Teknologi

Ramai Dibicarakan, Apa Itu Aplikasi Media Sosial Clubhouse yang Dipopulerkan Elon Musk?

Aplikasi media sosial Clubhouse yang sedang naik daun berkat dipopulerkan oleh orang terkaya nomor satu di dunia, Elon Musk.

Doohan Aditya SaputroFebruary 10, 2021

Baru-baru ini muncul aplikasi media sosial baru yang bernama Clubhouse. Aplikasi Clubhouse sangat cepat menjadi salah satu media sosial yang populer di dunia. Salah satu faktornya adalah berkat digunakan oleh orang terkaya nomor satu di dunia saat ini. Tidak salah lagi, ia adalah Elon Musk CEO dari SpaceX. 

Penggunaan aplikasi Clubhouse oleh Elon Musk membuat orang-orang penasaran dan mengunduh aplikasi ini. Kamu yang penasaran dengan aplikasi media sosial baru ini. Sebelum mengunduhnya, kamu wajib baca ulasan di bawah ini!

1. Aplikasi Media Sosial yang berbasis Audio-Chat 

Clubhouse merupakan aplikasi media sosial yang berbasis auido-chat. Pengguna dapat mendengarkan wawancara, percakapan, dan diskusi antara orang-orang tesohor di dunia tentang beragam topik. Topik yang dibahas pun menarik, mulai dari bisnis, kesehatan, teknologi, dan buku. Media sosial Clubhouse bisa dibilang seperti podcast versi live, hanya saja kamu bisa melakukan interaksi melalui kolom chat.

Namun, sayangnya saat ini kamu tidak bisa mendaftar akun Clubhouse begitu saja. Karena pengguna aplikasi Clubhouse sejauh ini masih eksklusif untuk orang-orang tersohor saja. 
Hal ini lah yang membuat aplikasi media sosial yang berbeda dari lainnya. 

Jangan khawatir, orang biasa pun masih bisa menggunakan aplikasi Clubhouse dengan cara menerima undangan untuk bergabung di dalam suatu room. Nantinya, orang tersohor itu akan membuat undangan ke kamu untuk bergabung ke room diskusinya. Kendati demikian, aplikasi Clubhouse mengindikasikan bahwa mereka akan memberikan kesempatan kepada orang biasa untuk menjadi pengguna. Jadi, ditunggu saja ya guys

2. Elon Musk menggunakan Clubhouse sebagai tempat diskusi dengan penggemarnya

Salah satu pengguna aplikasi Clubhouse yang baru-baru ini membuat ruang diskusinya adalah Elon Musk. Pada 1 Februari 2021 melalui cuitan di twitter "On Clubhouse tonight at 10pm LA time," ia mengajak pengikut di twitter bergabung dengan dirinya di aplikasi Clubhouse. Elon Musk membuat sebuah room diskusi online membicarakan banyak hal dengan penggemarnya, mulai dari perkembangan startup neuroteknologi Neuralink yang bisa bikin monyet main video game, pandangannya tentang koloni di planet Mars, apakah alien ada, Dogecoin, rasa bangganya menjadi meme dealer di Twitter, sampai mewawancarai CEO Robinhood tentang kontroversi pembatasan pembelian saham GameStop.

Durasi diskusi yang berlangsung 1,5 jam itu, Elon Musk dapat 5 ribu pengunjung. Jumlah ini mencapai kapasitas maksimal room yang disediakan oleh Clubhouse. Karena antusiasme yang begitu besar. Para penggemar yang tidak bisa bergabung merekam isi diskusi Elon Musk dan meng-upload-nya ke YouTube. Supaya penggemar lainnya bisa mendengarkan isi diskusi tersebut. 

Selain Elon Musk Aplikasi media sosial Clubhouse ini telah banyak digunakan oleh orang-orang terkenal dari seluruh dunia. Berdasarkan data dari backlinko.com, aplikasi Clubhouse telah digunakan oleh Mark Zuckerberg, Drake, 21 Savage, Meek Mill, Terry Crews, Michael Ovitz, Ev Williams, dan Soulja Boy. 

3. Clubhouse baru tersedia di APP Store

Kamu bisa mengunduh aplikasi Clubhouse di APP Store secara gratis. Namun, sayangnya aplikasi Clubhouse baru tersedia untuk pengguna sistem operasi iOS. Buat pengguna Android harus bersabar-sabar dahulu bila ingin merasakannya. Karena aplikasi ini baru tersedia di APP Store.

Pada 1 Februari 2021 aplikasi Clubhouse telah diunduh lebih dari 2 juta pengguna. Bahkan, pada Januari 2021 aplikasi Clubhouse sudah bernilai USD 1 miliar. Dengan kata lain, aplikasi Clubhouse sudah dianggap seperti startup Unicorn seperti, Uber, SpaceX, dan AirBnb. 


 

Share:

0 Komentar

Related Article