Industri

Peluang Pekerjaan Yang Menanti Dari Menggunakan Drone

Drone seringkali dikaitkan dengan proses pengambilan gambar dan video. Kini, penggunaan drone sudah semakin luas dan dapat dimanfaatkan dalam berbagai sektor. Penggunaan drone secara luas dapat membuka peluang pekerjaan baru!

Drone merupakan pesawat tanpa awak yang bisa diterbangkan dengan remote control. Saat ini, perkembangan drone begitu pesat. Jika dulu drone hanya dikaitkan dengan pengambilan gambar, video, hingga monitoring jarak jauh. Kini, penggunaan drone sudah semakin luas dan dapat dimanfaatkan dalam berbagai sektor.

Fleksibilitas dan ketahanan drone dapat dimanfaatkan pada berbagai macam industri. Dengan alat sekecil itu, pekerjaan berisiko tinggi dapat terbantu dengan adanya drone. Untuk itu, pilot drone saat ini menjadi peluang pekerjaan yang menjadi primadona.

Bidang Pertanian

(Sumber : pexels.com)

Pertanian modern memang mulai menggunakan drone sebagai alat wajib mereka. Namun, satu hal yang perlu diperhatikan adalah cost sebab drone cocok digunakan dalampertanian dengan skala besar.

Penggunaan drone pada skala besar memang bisa sangat sangat membantu. Saat ini, drone bisa dimodifikasi dengan berbagai macam kegunaan salah satunya otomatisasi penyiraman. Jika dulunya penyiraman tanaman pada lahan yang besar memakan waktu yang cukup banyak, kini drone bisa membantu mengefektifkan waktu dan tenaga.

Lebih dari itu, drone juga bisa dilengkapi dengan sensor  untuk memonitor kesehatan tanaman. Nah, fungsi ini benar-benar membantu petani mempelajari tanaman. Dengan begitu, kerugian yang ditimbulkan dapat diminimalisir.

Bidang Geospasial

(Sumber : pexels.com)

Bidang geospasial mencakup aspek keruangan yang menunjukkan lokasi, letak, dan posisi suatu objek. Nah, bidang ini berkaitan dengan beberapa sektor seperti pertambangan hingga pemetaan wilayah.

Satu kegunaan yang paling terasa dari drone adalah fleksibilitasnya dalam akuisisi data dalam skala yang besar. Sebagai contoh pada pembangunan IKN, apabila tidak menggunakan drone maka proses survei awal akan memakan waktu yang lama. Namun, dengan adanya drone bisa langsung terpetakan sehingga mempercepat proses perencanaan.

Contoh lain di bidang pertambangan, volume pertambangan yang dihasilkan biasanya perlu dilaporkan berkala. Dengan adanya drone, jumlah material tambang yang sudah dikeruk  bisa diketahui secara cepat.

Bayangkan sebelumnya wilayah seluas berapa ratus hingga ribu hektar harus disurvei secara langsung. Namun, kini dengan adanya drone seluruh wilayah tersebut bisa tercakup dengan beberapa kali penerbangan saja.

Bidang Konstruksi

(Sumber : pexels.com)

Konstruksi yang terkenal dengan risiko pekerjaan tinggi juga terbantu dengan adanya drone. Alat yang cukup baru di dunia konstruksi bernama Building Information Model (BIM) kini sedang naik daun. Singkatnya BIM dapat memodelkan sebuah bangunan fisik secara tiga dimensi dalam bentuk digital.

Dulunya, representasi bangunan fisik hanya digambarkan secara “kaku”, kini dengan adanya BIM kita bisa melakukan berbagai analisis dan mensimulasikannya seperti di dunia nyata.

Nah, dengan bantuan drone, kita bisa memodelkan bangunan tinggi sekalipun secara akurat tanpa harus mengirim orang. Hebatnya, BIM dapat digunakan mulai dari perencanaan hingga pemeliharaan bangunan.

Cukup cek berkala dengan drone, kita bisa melakukan analisis kecocokan desain dengan bangunan fisik yang telah terbangun. Selain monitoring kesesuaian dengan desain, BIM dapat mendeteksi kesalahan saat melakukan pembangunan sehingga tak ada lagi stereotip “tumbal proyek”

Mitigasi Bencana

(Sumber : pexels.com)

Selain membantu manusia dalam proses pembuatan fitur, konstruksi, hingga monitoring. Drone juga sangat efektif dalam mengidentifikasi pola yang terjadi pada alam ini sehingga dapat mematangkan proses mitigasi bencana.

Sebagai contoh pada abrasi pantai, perubahan garis pantai bisa dimonitor secara berkala untuk mengidentifikasi arah abrasi. Lalu, pada kebakaran hutan, sensor yang terpasang pada drone bisa mengidentifikasi titik panas sumber  kebakaran sehingga strategi pemadaman bisa dilakukan secara lebih efektif.

Selain membantu ketika bencana belum terjadi, drone juga bisa dimanfaatkan saat bencana sudah terjadi. Pada kasus tanah longsor dan banjir, drone bisa memotret berapa luas terdampak bencana dapat memperkirakan bentuk bantuan yang dikeluarkan.

Bayangkan jika terjadi tanah longsor, pasti batas-batas tanah warga menjadi tidak terlihat lagi. Namun, dengan adanya drone kita bisa membandingkan aspek keruangan sebelum dan setelah bencana sehingga pematokan ulang batas bisa dilakukan secara lebih akurat.

Itulah beberapa fungsi yang saat ini berkembang pada drone. Bukan tidak mungkin kedepannya akan muncul lagi inovasi-inovasi baru yang dapat digunakan pada sektor lain. Drone membuka banyak peluang pekerjaan  yang cukup dicari saat ini.

Share:

0 Komentar