Pengetahuan

Fungsi Komputer Untuk Menunjang Proses Belajar Mahasiswa Teknik

Saat ini teknologi komputer sudah lekat dan tidak terpisahkan dengan kehidupan manusia karena kemudahan dalam penggunaannya dan juga kelebihannya dalam membantu pekerjaan sehari-hari, salah satunya proses belajar mengajar di jurusan teknik.

Jurusan teknik mempelajari tentang penerapan ilmu dan teknologi untuk menyelesaikan permasalahan manusia. Berbagai peralatan berteknologi canggih digunakan untuk menunjang pembelajaran, utamanya komputer.

Komputer ini digunakan untuk mengolah data dan memberikan informasi berupa gambar, teks, suara, atau video. Lalu apa saja kegunaan komputer untuk mahasiswa yang belajar di jurusan-jurusan teknik? Berikut penjelasannya

1. Teknik sipil dan Arsitek

Untuk jurusan teknik sipil dan arsitektur, komputer ini digunakan untuk menghitung kekuatan bangunan, Rencana Anggaran Biaya, penjadwalan proyek, dan mendesain bangunan secara 2D maupun 3D.

2. Teknik elektro dan Informatika

Mahasiswa di jurusan teknik elektro dan informatika menggunakan komputer dalam proses pembelajarannya. Mereka menggunakan komputer untuk membuat coding pemrograman website, aplikasi, desain grafis, broadcasting, instalasi kelistrikan sampai robotik.

3. Teknik mesin

Mahasiswa jurusan teknik mesin akan sering berkutat dengan peralatan mesin-mesin di ruang praktikum, namun ada masanya menggunakan komputer. Misalnya untuk desain 2D dan 3D, pemrograman otomasi, perhitungan untuk menentukan ukuran material dan hasil produksi. 

4. Teknik industri

Mahasiswa jurusan teknik industri menggunakan komputer untuk keperluan desain 2D dan 3D, merancang sistem manajemen bisnis, pengolahan data statistik, dan simulasi proses operasional. 

5. Teknik kimia

Belajar kimia identik dengan memakai jas putih dan melakukan pengamatan di laboratorium dengan bahan kimia berwarna-warni. Di luar itu, juga memerlukan komputer untuk melengkapi proses penelitian.

Mahasiswa teknik kimia memakai komputer untuk merancang, membuat, dan menghitung proses dalam pabrik kimia, membuat simulasi fungsi, model matematika dan perancangan GUI.

6. Teknik lingkungan

Komputer juga dibutuhkan oleh mahasiswa teknik lingkungan.  Program komputer ini digunakan untuk perencanaan drainase perkotaan, sistem drainase gedung, analisis jaringan perpipaan, dan membuat gambar kerja. 

7. Teknik geodesi

Geodesi bisa disebut dengan ilmu penentuan posisi di permukaan bumi. Dalam prosesnya juga perlu menggunakan komputer untuk proses pembelajarannya. Gunanya unutk menggambar dan mendesain tata peta, pengolahan citra satelit atau penginderaan jauh.

8. Teknik geologi

Teknik Geologi dan Geodesi ini memiliki arti yang berbeda. Geologi adalah ilmu yang mempelajari komposisi bumi, struktur, sifat fisik, sejarah, dan proses pembentukannya. Untuk penggunaan komputer di jurusan ini disebut sebagai Geokomputasi. 

Geokomputasi menggunakan komputer untuk melakukan aktivitas pengolahan dan visualisasi data geologi. 

9. Teknik perminyakan

Jurusan teknik perminyakan ada beberapa program komputer untuk membuat simulasi reservoir, analisa produksi, analisa petrofisika, material balance, well testing, dan lain sebagainya.

10. Teknik pertambangan

Jurusan teknik pertambangan ini juga menggunakan tanah sebagai unsur utama pembelajaran. Penggunaan komputer digunakan untuk menganalisis kondisi kontur atau tinggi rendah nya tanah, membuat skenario kondisi air tanah, menghitung kadar material tambang di daerah tertentu, dan memberi tanda untuk mengetahui kondisi geologis tertentu.

11. Teknik perkapalan

Selain untuk mendesain kapal, di jurusan teknik perkapalan memakai komputer untuk menganalisis beban struktur, gerak, kekuatan lokal pada kapal, pemodelan struktur dan sistem perpipaan dalam kapal.

12. Teknik biomedik

Penggunaan komputer di jurusan teknik biomedik untuk pemodelan dan simulasi obat-obatan, sistem biologis, dan penyakit.  Pemeriksaan MRI atau data fMRI memakai bantuan  AI (Artificial Intelligence) dan aplikasi medis.

13. Teknik dirgantara

Komputer juga dibutuhkan untuk mahasiswa jurusan teknik dirgantara. Penggunaannya untuk membuat rekayasa dan desain pesawat, pemodelan aerodinamis, pengujian penerbangan, dan lain sebagainya.

14. Teknik fisika

Jurusan teknik fisika membutuhkan ilmu komputasi untuk menghubungkan komputer dengan matematika dalam proses analisis. Yang meliputi perancangan material dan dinamika fluida komputasional, optimasi sistem kontrol, dan instrumen berbasis citra.

15. Teknik material dan Metalurgi

Dalam merancang sebuah komponen penting untuk melakukan prediksi/simulasi terkait besar tegangan, distribusi panas, atau aspek lainnya dengan menggunakan perangkat lunak dari komputer.

16. Teknik nuklir

Jurusan teknik nuklir memakai komputer untuk melakukan penelitian. Analisis data nuklir dan spektrum, neutronik dan manajemen teras reaktor, transfer panas, aliran fluida dan sistem, struktur bahan dan performa bahan bakar, desain perisai radiasi, analisis keselamatan, kecelakaan, dan dispersi radioaktif, dan lainnnya.
 
Nah itulah beberapa fungsi penggunaan komputer untuk kamu yang akan atau sedang belajar di jurusan teknik. Namun hal ini tidak bersifat pasti, karena fungsi komputer akan terus berkembang. 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait