Opini

Sebagai Anak Teknik, ketahui 5 Hal Ini Sebelum Kamu Magang!

Magang menjadi hal wajib yang harus dilalui anak teknik agar mendapat pengalaman kerja ataupun diwajiban dari pihak universitas sehingga siap terjun di dunia kerja.

Edinanta EMarch 21, 2021

Magang adalah saat yang tepat bagi mahasiswa maupun fresh graduate untuk dapat belajar langsung dan mendapat pengalaman dari seorang profesional. Magang menjadi hal wajib yang harus dilalui anak teknik agar mendapat pengalaman kerja ataupun diwajibkan dari pihak universitas sehingga siap terjun di dunia kerja. Pada saat magang seorang pemagang akan diberikan project yang sedang dijalankan suatu perusahaan ataupun ditempatkan pada suatu posisi di perusahan.

Mengikuti program magang memiliki banyak keuntungan mulai dari mendapatkan sertifikat kompetensi maupun sertifikat industri, relasi, pengalaman kerja hingga mendapat uang insentif jika mengikuti program paid internship. Ada beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum magang, Berikut 5 hal yang harus kamu ketahui sebelum magang

1. Mencari tahu informasi perusahaan yang dituju

Mencari Informasi perusahaan yang dituju merupakan hal terpenting sebelum kita melakukan magang diperusahaan tersebut, seperti mengetahui perusahaan yang kamu tuju sudah membuka lowongan magang atau tidak, perusahaan bergerak di bidang apa, perusahannya di kota mana saja, apakah perusahaan tersebut berada di domisili tempat kamu tinggal dan mengetahui syarat-syarat apa saja yang diperlukan untuk mendaftar program magang di perusahaan tersebut.

2. Mengetahui job description

Sebelum mendaftar magang kita harus mengetahui job desc dari posisi yang kita daftarkan untuk magang di suatu perusahaan, hal ini diperlukan untuk mengurangi resiko katidaktahuan dalam melakukan suatu pekerjaan ketika program magang sedang berlangsung dan membaca semua detailnya yang sesuai dengan kempampuan yang kamu miliki.

3. Aktif berkomunikasi

Komunikasi penting dalam mencapai suatu tujuan, pada saat magang kamu harus benisiatif dalam berkomunikasi dan memberi saran pada suatu perusahaan tempat kamu magang guna perkembangan perusahaan, jangan lupa gunakan bahasa yang formal dan utamakan sopan santun. Jangan menunggu melakukan suatu pekerjaan ketika ditugaskan tetapi tawarkanlah bantuan jika diperlukan.

4. Pelajari kontrak magang

Mengetahui kontrak magang itu penting agar kamu tau berapa lama program magang berlangsung apakah 1 hingga 3 bulan atau 6 bulan, mengetahui jadwal jam kerja dan tanggung jawab yang akan kamu selesaikan sesuai dengan yang sudah disepakati, sehingga kamu tahu hak dan kewajibanmu ketika magang berlangsung.

5. Menjalin relasi

Menjalin hubungan dengan orang-orang di perusahan tempat kamu magang sangat diperlukan karena dengan terjalinnya hungungan baik dengan mereka kamu dapat lebih mudah mendapat informasi tentang lowongan perkerjaan di perusahaan tersebut ketika kamu ingin melamar untuk kedepannya.

Itulah 5 hal yang penting kamu ketahui sebelum magang. siapkan diri kamu ya sobb jika ingin mengikuti program magang! dan jangan lupa bertanya kepada orang yang sudah melakukannya.

Share:

0 Komentar

Related Article