Teknologi

5 Jenis Topologi Jaringan Komputer Yang Wajib Diketahui Anak Teknik Telekomunikasi !

Topologi Jaringan Komputer merupakan cara yang digunakan agar jaringan suatu komputer dapat terhubung dari komputer satu dengan komputer yang lainnya.

Ed21 September 2021

Banyak cara dalam menghubungkan suatu komputer dengan komputer yang lainnya dalam pengembangan Sistem Telekomunikasi, salah satunya yaitu dengan topologi jaringan. Topologi Jaringan Komputer merupakan cara atau konsep yang digunakan agar jaringan suatu komputer dapat terhubung dari komputer satu dengan komputer yang lainnya.

Topologi jaringan komputer memiliki berbagai macam jenis dengan kelebihan dan kekurangannya masing- masing yang pemilihannya berdasarkan fungsi, biaya, dan penggunaan. Berikut 5 Jenis Topologi Jaringan Komputer Yang Wajib Diketahui Anak Teknik Telekomunikasi.

1.Topologi Bus

Topologi Bus

Topologi Bus adalah jaringan yang menggunakan satu kabel dengan menggunakan T Connector untuk media transmisi sebagai pusat server. Pada topologi bus dua ujung jaringan harus diakhiri dengan sebuah terminator sehingga komputer atau perangkat jaringan lainnya bisa dengan mudah dihubungkan satu sama lain. Topologi bus memiliki keunggulan diantaranya

  • rangkain jaringan yang sederhana
  • hemat kabel
  • pengembangan jaringan dapat dilakukan dengan mudah

Topologi ini memiliki kekurangan yaitu jika terjadi gangguan di salah satu kabel maka seluruh jaringan akan terganggu

2. Topologi Bintang (Star)

Topologi Bintang (Star)

Topologi Bintang merupakan bentuk jaringan dimana setiap komputer terhubung ke satu komputer pusat sebagai pusat dari setiap komputer dan juga berfungsi sebagai switch, komputer pusat atau komputer penghubung tersebut akan menghubungkan setiap komputer ke file server. Topologi Bintang memiliki beberapa kelebihan, yaitu

  • ketika ada komputer yang rusak hanya akan mempengaruhi jaringan pada saluran tersebut dan station yang terhubung
  • tingkat keamanan yang tinggi
  • kecil kemungkinan mengalami masalah lalu lintas jaringan

Namun kekurangannya yaitu jika komputer pusat atau penghubung rusak maka seluruh rangkaian yang terhubung akan padam.

3. Topologi Cincin (Ring)

Topologi Cincin (Ring)

Topologi ring merupakan topologi jaringan yang rangkaian membentuk rangkaian melingkar seperti cincin. pada topologi ring masing- masing titik/node terhubung ke dua titik kanan dan kiri yang membentuk lingkaran yang membuat sinyal data tetap stabil. topologi ring memiliki kelebihan diantarannya

  • mudahnya dilakukan instalasi perangkat
  • memiliki performa yang bagus

Topologi ring memiliki kekurangan yaitu kerusakan pada satu titik akan mempengaruhi seluruh jaringan.

4. Topologi Pohon (Tree)

Topologi Pohon (Tree)

Topologi pohon merupakan topologi yang memiliki karakteristik seperti topologi bintang dan topologi bus yang relatif memiliki bentuk rangkaian seperti pohon yang memiliki banyak cabang. Topologi pohon memiliki kelemahan yaitu instalasi yang lebih rumit dibanding topologi lainnya.

5. Topologi Mesh

Topologi Mesh

Topologi Mesh atau biasa disebut Topologi jala memiliki bentuk rangkaian yang menyerupai bentuk jala. Topologi mesh banyak digunakan pada jaringan berskala menengah yang butuh kecepatan komunikasi antar perangkat. Topologi mesh punya keunggulan yaitu data langsung dikirimkan ke komputer tujuan tanpa lewat komputer lainnya.

Itulah 5 Jenis Topologi Jaringan Komputer Yang Wajib Diketahui Anak Teknik Telekomunikasi.

 

Share:

0 Komentar