Pengetahuan

5 Tips Berselancar di Internet Secara Anonim

Seiring perkembangan zaman kebutuhan Internet semakin meningkat dan banyaknya informasi yang akan terpublish, maka perlu ditingkatkan keamanan privasi pengguna

Ed21 September 2021

Seiring perkembangan zaman kebutuhan Internet semakin meningkat dan akan ada banyak informasi yang akan terpublish, maka perlu ditingkatkan keamanan privasi pengguna. Beselancar di Internet tentu akan mempermudah suatu perkerjaan seseorang, dengan adanya algoritma Google yang memudahkan proses pencarian. Dengan berselancar di Internet menggunakan Google, Google akan menyimpan data dan riwayat agar proses penggunaan mesin pencarian selanjutnya lebih cepat dan akurat.

berselancar internet secara privasi

Namun terkadang ketika seseorang ingin mencari sesuatu di Internet tanpa ingin data atau riwayat pengguna di simpan oleh Google, kamu dapat melakukan beberapa hal berikut. Berikut ini 5 tips berselancar di internet secara anonim.

1. Menggunakan Private Browser

Menggunakan Private Browser merupakan salah satu cara menggunakan Internet secara anomin. Adanya banyak private browser yang dapat kamu gunakan diantaranya Duck Duck Go dan Tor browser yang mudah digunakan. Dengan mengunakan private browser riwayat pencarian dan lokasi kamu tidak akan tersimpan dan terekam oleh mesin pencarian. 

2. Mengaktifkan Virtual Private Network (VPN)

Dengan Mengaktifkan Fitur VPN kamu dapat mengakses suatu situs secara private dengan jaringan lain. Penggunaan VPN dapat melindung data pengguna dari kebocoran data dan memudahkan mengakses situs yang dibatasi pengunjungnya, Untuk menggunakan VPN kamu dapat mendownload software ataupun menggunakan browser yang memiliki fitur VPN.

3. Mengaktifkan Mode Incognito

Mengaktifkan mode incognito atau mode penelusuran pribadi pada browser dapat membuat seseorang berselancar di internet secara anonim, nanti nya tabs utama dan tabs yang menggunakan mode incogito memiliki perbedaaan dimana riwayat dan cookies pengguna tidak akan tersimpan, mengamankan enkripsi dan meningkatkan koneksi internet. Kamu dapat mengaktifkan mode incognito dengan menggunakan beberapa browser yang memiliki fitur ini.

4. Menggunakan Adblock

Menggunakan fitur Adblock dapat menghindari pengguna dari iklan terbuka yang menggangu ketika menggunakan mesin pencarian. Fitur adblock ini dapat digunakan di beberapa browser yang memungkinkan pengguna menyaring konten yang muncul tanpa dikehendaki. Langkah yang dapat kamu lakukan untuk mengaktifkan adblock yaitu dengan membuka menu site setting, lalu klik pop-ups option dan klik allow adblock.

5. Menggunakan Secure Messaging

Menggunakan Secure Messaging akan membuat proses pengiriman data pengguna menjadi lebih aman dari kebocaran data yang berbasis server. Secure Messaging banyak digunakan oleh Perusahaan besar yang ingin melakukan pertukaran data penting seperti perusahaan asuransi, lembaga kesahatan dan perusahaan yang bergerak di bidang keuangan. Untuk menggunakan Secure Messanging pengguna cukup menggunakan alamat email dan koneksi internet.

Dari semua tips tadi, mana yang sudah kamu coba?

Share:

0 Komentar