Opini

4 Hambatan Fresh Graduate di Dunia Industri

Fresh Graduate dalam dunia industri tantangan apa sih yang akan didapatkan dalam dunia industri? Mari kita simak dengan lebih lengkap

Fatchul Amin30 Juni 2021

Sebagai Seorang Mahasiswa hal yang paling membuat membingungkan adalah apa yang akan dilakukan setelah lulus nanti. Hal yang pasti dilakukan adalah mencari kerja, di era sekarang mencari pekerjaan tidak hanya mengirim CV dan Resume di sebuah situs pencari kerja namun harus direncanakan dengan baik sesuai bidang yang sedang ditekuni dan minat kamu untuk membuat kepuasan terhadap kamu sendiri. 

Namun terkadang dengan kendala-kendala yang cukup sering menjadi hambatan bagi fresh Graduate untuk itu alangkah baiknya mengetahui apa hal-hal yang akan menjadi hambatan kedepannya, Mari kita bahas dengan lengkap:


1. Kurang Membangun Networking

Masa Perkulihan merupakan masa dimana kamu bisa memiliki jaringan seluas-luasnya. Salah satunya dengan mengikuti organisasi kemahasiswaan, ataupun lembaga organisasi diluar kampus agar dapat memperkaya kamu dari jaringan kamu. Selain itu, bisa juga dengan membuat jaringan dengan memperkaya ilmu dari orang-orang yang berada dilingkupmu.

Decentralized social network Free Vector
Sumber :Networking.com

2. Semakin Banyak Saingan

Di era sekarang semakian banyak lulusan Teknik yang akan memiliki kompetisi yang berbeda darimu. Untuk itu hal apa yang akan membedakan kamu dengan sainganmu, salah satunya dengan cara mengasah keahlian hard skill dari pelatihan yang wajib kamu ikuti selama masih dibangku perkulihan.

Siapa tau itu akan menjadi hal yang sangat membedakamu dengan pesaingmu. Jadi jangan menjadi cepat puas dengan apa yang sudah kamu gapai sekarang. Selalu mencari tau hal hal yang kecil namun terus terulangan dengan baik.

3. Pengalaman kerja

Minimnya pengalaman kerja dapat mempengaruhimu untuk bergabung didunia industri. Tidak paham dengan dunia kerja saat ini. Tetapi ada beberapa trik untuk menutupi kekuranganmu yakni dengan mencari informasi seluas luasnya tentang bidang yang sedang kamu geluti.

Kamu harus memahami apa yang akan kamu lakukan kedepannya  menguasai software salah satunya. 



Contoh Surat Keterangan Pernah Bekerja Beserta Penjelasan
Sumber : experiance/Work


4. Idealis atau realistis

Kebanyakan lulusan Fresh graduate tentunya masih meyimpan jiwa idealis. Sebagai lulusan Sarjana satu harus memiliki penghasilan UMR namun harus disesuaikan dengan pengalaman kerja yang kamu miliki. Jika kamu masih berada dalam masa transisi bingung, ambil apa saja peluang yang ada didepan. Jangan kamu sia-siakan.

Daripada menunggu harapan yang belum pasti, ada baiknya kalian mengambil pekerjaan yang terlihat sederhana dan di bawah standar kalian tersebut. Namun jika pekerjaan tersebut memang benar-benar tidak membuat Anda bahagia, berarti sudah menjadi tugas kamu untuk menciptakan pekerjaan yang sesuai dengan standarmu tersebut.

Tetap semangat dan berusaha dalam mencari kerja. Selama ada usaha maka akan ada jalan. Good luck

 

 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait