tidak menyadari alasan dibalik pisau atau silet pada alat cukur tumpul disebabkan oleh kelembaban. Dalam keadaan lembab, alat cukurmu dengan cepat akan tumpul dan tidak bekerja secara optimal lagi. Dengan begitu, kamu perlu menyimpan alat cukurmu dalam keadaan yang kedap udara.

Kamu bisa meletakkan alat cukurmu di dalam wadah yang tertutup rapat dan tambhakan beberapa sachet silica gel di dalamnya. Sehingga, alat cukurmu akan tetap tajam dalam waktu yang lebih lama.

5. Menjadi solusi bila ponselmu basah

Kamu pasti pernah menjatuhkan ponselmu ke dalam air atau terkena cipratan air sehingga ponselmu menjadi basah. Tindakan konvensional seperti meletakkan di dalam beras terbilang cara yang cukup kuno. Kamu bisa menggunakan silica gel untuk mengatasi ponselmu yang basah. Karena kemampuannya yang efektif dalam menyerap kandungan air.

Namun, pastikan kondisi hp kamu dalam keadaan mati dan masukkan ke dalam wadah yang berisi silica gel. Lalu, diamkan saja hingga satu hari. Keesokanya kamu akan melihat hp kamu dalam keadaan kering.

6. Silica Gel Menjadi pengawet dalam kemasan makanan

Silica gel juga bisa berfungsi untuk kemasan makanan. Kalau kamu pernah lihat sachet putih ada di dalam toples kue atau makanan baru. Itu adalah silica gel yang sengaja memang dimasukkan di dalamnya. Hal ini bertujuan menyerap kandungan air pada udara bebas yang terjebak di dalam toples tersebut. Sehingga makanan di dalamnya akan lebih awet dan tidak timbul jamur akibat kelembaban yang sangat rendah.

Kalau kamu ingin meletakkannya ke dalam toples yang berisi makanan, maka kamu perlu mencari silica gel yang bisa digunakan untuk makanan. Jangan, sampai hal ini malah membahayakan kesehatanmu karena kurangnya pengetahuan lebih dalam.

7. Sebagai Filter di Transformator

Kalau kamu pernah lihat transformator besar pasti kamu pernah melihat di salah satu bagiannya -filter- terdapat benda yang berwarna biru. Yap, benar sekali itu adalah silica gel. Fungsi dari silica gel di transformator untuk menyaring udara dari debu dan kandungan air. Supaya udara yang digunakan di transformator terjaga dan tidak merusak komponen-komponen dari transformator.

Biasanya silica gel di transformator akan berubah warna kemerah-merahan seiring berjalannya waktu. Hal ini menandakan bahwa silica gel sudah tidak berfungsi secara maksimal lagi. Dengan begitu, perlu dilakukan tindakan lanjut untuk mengatasinya.

Itu lah tujuh fungsi dari silica gel yang ada dikehidupan sehari-hari kita dan bisa kamu terapkan langsung. Dan perlu kamu ingat silica gel memiliki batas kemampuan bisa lebih cepat atau tahan lama tergantung kondisi kelembaban di sekiitarmu.

Share:

0 Komentar