Teknologi

Apa Itu Operating System ? Anak IT Wajib Tahu!

Operating Sistem atau biasa dikenal sebagai Sistem Operasi pada komputer merupakan perangkat lunak sistem yang berfungsi untuk mengkontrol hardware dan software pada komputer beserta program-programnya.

Edinanta E1 Desember 2020

Perkembangan komputer di Era Industri 4.0 ini semakin meningkat dan memiliki beragam variasi. Kamu pasti gak asing dengan Istilah Operating system atau sistem operasi ? Anak IT wajib tahu apa itu Operatying system, Operating System atau biasa dikenal sebagai Sistem Operasi pada komputer merupakan perangkat lunak sistem yang berfungsi untuk mengkontrol hardware dan software pada komputer beserta program-programnya, sistem operasi terinstal pada memori komputer saat booting.  Pada umumnya operasi sistem terdiri dari mekasnime boot, kernel, Command Interpreter atau shell dan Driver. Sistem operasi membuat komputer lebih menarik dan mudah digunakan yang memungkinkan digunakan secara efisien serta memiliki program yang beragam pada setiap jenisnya.  Sistem operasi pada komputer dikelompokan menjadi beberapa jenis, berikut 3 jenis operating system.

1. Microsoft Windows System

Microsoft windows system merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft pada tahun 1983 yang terdiri dari yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7 (Seven) yang dirilis pada tahun 2009, Windows 8 yang dirilis pada Oktober 2012), dan Windows Terakhir yaitu Windows 10 (Dirilis pada Juli 2015).

2. Mac OS (Macintosh) 


Mac OS merupakan sistem operasi yang dikembangkan dan didstribusikan oleh Apple Inc. Sistem operasi pada Mac OS mengelola file, melihat gambar, menjaga komputer dari akses yang tidak diinginkan, menghapus program, menganalisis masalah, membuat backup dari file dan disk, dan mengatur screen saver.

3. Linux

Linux merupakan sistem operasi bebas dan open source  yang memiliki lisensi bebas dan sumber terbukanya, Lisensi publik umum GNU, source code Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan distribusikan kembali dengan bebas oleh siapa saja. Linux menggunakan kernel monolitik dengan desain modul (bisa memuat modul kernel). Desain monolitik memungkinkan Linux untuk menangani sistem berkas, penggerak perangkat,dan jaringan. Linux dikendalikan oleh antarmuka baris perintah(command line interface atau CLI) berbasis teks, antar muka pengguna grafis (graphical user interface atau GUI, yang umumnya merupakan konfigurasi bawaan untuk versi desktop). Linux memiliki sistem open source yang berbeda dari sistem operasi lainnya.

Itulah beberapa Jenis dari Operating System pada komputer yang sudah dikembangkan hingga kini dan masih dapat berkembang lagi. Kamu udah nyoba operating system yang mana ni sob?

Share:

0 Komentar