Pengetahuan

3 Jenis Tipe Tiang Pancang Beton

Tiang pancang sangatlah tidak asing untuk para pekerja kontruksi untuk itu marilah kita kenalan yuk dengan nya

Fatchul Amin6 Juni 2021

Dalam proyek kontruksi, pondasi merupakan faktor penting karena beban yang berada diatas akan disalurkan kedalam pondasi. Untuk itu, dalam perencanaan harus benar-benar dipahami akan konsep dasar. Struktur bagian bawah bangunan ini akan berhubungan langsung dengan tanah atau bagian bangunan yang terletak dibawah permukaan tanah.

Jenis pondasi sendiri memiliki dua jenis pondasi yaitu dangkal dan juga pondasi dalam. Pemilihan pondasi dangkal dan dalam menyesuaikan fungsi bangunan yang akan direncanakan. Jika rumah tinggal dua lantai maka menggunakan pondasi dangkal, namun dalam bangunan bertingkat tentunya dibutuhkan pondasi dalam agar bisa mentransfer beban atas kedalam tanah agar tidak terguling. 

Berdasarkan pemahaman tersebut, tipe pondasi tiang pun ada beberapa macam dalam aktualnya bahan yang dipakai untuk tiang pancang bermacam-macam ada dari kayu, baja dan juga beton. Semuanya memiliki keuntungan dan kerugiannya masing masing.

Bangunan yang memiliki budget terbatas tentulah pemilihan ini harus benar-benar diperhatikan supaya tidak mengeluarkan cost yang besar.. Maka, kita akan membahas tentang pondasi tiang pancang beton /( concrete pile ).

Apa itu Concrete Pile

Concrete pile adalah tiang pancang yang bermaterial beton dimana terdapat beberapa proses pembuatannya seperti, dapat dilakukan cor ditempat atau dikerjakan dalam suatu pabrik tertentu atau precast pile.

ini nih ada beberapa jenis concrete pile :

1. Triangular Piles

Pancang segitiga
Sumber : beton.co.id/pancangsegitiga

Triangular Piles Juga sering sebagai tiang pancang berbentuk segitiga pemilihan ini harus benar benar disesuaikan dengan kebutuhan. kepadatan beron juga harus diperhatikan sampai benar-benar matang dari segi betonnya.

2. Spun Pile

PC Spun Pile | Jaya Sentrikon
Sumber : Jayasentrikon.com/Spun-pile

Spun pile merupakan bentuk Tiang pancang yang ada lubang ditengahnya. Tiang pancang ini dipilih agar tekanan aksial bisa terfokus pada selimut beton/ yang melingkari pada tiang.

3. Square Piles

PC Square Pile | Jaya Sentrikon
Sumber : jasasentrikon.com/square-piles

Square piles adalah tiang paling tua yang digunakan didunia. Ini adalah tiang pancang besar dan oleh karena itu luas penampangnya selalu sama untuk panjang tiang keseluruhan.

Pengguatan berat dapat digunakan dalam tumpukan. Kapasitas beban yang tinggi dapat menjadi daya tahan lebih lama. Dan ketahanan beban lateran yang lebih tinggi dibanding jenis yang lain. Piles ini berbentuk kotak persegi biasanya dimensi yang digunakan pada jenis ini adalah 25x25 dan juga ada 20x20. 

Dan itulah jenis tiang pancang beton yang dipakai untuk membangun infrastruktur. Tentu saja penggunaanya menyesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran.

Share:

0 Komentar