Teknologi

5 Search Engine Ini Dapat Menjaga Privasi Mu!

Search engine alternatif ini dapat kamu gunakan utnuk menjaga privasimu dan lebih aman

Ed22 September 2021

Penggunaan Search Engine tidak lepas dari kehidupan sehari- hari manusia yang memiliki banyak manfaat. Kita dapat menggunakan search engine di beragam device seperti komputer, laptop, dan smartphone.

Apa itu search engine

Saerch Engine merupakan mesin yang berisi program komputer yang berguna untuk melakukan pencarian. Search Engine yang paling sering digunakan pada saat ini yaitu Google.

Dibalik banyaknya pengguna Search Engine ada sebagaian orang yang ingin privasinya tetap terjaga ketika sedang browsing sehingga memilih untuk mencari search engine alternatif untuk browing. Agar privasi mu tetap terjaga ketika menjelajah Internet berikut, 5 Alternatif Search Engine yang dapat menjaga privasi mu.

1. Duck Duck Go

Duck Duck Go menjadi search engine alternatif yang paling banyak digunakan dibanding search engine lainnya. Duck Duck Go merupakan search engine yang menggunakan berbagai sumber untuk menyadiakan informasi bagi penggunanya.  Duck duck go dibuat agar pengguna merasa nyaman menggunakannya dengan melindungi privasi pengguna dan tidak merekam informasi pengguna. 

Search Engine ini tidak menyediakan log informasi, tidak menyimpan alamat IP dan tidak menggunakan cookie. Duck Duck Go juga juga menyediakan sejumlah fitur yang tidak dimiliki oleh Google.

2. Privatelee

Privatelee merupakan search engine yang buat untuk melindungi privasi pengguna secara online dan tidak dapat melacak hasil riwayat pencarian. Privatelee juga tidak merekam keyword yang sering digunakan penggunanya untuk menghindari pemanfaatan informasi untuk iklan. Privetelee juga menyediakan fitur power search yang memungkinkan kamu untuk menelusuri sumber pencarian lebih banyak.

3. Disconnect Search

Disconnect Search merupakan mesin pencarian dengan fitur yang banyak yang dan tidak akan merekam lokasi pengguna ketika melakukan browsing. Disconnect Search juga dapat digunakan di PC maupun smartphone yang memberikan perlindungan kepada pengguna dari malware. Disconet Search memiliki tampilan yang nyaman digunakan seperti search engine pada umumnya, tidak merekam alamat IP dan aktivitas pengguna.

4. Startpage

Startpage merupakan search engine yang masih menggunakan sistem sama seperti Google dan tidak memiliki fitur pelacakan. Startpage memiliki fitur pencarian tampilan anonim yang memungkinkan kamu untuk membuka hasil pencarian dengan proxy agar dapat berselancar seacara anonim.

5. MetaGer

Metager merupakan Mesin Metasearch yang dituju untuk melindungi privasi pengguna ketika melakukan browsing. MetaGer menyediakan akses ke layanan mereka hanya melalui koneksi terenkripsi yang akan melindungi alamat IP pengguna. MetaGer juga memiiki fitur yang memungkinkan pengguna melakukan pencarian MetaGer dari dalam jaringan TOR.

Itulah 5 Alternatif Search Engine yang dapat kamu gunakan untuk melakukan pencarian, kamu sudah pernah menggunakan yang mana sob?

Share:

0 Komentar