Fun Fact

Tidak Sekadar Estetika, Ini Fungsi lain Spoiler pada Mobil

Perkembangan IPTEK yang terjadi di dunia, juga berpengaruh pada dunia otomotif. Salah satunya adalah penggunaan spoiler pada kendaraan roda empat. dan apa fungsinya pada mobil?

Iqbal Parija3 Juni 2021
fungsi lain spoiler mobil
motorbiscuit.com

Halo Sobat Teknik,

Semakin banyaknya inovasi yang berkembang oleh pabrikan otomotif membuat munculnya beberapa komponen tambahan pada mobil, seperti spoiler. Banyak orang berpendapat bahwa spoiler hanyalah sebatas aksesoris tambahan untuk mobil, sebagai estetika atau keindahan. Karena memang ketika mobil dipasang spoiler secara tidak langsung mobil akan terlihat lebih sporty.

Dan spoiler itu sendiri sering kita temui di berbagai macam type mobil di Indonesia seperti sedan, hatchback, bahkan minibus. Namun, spoiler tidak hanya berfungsi sebagai estetika, terdapat fungsi lain dari spoiler yang perlu kita ketahui. Berikut fungsi lain dari spoiler, yaitu :

1. Membuat mobil lebih aerodinamis

Aerodinamika merupakan salah satu cabang ilmu yang berhubungan dengan suatu gerakan udara yang bekerja pada benda padat apabila bergerak melalui gas. Spoiler adalah salah satu body part mobil yang membuat mobil menjadi lebih aerodinamis.

Penyebabnya adalah karena spoiler memberikan gaya ke bawah atau menambahkan tekanan ke bawah pada mobil yang sering disebut dengan down force. Karena pada suatu kecepatan tertentu mobil akan terkena daya angkat (lift) yang akan membuat mobil melayang, serta menyebabkan mobil menjadi tidak stabil dan pada kondisi seperti ini mobil akan menjadi tidak terkendali.

Hal tersebut tentu sangat berbahaya bagi penumpang karena bisa menyebabkan mobil menjadi oleng, dengan demikian spoiler berperan penting dalam keselamatan berkendara karena mampu menjadi kontrol ataupun pengendali bagi mobil tersebut.

2. Meningkatkan pengendalian mobil

Ketika spoiler sudah membuat mobil lebih aerodinamis, otomatis dalam pengendalian mobil tentu menjadi lebih baik. Karena ketika kita berkendara dalam kecepatan tertentu terdapat terpaan angin yang menyebabkan daya angkat (lift) pada mobil yang bisa saja membuat mobil menjadi limbung atau oleng.

Namun karena ada spoiler yang memberikan gaya ke bawah untuk melawan gaya angkat tersebut,  menyebababkan traksi ban dengan permukaan jalan menjadi lebih kuat.  Hal inilah membuat mobil menjadi lebih stabil sehingga pengendalian mobil menjadi lebih mudah.

3. Melindungi bagian belakang mobil dari kotoran

Fungsi terakhir dari spoiler adalah melindungi bagian belakang mobil dari kotoran. Jika kita berkendara, tentu ada kondisi dimana aliran angin membawa partikel-partikel debu yang membuat mobil menjadi kotor, ataupun ketika kita berkendara pada cuaca hujan, membuat bagian belakang mobil menjadi lebih kotor.

Pada kondisi seperti inilah spoiler akan berfungsi untuk melindungi bagian belakang mobil dari kotoran. Dalam hal ini spoiler berfungsi untuk menjaga penampilan mobil untuk tetap bersih dan terhindar dari kotoran.

Mungkin itu saja fungsi lain dari spoiler, selain untuk memberikan nilai keindahan ternyata di samping itu spoiler juga memberikan pengaruh lain, baik di segi performa ataupun kebersihan.

Share:

0 Komentar