Pengetahuan

Wajib Baca, 7 Kebiasaan Buruk Mahasiswa Teknik yang Harus Ditinggalkan Sebelum Masuk Dunia Kerja

Berbeda jauh budaya di bangku kuliah dengan dunia kerja. Hindari kebiasaan buruk mahasiswa teknik di dunia kerja kalau kamu ingin berkarir cemerlang. Mari mengubah diri ke arah yang lebih baik dan tinggalkan kebiasaan buruk.

Doohan Aditya SaputroFebruary 13, 2021

Hal yang paling ditunggu-tunggu mahasiswa teknik setelah menempuh dunia pendidikan adalah bekerjar. Eits, sabar dulu nih sobat teknik. Sebelum mulai bekerja, kamu harus ketahui dahulu bahwa budaya di dunia pendidikan dan dunia kerja sangatlah berbeda. Baik kamu yang ingin berkarir di peruhaan atau usaha sendiri. 

Supaya mahasiswa teknik siap untuk menghadapi dunia kerja. Mahasiswa teknik harus merubah diri ke arah yang lebih baik dengan cara meninggalkan kebiasaan buruk kamu saat di bangku kuliah.

Nah, kira-kira apa saja kebiasaan buruk mahasiswa teknik yang harus ditinggalkan sebelum masuk dunia kerja? Langsung saja simak pembahasannya di bawah ini.

1. Bangun siang setiap hari

Siapa bilang mahasiswa teknik tidak bisa bangun pagi? Bukan tidak bisa bangun pagi, melainkan lebih sering bangun siang. Yap, telah menjadi kebiasaan mahasiswa untuk bangun siang. Karena disebabkan tidur yang terlalu larut malam atau begadang mengerjakan tugas. 

Meskipun demikian, kebiasaan bangun siang haruslah kamu hindari ketika memasuki dunia kerja. Karena selelah kamu bekerja hingga larut malam, kamu harus tetap kembali bekerja di pagi hari. Jadi, mulai biasakan diri kamu untuk bangun pagi ya sobat teknik.

2. Menunda-nunda pekerjaan 

Kebiasaan buruk yang satu ini juga sangat penting buat mahasiswa teknik hindari saat masuk dunia kerja. Banyak mahasiswa yang suka menunda-nunda pekerjaan, tugas, atau tanggung jawab lainnya dengan alasan apapun. Bila pekerjaan kamu seperti itu, kamu tidak akan bertahan lama di dunia kerja. 

Karena pergerakan dunia kerja yang begitu cepat, sehingga kamu tidak bisa menunda suatu pekerjaan dengan alasan apapun. Jadi, kamu harus ubah kebiasaan buruk menunda-nunda pekerjaan. 

3. Sering bermalas-malasan

Kamu yang memiliki kebiasaan bermalas-malasan, jangan harap mendapatkan tempat di dunia kerja. Sebagaian mahasiswa memang ada yang lebih menyukai untuk tidak melakukan apapun saat tidak sibuk. Memang diperlukan waktu untuk bersantai akan tetapi, bukan berarti hal itu membuat kamu terhanyut hingga membuat dirimu menjadi pemalas.

Hal ini tidak bisa lagi kamu bawa ke dunia kerja. Ketika kamu diberikan tanggung jawab dalam suatu pekerjaan, rasa malas yang timbul sebaiknya kamu hilangkan. Karena ini akan berdampak kepada hasil pekerjaan kamu nanti. Bukan mendapat hasil yang baik malah dimarahi si bos.

4. Mengerjakan tanggung jawab dengan prinsip SKS (Sistem Kebut Semalam)

Sudah menjadi kebiasaan mahasiswa dalam menyelesaikan tugas atau pekerjaan dengan sistem kebut semalam. Hal ini merupakan salah satu dampak dari bermalas-malasan dan suka menunda pekerjaan. Saat di dunia kerja, sangat dihindarkakan bagi mahasiswa teknik dalam mengerjakan tugas atau pekerjaannya mendekati deadline yang diberikan. 

Karena di dunia kerja, baik itu berkarir di perusahaan atau usaha sendiri pati kamu ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan kamu mengerjakannya menggunakan sistem kebut semalam. Jangan harap hasil yang kamu raih bisa sangat maksimal.

5. Sering datang terlambat

Kamu yang sering membuat janji untuk bertemu dan datang tidak tepat waktu. Sebaiknya hindari kebiasaan buruk yang satu ini. Di dunia kerja, kaamu harus bersikap profesional baik dari segi pekerjaan atau waktu. Karena waktu merupakan salah satu hal terpenting di dalam pekerjaan. Jadi, mulai sekarang biasakan diri kamu untuk tepat waktu sekecil apapun itu janjinya.

6. Minderan

Di dunia kerja nanti, kita tidak akan lepas dari yang namanya meeting dan presentasi. Dimana kamu akan menyampaikan pendapat dan materi dengan baik demi keberlangsungan perusahaan. Oleh karena itu, buat kamu yang selama menjadi mahasiwa kurang percaya diri, sudah seharusnya kamu mulai belajar percaya diri berbicara di depan umum. 

7. Sulit mengelola keuangan hingga susah di akhir bulan

Terakhir, yang tidak kalah penting saat memasuki dunia kerja adalah kemampuan mengelola keuangan. Setelah lulus dari bangku kuliah dan bekerja, kamu akan memiliki penghasilan sendiri. Salah satu kebiasaan buruk mahasiswa yang pertama kali mendapat penghasilan sendiri ialah berfoya-foya. Nah, dengan kamu belajar bagaimana mengelola uang saat ini maka, keuanganmu akan terkelola dengan baik. 

Buat kamu yang masih berstatus mahasiswa atau ingin bekerja untuk pertama kali, sudah seharusnya kamu meninggalkan kebiasaan buruku ini. Jadi, jangan tunggu-tunggu waktu yang tepat. Mulai dari saat ini sebelum kamu terlambat.

Share:

0 Komentar

Related Article