Teknologi

Mengenal Raspberry Pi, Komputer Papan Tunggal Seukuran Credit Card !

Raspberry Pi Sebuah Komputer Papan Tunggal berukuran kecil dengan spesifikasi tinggi

EDINANTA EFRATA LIMBONGDecember 18, 2020

Komputer papan tunggal (single-board circuit; SBC) merupakan perangkat yang tidak asing bagi Mahasiswa teknik Komputer maupun elektro, Salah satu jenis komputer papan tunggal tersebut yaitu Raspberry Pi, Raspberry Pi atau biasa disebut Raspi merupakan komputer papan tunggal seukuran kartu kredit dengan operating system seperti komputer pada umumnya yang dapat melakukan pengolahan data, pengoperasian game komputer, program computing dan juga dapat digunakan untuk memutar video dari resolusi rendah hingga tinggi. Raspberry Pi di Produksi oleh Raspberry Pi Foundation, Piranti-piranti elektroknik yang dimiliki Raspberry Pi diantaranya USB port, Ethernet port, Mikro USB port, Prosesor, GPIO, dan HDMI.

Raspberry Pi memiliki dua model: model A dan model B, Raspberry Pi tidak memiliki layar monitor seperti komputer pada umumnya sehingga sebagai gantinya Raspberry Pi  menggunakan port HDMI untuk menghubungkan ke Monitor digital, Linux merupakan sistem operasi yang digunakan oleh Raspberry Pi yang dilengkapi dengan Prosesor dan SD Card sebagai ruang penyimpanan. Raspberry Pi menggunakan port standart RJ45 yang dapat digunakan untuk mengakses internet dan jaringan lokal, daya yang dibutuhkan Raspberry Pi untuk beroperasi sebesar 1 ampere.

Raspberry Pi memiliki kelebihan yang menyerupai komputer pada umumnya, ia dapat melakukan segala hal yang dapat dilakukan oleh komputer atau laptop dengan sistem operasi Linux. Seperti membuat program dengan berbagai macam bahasa hingga membangun server. Untuk fungsi sehari-hari, Raspberry Pi dapat menjalankan sistem operasi berbasis GUI, yang dapat melalukan pengoperasian seperti browsing, mengetik, memutar musik, memutar video, menjalankan game dan lain sebagainya. Untuk penggunaan tingkat lanjut, Raspberry Pi hampir tidak memiliki batasan sehingga memungkinkan untuk melakukan pegembangan aplikasi. Dengan piranti elektronik yang lengkap dan telah terintegrasi sehingga dapat digunakan untuk mengatur perangkat seperti ethernet port, audio processing, jumlah RAM yang besar dan jumlah penyimpanan yang dapat diatur.

Dibalik Kelebihannya yang banyak, Raspberry Pi Juga memiliki kekurangan, Raspberry Pi dapat membaca sensor digital secara langsung, akan tetapi Raspberry Pi tidak dapat membaca sensor analog. Raspberry Pi akan sedikit lebih lambat karena OS Linux pada sistem operasi Raspberry Pi yang lebih sederhana dan akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengoperasikannya karena memerlukan perangkat tambahan.

Itulah Komputer mini dengan pembekalan teknologi yang sudah menyamai komputer pada umumnya, bagi kamu mahasiswa Teknik Komputer atau IT menggunakan Raspberry Pi sebagai media pembelajaran dan pengembangan aplikasi merupakan pilihan yang tepat.

 

Share:

0 Komentar

Related Article