Pengetahuan

Apa Itu Boiler Pada PLTU

Boiler adalah peralatan yang sangat penting pada PLTU

Farhan Hakimul F27 Januari 2022

Apa itu Boiler ? Mungkin ada yang pernah dengar mungkin tidak. Menurut dari bahasa inggris Boiler diambil dari kata "Boil" yang artinya mendidih. Jadi, Boiler dapat diartikan sebagai alat yang berfungsi untuk mendidihkan air. Pada PLTU (Pembangkit listrik Tenaga Uap), boiler berperan untuk menghasilkan uap.

Secara kontruksi, boiler adalah sekumpulan pipa-pipa yang disusun berjajar yang membentuk seperti dinding persegi. Pada bagian tengah terdapat ruang kosong yang bernama furnace. Fungsi untuk tempat terjadinya pembakaran.

Pada jenis pulverized coal boiler, bahan bakar yang digunakan adalah batubara halus yang menyerupai tepung.

Prinsip kerja boiler

prinsip kerja boiler

Alur dan prinsip kerja Boiler dapat dipahami dari gambar diatas ini.

Pada pipa-pipa boiler didalamnya berisi air demin, yakni air dari proses treatment (demineralisasi). Kandungan mineralnya perlu dihilangkan, Jika ada mineral dapat menyebabkan terjadinya kerak maupun korosi. Air ini disuplai terus menerus oleh pompa dan ditampung pada steam drum yang ada pada bagian atas boiler.

Dalam proses terjadinya pembakaran diperlukan tiga hal yaitu bahan bakar (batubara), udara (O2) dan panas. Saat proses pembakaran, batu bara yang sudah dihaluskan dimasukkan ke furnace bersamaan dengan udara. Saat terjadi pembakaran, panas kemudian ditransfer ke pipa-pipa boiler sehingga memanaskan air didalamnya.

Makin lama dan banyaknya panas yang terserap, air akan mendidih sampai menghasilkan uap panas. Uap ini lalu bergerak keatas menuju ke steam drum untuk dipisahkan antara fase uap dan fase cair.

Bagian-bagian Boiler

1. Ekomomizer

Ekonomizer merupakan  alat untuk memanaskan air hingga mendekati titik jenuh sebelum masuk ke steam drum. Caranya dengan memanfaatkan gas panas sisa pembakaran yang sudah diserap pada pipa boiler pada furnace, superheater, dan reheater. Karenanya posisinya diletakkan pada ujung boiler sebelum gas panas dibuang keluar.

Peletakan ini bertujuan agar perpindahan panas pada ekonimizer tidak terlalu besar. Serta untuk menghindari terjadinya overheating yang dapat merusak pipa-pipa ekonomizer.

Ekonomizer diperlukan agar tidak terjadi thermal shock ketika air masuk ke steam drum. Sekaligus untuk meningkatkan efisiensi dengan memanfaatkan gas panas. 

2. Superheater

Superheater adalah bagian boiler yang berfungsi mengubah uap air jenuh menjadi uap panas lanjut. Uap yang telah dipisahkan dari steam drum masih berupa uap jenuh atau uap basah. Jika dipakai untuk memutar turbin menyebabkan kerusakan.

Karena itu uap basah ini perlu dipanaskan lagi di superheater agar menjadi  uap panas lanjut (superheat). Baru setelahnya dapat digunakan untuk memutar turbin.

3. Reheater

Turbin uap skala besar biasanya ada tiga bagian yaitu high pressure, intermediate pressure, dan low pressure. Uap superheat yang untuk memutar turbin di bagian high pressure dipanaskan lagi.

Tujuannya untuk menaikkan temperaturnya lagi. Setelah itu digunakan untuk memutar turbin pada bagian intermediate. Fungsi reheater ini juga sebagai peningkatan efisiensi dari sistem PLTU.

Jadi ketiga bagian dari boiler ini ada untuk tujuan peningkatan efisiensi. 

Oke mungkin itu penjelasan singkat mengenai Boiler pada PLTU. Jika ada kritik, pertanyaan, atau saran bisa tulis di kolom komentar ya. Terimakasih

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait