Kreatifitas

5 Tips Menemukan Ide Judul Skripsi Untuk Mahasiswa Teknik

Skripsi menjadi paling yang ditunggu-tunggu untuk menyelesaikan masa pembelajaran dikampus sudah kamu mempersiapkannya?

Fatchul Amin4 Juni 2021

Untuk kamu yang sedang bingung untuk memilih judul skripsi apa yang akan kamu bahas dalam beberapa akhir semester yang akan datang, belum lagi tanggungan yang silih berganti. Pertanyaan tentang kamu ingin bahas apa? Target kamu lulus tahun berapa? dan lain sebagainya. Untuk itu kini kita akan membahas tentang tips-tips menemukan ide Skripsi agar kamu dapat menyelesaikan kuliahmu dengan mudah dan cepat:.

1. Mulai menganalisa minat yang akan kamu ambil

tips mencari judul skripsi
pexels.com/@startup-stock-photos

Banyak sekali mahasiswa yang bingung kemana arah jalan dia didalam jurusan yang akan dia perdalam. Sehingga langkah awal adalah mulai analsis hal-hal apa saja yang kamu minati dalam jurusanmu. Mulailah dengan membuat daftar masalah apa yang paling dekat disekitarmu untuk yang akan kamu bahas. Namun lebih baik lagi apabila mencari sesuatu yang menurutmu bisa kamu selesaikan.

2. Perbanyak referensi bacaan

mencatat referensi skripsi
Sumber : Unplash/Reading

Setelah menemukan minat apa yang akan kamu ambil, langkah selanjutnya adalah perbanyak referensi yang akan kamu dalami. Caranya dengan mencari jurnal-jurnal, referensi buku-buku perpustakaan kampus, skripsi-skripsi kakak tingkat ( jika menemukan ide yang sama). Kemudian buatlah noted untuk mengingat dengan baik, lebih baik lagi jika kamu membuat rangkuman dari bacaan-bacaan tersebut, untuk lebih mendalami topik.

3. Diskusi dengan dosen

tips mencari judul skripsi
Sumber : Unplash/Teache

Pilihkan dosen yang nyaman untuk diajak diskusi alasannya adalah  momen skripsi adalah momen paling maksimal jadi pilihkan dosen yang tepat. Supaya tidak menyesal dikemudian hari, terutama dalam hal komunikasi.

Karena komunikasi akan menentukan cepat atau tidaknya skripsimu akan selesai, dengan komunikasi yang baik kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal, dengan begitu kamu dapat berdiskusi untuk topik yang akan kamu bahas. Bawalah catatan berkas rangkuman yang kamu selesai membuat noted, kamu sudah dapat meyakinkan dosenmu dengan topik yang akan kamu bawa.

4. Sering - sering diskusi dengan teman

tips menemukan ide skripsi
Sumber : Pinterest/Discuss

Didalam menyelesaikan Skripsi tentunnya kamu akan menemukan kesulitan dalam pekerjaanya. Otak udah mampet dalam analisis dan juga merangkai kata-kata. Untuk mengatasinya, alangkah baiknya kamu menemukan lingkaran yang tepat untuk sharing dan juga berbagi tentang kesusahan dalam pekerjaan skripsimu. Adanya koneksi pendukung yang baik dijamin kamu akan lebih mudah menyelesaikannya, 

5. Liburan

tips menemukan judul skripsi
 Sumber : tourdelust.com

Ambillah waktu luang dalam mengerjakan skripsi dengan liburan sejenak dan menyenangkan hatimu. Tidak perlu jauh-jauh cukup dengan menikmati waktu santai di loteng rumah atau sunset sangatlah menghibur. Pastikan ambil waktu yang tepat untuk melepas penat. Tetapi jangan sampai kelamaan yaaa kamu harus kembali lagi kehidupan nyata mu dengan segera menyelesaikan skripsi. 

Gimana nih tips tips menemukan ide dalam pekerjaan skripsi kamu jangan sampai terlena yaa. Semakin tua semestermu maka semakin banyak nih tanggung jawab yang akan kamu emban. 

Jika kamu suka artikel ini boleh banget share keteman - teman kalian yaa

 

Share:

0 Komentar