Industri

Supaya Anak Teknik Tidak Bingung Lagi, Ini Perbedaan CAD, CAE dan CAM

Bingung dengan perbedaan dari CAD, CAE, dan CAM ? Supaya kamu tidak bingung lagi, anak teknik memberikan perbedaan dari ketiganya. Ini dia perbedaan dari CAD, CAE, dan CAM.

Doohan Aditya Saputro1 Desember 2020

Untuk dibeberapa bidang ilmu keteknikan ke tiga istilah tersebut mungkin sudah tidak terasa asing lagi. Namun, diantara kamu pasti masih ada terdengar asing, bahkan tidak tahu apa itu istilah CAD, CAE dan CAM.

Sebelum mengetahui apa perbedaanya, hal pertama yang perlu kamu pahami tentang CA (Computer Aided), yang berarti ketiga sistem tersebut dibuat untuk mempermudah pengguna untuk mencapai tujuannya melalui proses komputer. Dapat dikatakan ketiganya merupakan software komputer yang mempermudah penggunanya untuk mencapai suatu tujuannya. 

Untuk mengetahui lebih jelasnya apa itu sebenernya CAD, CAE dan CAM? Tanpa basa-basi lagi, anak teknik akan menjelaskan perbedaan dari ketiganya. Mari simak penjelasanya dibawah ini!

1. Computer Aided Design (CAD)

CAD merupakan software komputer yang digunakan untuk mendesain sebuah produk yang dimana berada di fase desain selama proses engineering. Fasilitas yang dimiliki CAD terdapat pemilihan material, proses, dimensi, dan toleransi. Desain yang digambar bisa berupa 2D atau 3D dan dapat dilihat dari berbagai pandangan.

Penggunaan CAD ini tidak memberikan manfaat yang begitu besar. Yaitu, meningkatkan kualitas desain, meningkatkan produktivitas engineer, dan meningkatkan komunikasi antara desainer dengan pembacanya. 

Jika selama ini para engineer mendesain produk dengan gambar manual sekarang kamu hanya perlu menggambar melalui komputer. Software CAD memiliki peran yang sangat luas di industri. Contohnya industri otomotif, kapal, aerospace, dan arsitektur.  Peran CAD juga dapat digunakan untuk memproduksi animasi untuk spesial efek pada industri film dan iklan. Biasasnya disebut DCC (Digital Content Creation).

Setelah kamu mengetahui peran CAD di beberapa industri, Kebanyakan CAD digunakan oleh Arsitek, teknik sipil, teknik elektro, teknik mesin, bahkan desain interior.  CAD digunakan perusahaan untuk mengexplore model sebelum mengimplementasikan dalam bentuk prototype. dan umumnya software CAD digunakan oleh engineer. Contoh dari aplikasi CAD itu sendiri adalah AutoCAD, Inventor, CATIA, SketchUP, dan lain-lain

2. Computer Aided Engineering (CAE)

CAE merupakan software komputer yang bertugas untuk menganalisa dari sebuah desain. Di dalam program CAE biasanya terdapat finite element analysis (FAE), Computational Fluid Dynamics (CFD), multibody dynamics (MDB), dan optimization. Contoh aplikasi dari software CAE seperti Abaqus, Ansys, dan MSC Adams Car. 

Teknik mesin, teknik sipil, dan teknik penerbangan. Pada dasarnya CAE memiliki fitur-fitur yang mendukung untuk menganalisa dari sebuah desain. Seperti menganalisa pergerakan dinamik dan kinematik, aliran fluida dan tegangan pada struktur. 

3. Computer Aided Manufacturing (CAM)

CAM merupakan software komputer untuk mengkontrol peralatan mesin selama proses manufaktur. Secara sederhana CAM digunakan pada saat tahap fabrikasi. CAM merupakan kelanjutan dari proses CAD dan CAE. Manfaatnya CAM memberikan manfaat yang cukup besar dilingkungan industrik / pabrik. Prinsip adanya CAM yang utama digunakan untuk mempercepat proses produksi dengan dimensi yang lebih presisi. Dengan meminimalisir raw material yang terbuang sia-sia. 

Penggunaan Biasanya digunakan untuk proses machining seperti CNC yang termasuknya milling, bubut, surface grinders, dan pengelasan. Operator tetap dibutuhkan untuk membuat progra mesin CNC berjalan. DanPengguna CAM Biasanya CAM diajarkan di bidang teknik khususnya teknik mesin dan teknik manufaktur. 
 

Share:

0 Komentar

Related Article