Opini

Penuh Insipirasi, Ini 5 Makna yang Bisa Kamu Ambil dari Film KDrama Start-Up

Tidak melulu tentang kisah cinta, KDrama Start Up ini memiliki pesan moral yang bermakna dan inspiratif. Kamu bisa terapkan di kehidupanmu sehari-hari lho!

Doohan Aditya Saputro4 Desember 2020

Belakangan ini film KDrama Start Up sedang ramai dibicarakan. Film bergenre romance comedy ini berkisah perjuangan Seo Dal Mi mewujudkan mimpinya menjadi pengusaha melalui rintangan dan tantangan yang dihadapinya. Dibantu oleh tiga orang pengembang yang ingin mewujudkan mimpinya mendirikan perusahaan teknologi. 

Alih-alih ingin mewujudkan mimpinya bersama, mereka malah berpisah akibat konflik yang menegangkan. Ditambah Seo Dal Mi yang memiliki hubungan spesial dengan salah satu pengembangnya yang bernama Nam Do San. Dibalik cerita yang ruwet, setidaknya ada lima pesan inspiratif yang dapat diambil dari film tersebut. Yuk, simak bersama!

1. Berani mengikuti mimpimu, bukan mimpi orangtuamu

Nam Do San yang sejak kecil menjadi murid genius terus dibayang-bayangi menjadi apa yang diinginkan orangtuanya membuat dia tidak tahu keinginannya sendiri seperti apa. Sampai akhirnya dia bertemu dengam Seo Dal Mi, dan dia menyadari apa yang sebenarnya dia inginkan. Sejauh ini masih banyak orangtua yang membebankan mimpi dan keingninannya diturunkan ke anak-anaknya tanpa mempedulikan mimpi mereka. Hal ini sangat tidak baik bagi diri mereka. 

2. Menjadi pengusaha harus mau bekerja keras

Seo Dal Mi yang memiliki keinginan menjadi seorang pengusaha akhirnya mampu menjadi seorang CEO di salah satu start up bernama Samsan Tech di pekan retas Sand Box. Mendapat mentor yang tegas dan keras dalam berbicara tidak membuat dia patah semangat. Dal Mi mampu menunjukkan ke mentornya bahwa dia layak menjadi seorang CEO di perusahannya dengan aktif bertanya, belajar, dan menerima segala masukkan dari mentornya. Sampai akhirnya perusahaannya mendapatkan juara satu di pekan retas Sand Box. 

3. Kritik tajam dan jujur menjadikan kamu bermental baja

Samsan Tech yang dimentori Han Ji-Pyeon selalu mendapat kritik tajam dan pedas, tidak membuat mereka gentar meskipun terasa menyakitkan. Mereka menjadikan kritikan tersebut sebagai pemicu semangat dan sebagai pembuktian. Sampai akhirnya Samsan Tech dapat menjadi juara satu berkat kritikan mentor mereka Han Ji-Pyeon.

Kamu yang ingin berkarir atau menjadi pengusaha harus bermental baja dan siap menerima segala kritikan pedas dan tajam dari atasan, bos, rekan kerja, atau orang lain meskipun, kritikan tersebut menyakiti perasaanmu. Namun, hal ini yang dapat mendorong dan memicu kamu untuk jauh lebih berkembang ke arah yang lebih baik. 

4. Memiliki kisah cinta dan persahabatan tetap profesional di kantor 

Seo Dal Mi dan Nam Do San yang masing-masing menjabat sebagai CEO dan CTO di Samsan Tech menjalin hubungan asmara.Rasa cinta mereka terhadap satu sama lain tidak membuat pekerjaan mereka terganggu. Sebagai CEO perusahaan Dal Mi juga tegas dalam mengambil keputusan tidak pandang bulu. 

Selain itu persahabatan tiga pengembang Samsan Tech yakni, Nam Do San, Kim Yong-San, dan Lee Chul-san juga tetap utuh. Terbukti mereka harus menyetujui pembagian saham terbesar perusahaan kepada Seo Dal Mi karena sebagai CEO yang dimana memiliki kekuasaan dalam memimpin dan membuat keputusan, padahal sebelumnya Nam Do San memegang saham terbesar berkat ide dan kontribusinya.

Tidak ada salahnya kalau kamu menjalin kisah asmara dan persahabat meskipun, berada disatu ruang lingkup profesional sekalipun. Asalkan kamu bisa profesional dalam bekerja. 

5. Memaafkan akan mengalahkan egomu

Memaafkan orang lain yang telah menyakitimu memang terasa sulit. Di film Start Up, nenek Seol Dal Mi memiliki jiwa yang besar karena harus memaafkan menantunya yang sudah menjadi awal mula kehancuran rumah tangganya. Namun, nenek Seol Dal Mi mampu menerimanya kembali dan memaafkan perbuatannya.

Kamu juga perlu memiliki sifat memaafkan orang lain karena dengan memaafkan kamu akan terlepas dari rasa dendam dan
terbebas dari perasaan negatif. 

Banyak pelajaran dan kisah inspiratif yang dapat kamu pelajari dari KDrama 'Start Up' yang bisa diterapkan dikehidupan nyata.

Share:

0 Komentar