Opini

Tidak Cuman Cum Laude, Kenali Istilah Penghargaan di Dunia Kuliah!

Gelar kehormatan diberikan untuk menjadi pembedaan level akademis dimana gelar akademis diperoleh. Tahukah kamu ternyata tidak hanya istilah cum laude. Namun, ada istilah lainnya terkait gelar kehormatan.

Doohan Aditya Saputro9 Januari 2021

Di dalam dunia perkuliahan istilah cum laude tidak terdengar asing. Istilah ini biasanya muncul saat wisuda. Kamu tidak sembarang bisa memperoleh gelar kehormatan cum laude. Ada syarat dan standar penilaian dari perguruan tinggi untuk memperolehnya.  

Perlu diketahui syarat gelar kehormatan ini berdasar sistem yang ada di Amerika Serikat. Sistem ini tentunya berbeda tergantung dengan masing-masing universitas di Indonesia. 

Tapi, tahukah kamu arti cum laude? Apakah ada istilah gelar kehormatan lain di jenjang perguruan tinggi? Dan bagaimana bisa menyandang gelar kehormatan saat wisuda? 
Nah, daripada kamu penasaran, mari simak ulasan berikut ini.  

1. Cum Laude

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah cum laude bukan? Gelar kehormatan ini paling sering dipakai saat wisuda. Cum laude berasal dari bahasa latin yang berarti dengan pujian.

Umumnya, gelar kehormatan cum laude diperoleh jika Indeks Prestasi Kumulatif kamu berada di kisaran 3.40-3.59.

2. Magna Cum Laude

Gelar magna cum laude berada satu level di atas cum laude. Magna cum laude memiliki arti dengan pujian besar. Kamu bisa menyandang predikat ini jika IPK kamu sebesar 3.60 sampai 3.79. 

3. Summa Cum Laude

Gelar summa cum laude lebih tinggi daripada dua gelar sebelumnya. Summa cum laude secara harfiah memiliki arti dengan pujian tertinggi. 

Mahasiswa yang menyandang gelar kehormatan ini harus memiliki IPK 3.80 ke atas. Contoh tokoh Indonesia yang menyandang gelar summa cum laude ialah B.J. Habibie. 

4. Egregia Cum Laude

Gelar ini mungkin terdengar asing di telinga kamu. Egregia cum laude sesekali digunakan untuk mengakui mahasiswa yang mendapatkan IPK sama seperti yang disyaratkan summa cum laude. Namun, gelar egregia cum laude didapat ketika mengikuti kurikulum yang lebih ketat. Dan gelar ini memiliki arti dengan kehormatan luar biasa. 

5. Maxima Cum Laude

Mungkin gelar ini hampir tidak terdengar oleh kamu. Karena gelar ini jarang digunakan. Maxima cum laude memiliki arti dengan kehormatan sangat besar. Berada diantara summa cum laude dan egregia cum laude. Gelar ini disematkan bagi mahasiswa yang memiliki IPK sempurna, yaitu 4.0. 

Istilah gelar kehormatan dapat diraih dari hasil kerja keras dan usaha yang tiada henti. Bila kamu menyandang gelar tersebut kamu tidak boleh besar kepala. Sebab gelar kehormatan diberikan sebagai bentuk apresiasi. Teruslah bersemangat menimba ilmu dan pengalaman. Syukuri dan jangan cepat berpuas diri.

Share:

0 Komentar