Pengetahuan

5 Jenis Dokumen Wajib Yang Harus Kamu Ketahui Sebagai Mahasiswa!

Sebagai Mahasiswa, sangat penting mengetahui berbagai jenis dokumen untuk menunjang berbagai kegiatan kemahasiswaan yang ingin diikutkan. Dengan membawa dokumen yang sesuai dan dibutuhkan akan mempermudah kamu dalam proses administrasi seperti CV.

Edinanta EMarch 31, 2021

Sebagai Mahasiswa, sangat penting mengetahui berbagai jenis dokumen untuk menunjang berbagai kegiatan kemahasiswaan yang ingin diikuti. Dengan membawa dokumen yang sesuai dan lengkap akan mempermudah kamu dalam proses administrasi seperti melampirkan CV sebagai syarat utama ketika akan mendaftar program Beasiswa dan kegiatan lainnya yang berhubungan dengan pendidikan. Berikut 5 Dokumen wajib yang harus kamu ketahui sebagai Mahasiswa!

1. Transcript

Transcript merupakan dokumen yang berisi salinan nilai dan capaian prestasi dari seorang mahasiswa selama masa studi yang sudah dilalui. Berbeda dengan rapor, Biasanya transcript hanya terdiri 1 lembar. Transcript dibutuhkan ketika kamu akan mendaftar program beasiswa, magang dan menjadi syarat utama ketika kamu akan wisuda.

2. Curriculum Vitae (CV)

Kamu Pasti sudah tidak asing dengan kata CV, hampir di semua kegiatan kemahasiswaan yang berhubungan dengan pendidikan memerlukan CV sebagai syarat utama ketika mendaftar suatu kegiatan. CV berisikan informasi tentang dirimu, seperti profil singkat, riwayat pendidikan, prestasi dan pengalaman. CV biasa digunakan untuk melamar suatu pekerjaan, mendaftar program beasiswa, program magang, dsb.

3. Portofolio

Tidak jauh berbeda dengan CV, portofolio menjadi dokumen pendukung yang isinya hampir sama seperti CV namun lebih lengkap dari CV. Portofolio berisi tentang bukti dari apa yang kamu tulis di CV kamu. Contohnya ketika kamu pernah mengikuti workshop, maka portofolio kamu berisi berbagai karya kamu yang sudah pernah di publish dalam bentuk jurnal, karya ilmiah dan lainnya.

4. Motivation Letter

Motivation Letter berisi tentang cerita kehidupan, kelebihan, prestasi, latar belakang dan tujuan hidup yang ditulis dalam bentuk esai. Isi dari Motivation letter kamu harus berkaitan dengan kegiatan program yang akan kamu daftar seperti mendaftar program beasiswa ke luar negeri. umumnya Motivation Letter ditulis menggunakan bahasa inggris dengan maksimal 2 lembar. motivation letter memang hanya lembaran kertas. Tapi jangan anggap remeh, melalui lembaran kertas ini kamu harus mampu menunjukkan apa yang ada di pikiranmu, kamu juga harus memastikan bahwa motivation letter yang kamu tulis menarik untuk dibaca, jika kamu yang menulis saja tidak tertarik saat membacanya, apalagi Instansi yang akan kamu lamar.

5. Letter of Recommendation

Letter of Recommendation merupakan sebuah surat rekomendasi yang dikeluarkan oleh pihak universitas, fakultas maupun seorang profesional yang mengenal kita, yang berfungsi sebagai referensi ketika mendaftar program beasiswa dan melamar berbagai pekerjaan. dalam surat ini berisikan karakteristik, kelebihan, kualitas yang dimiliki seseorang seperti prestasi dan juga pengalaman yang berhubungan dengan kegiatan yang akan kamu ikuti.

Itulah 5 Dokumen yang wajib kamu ketahui sebagai mahasiswa, kamu dapat segera mempersiapkannya ketika kamu akan magang ataupun mendaftar program beasiswa ya sob.

Share:

0 Komentar

Related Article