Pengetahuan

Mahasiswa Teknik Elektro Wajib Install 5 Software Ini!

Software sangat penting bagi Mahasiswa Teknik Elektro guna perancangan dan analisis suatu sistem ataupin circuit sehingga dapat dianalisis.

Ed24 Februari 2021

Software sangat dibutuhkan untuk menunjang aktivitas perkuliahan Mahasiswa Elektro, untuk melakukan pemodelan dan simulasi yang berfungsi dalam perancangan dan analisis suatu sistem kelistrikan. Pemodelan dan Simulasi pada software dilakukan guna menghindari error dan meminimalisir kesalahan pada sistem kelistrikan.

Banyak software yang dapat digunakan oleh mahasiswa teknik elektro, yang memiliki fungsi dan cara kerja yang berbeda-beda mulai dari mendesain pcb atau mesin-mesin listrik, simulasi instalasi listrik pada rumah, menjalankan sistem kelistrikan pada pembangkit, transmisi sampai distribusi. Itu semua dilakukan untuk menguji apakah simulasi tersebut dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan pendekatan teori yang digunakan pada saat simulasi, tanpa harus membuat rangkaian listrik itu secara nyata dan mendapatkan hasil yang akurat. Berikut software yang wajib kamu instal sebagai Mahasiswa Teknik Elektro

1. Proteus

Proteus merupakan software yang digunakan untuk otomatisasi rangkaian elektronik seperti mendesain skema rangkaian elektronik dan mencetak PCB. untuk menginstal Proteus, PC kamu harus menggunakan windows operation system. kamu dapat membuat rangkaian elektronika pada proteus dan mensimulasikannya untuk memastikan apakai nilai dan letak suatu komponen sudah benar dan dapat berjalan dengan baik. Proteus sangat cocok bagi kamu yang ingin membuat project elektronika dengan PCB.

2. Dev C++

Dev C++ adalah sebuah IDE (Integrated Development Environment) C /C++ yang sudah dilengkapi dengan TDM-GCC Compiler (bagian dari GNU Compiler Collection / GCC). Dev C++ digunakan sebagai IDE, aplikasi yang memudahkan mahasiswa teknik elektro dalam membuat program dalam bahasa C++ .

3. Matlab

Matlab merupakan sebuah software komputasi numerikal dan visualisasi data yang Dikembangkan oleh The MathWorks, yang memungkinkan manipulasi matriks, pem-plot-an fungsi dan data. Dengan menggunakan high level language, membuat pengoperasian Matlab semakin mudah. Matlab banyak digunakan oleh kalangan Mahasiswa Teknik maupun industri.

4. AutoCAD

AutoCAD merupakan software CAD untuk menggambar 2 dimensi dan 3 dimensi yang dikembangkan oleh Autodesk. AutoCAD termasuk salah satu software yang paling banyak digunakan di dunia. Bagi Mahasiswa teknik elektro AutoCAD digunakan dalam mendesain rangkaian listrik dalam sebuah bangunan tinggi, seperti pemasangan sakelar, lift, penerangan, alat-alat listrik, dan lainnya. 

5. Eagle

Eagle merupakan salah satu software yang dapat membantu dalam pembuatan skema rangkaian elektronika dan rangkaian dalam PCB, software ini sering digunakan dalam proses praktikum perkuliahan Mahasiswa teknik elektro karena sangat mudah digunakan.

Itulah beberapa software wajib bagi mahasiswa teknik elektro, dan masih banyak software lainnya yang dapat kamu gunakan seperti multisim software dan pcb wizard.

Share:

0 Komentar