Opini

5 Tips Memilih Kost Untuk Mahasiswa

Dalam memilih kos tidak asal memilih, perlu beberapa hal yg dipertimbangkan, penasaran ? Berikut penjelasannya

Farhan Hakimul F17 Oktober 2021

Melanjutkan studi di perguruan tinggi adalah impian banyak orang, namun tidak semua memiliki kesempatan untuk menjadi seorang mahasiswa. Namun terkadang pergi ke luar kota karena lokasi kampus jauh dari rumah. Sehingga mau tidak mau harus merantau meninggalkan keluarga. Mungkin jika  punya kerabat atau saudara terdekat kita bisa tinggal di rumahnya.

Kalau tidak punya maka harus mencari tempat tinggal perantauan kita, yaitu kamar kos. Dalam memilih kos perlu pertimbangan sehingga ketika kita menempatinya merasa aman dan nyaman.

Berikut adalah 5 tips memilih kos untuk mahasiswa

1. Kumpulan Informasi

Unplash.com

Sebelumnya kita perlu mencari informasi tempat yang bisa menyediakan kamar kos. Tanyalah teman, kakak tingkat, lewat aplikasi  (seperti Mamikos), ataupun langsung survei dengan berkeliling-liling. Cari informasi sebanyak-banyaknya agar bisa membandingkan satu kos dengan lainnya. Lalu pilih mana yang paling terbaik menurut kita.

2. Harga

Unplash.com

Setelah menemukan rumah yang menyediakan kos. Tentukan range harga sesuai dengan budget yang kita miliki. Tanyakan harganya, jika cocok mungkin itu bisa menjadi salah satu pilihan. Tapi usahakan menawar harga terlebih dahulu. Jangan langsung mengiyakan harga yang disebutkan pemilik kos.

3. Fasilitas

Unplash.com

Jika harga dirasa cocok, pertimbangkan lagi. Apakah dengan harga segitu sesuai dengan fasilitas yang ada. Seperti adanya kamar mandi ( dalam atau luar ), lemari, kasur, kipas, listriknya apakah sudah termasuk , fasilitas memasak, bahkan apakah mendapat Wifi gratis. Jika memang dirasa sesuai itu bisa menjadi pilihan. 

4. Lingkungan sekitar

Unplash.com

Harga dan fasilitas sudah dirasa cocok, maka yang perlu diperhatikan lagi adalah lingkungannya. Pertama adalah linkungan antar sesama penghuni kos. Lihat dan tanyakan kepada pemilik kos kondisi penghuni kos. Bagaimana orang-orangnya. Apabila kondisi sekitar membuat kita tidak nyaman, lebih baik cari alternatif yang lainnya. Kedua adalah lingkungan disekitar rumah kos. Apakahdekat dengan fasilitas publik seperti tempat ibadah, minimarket, dan tempat untuk makan. Selain itu juga tanyakan apakah rawan atau sering terjadi tindak kejahatan seperti pencurian.

5. Peraturan penghuni kos

Unplash.com

Untuk peraturan dari pemilik kos mungkin bisa juga menjadi pertimbangan. Adakah peraturan jam malam, tidak boleh berisik, dilarang merokok, dilarang membawa hewan peliharaan dan sebagainya. Jika memang peraturan yang ada dan kita tidak merasa keberatan maka bisa menjadi pilihan kamar kos yang ditempati.

Oke itu saja tips dari saya. Jadi sebelum menentukan kamar kos ada baiknya dipertimbangkan dulu 5 hal diatas agar nanti kita bisa tinggal dengan nyaman dan aman. 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait