Industri

10 Perusahaan Manufaktur Terbesar di Dunia, Menghasilkan Produk Rumah Tangga dan Industri

Sektor manufaktur merupakan ekosistem bisnis yang menyediakan produk dan layanan untuk perusahaan lain

Ishak Okta Sagita8 Agustus 2023

Sektor manufaktur merupakan ekosistem bisnis yang menyediakan produk dan layanan untuk perusahaan lain. Tidak dipungkiri jika perusahaan manufaktur menjadi tulang punggung industri karena memproduksi komponen penting yang ada di Industri.

Karena menyediakan kebutuhan industri, tak heran jika perusahaan manufaktur memiliki ukuran yang besar. Lokasinya pun berada di kawasan industri yang terletak di pinggir kota besar.

Perusahaan manufaktur

perusahaan manufaktur terbesar di dunia

Perusahaan manufaktur memiliki aktivitas usaha tidak membeli barang jadi dari supplier. Sebaliknya, justru bahan mentah kemudian diolah menjadi barang jadi yang memiliki nilai lebih.
Barang jadi dari hasil proses produksi ini yang dijual ke konsumen. Keuntungannya perusahaan diperoleh dari penjualan komponen produk.

Perusahaan ini melakukan proses produksi dalam skala besar. Maka dari itu, dibutuhkan teknologi untuk memproses produk dalam waktu singkat. Selain itu, perusahaan ini dapat menyerap tenaga kerja.

Berdasarkan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Indonesia, sektor manufaktur berkontribusi memberi pemasukan negara sebesar 19,25% di tahun 2021

Perusahaan manufaktur terbesar di dunia

Selain di Indonesia, ada perusahaan manufaktur terbesar di dunia yang sudah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu. Diantaranya telah menjadi top of mind konsumen. Berikut ini adalah daftar perusahaan manufaktur terbesar yang ada di dunia.

1. General Electric

perusahaan manufaktur terbesar di dunia

General Electric adalah perusahaan multinasional asal Amerika Serikat . Pada tahun 2018, perusahaan masuk ke ranah bisnis aviasi, kesehatan, energi terbarukan, digital, hingga keuangan.

Perusahaan ini berdiri pada 15 April 1892. Jadi, sudah 131 tahun General Electric beroperasi si seluruh dunia. Salah satunya adalah memiliki kantor di Indonesia.

Konsistensi perusahaan dalam digitalisasi industri membuat banyak bisnis mempercayakan produksi barang kepada perusahaan ini. 

2. Siemens AG

perusahaan manufaktur terbesar di dunia

Perusahaan yang berbasis di Jerman ini merupakan raksasa di sektor manufaktur. Siemens AG sudah berdiri sejak 1 Oktober 1847.

Produk dan layanan yang diberikan Siemens AG antara lain energi, kesehatan, sampai kepada industrial. Industri 4.0 dan Internet of Things menjadi solusi digital bagi pasar secara global.

3. ABB Ltd

perusahaan manufaktur terbesar di dunia

Selanjutnya, perusahaan yang berbasis di Swiss ini terkenal dengan inovasi yang berkelanjutan/. Banyak produk yang dipasok seperti robotika, produk elektronik, otomasi, sampai dengan jaringan listrik. Dari semua itu hanya bidang otomasi dan robotika yang jadi primadona di dunia. 

ABB Ltd sudah berdiri sejak tahun 1883 dengan nama Allmänna Svenska Elektriska Aktiebolaget. Nama ABB Ltd baru diresmikan pada tahun 1988 setelah merger dengan Brown, Boveri & Cie, perusahaan asal Swiss. 

4. Honeywell International

perusahaan manufaktur terbesar di dunia

Honeywell merupakan perusahaan besar asal Amerika serikat yang bermula dari dirgantara sampai teknologi bangunan. Perusahaan ini masuk dalam daftar Fortune 500 berdasarkan pendapatan bruto. 

Perusahaan ini datang untuk memberi inovasi dalam sistem otomatisasi dan sistem kendali untuk memberi solusi permasalahan di industri. 

5. 3M Company

perusahaan manufaktur terbesar di dunia

Perusahaan 3M masuk dalam industri yang meliputi keselamatan kerja, kesehatan, dan kebutuhan konsumen. Lebih dari 60.000 produk yang dijual meliputi lem, laminasi, pelindung diri, elektronika, medis, sampai perawatan mobil. 

Perusahaan yang berdiri sejak 13 Juni 1902 ini memiliki linkup produk yang beragam mulai dari double tape sampai spon cuci piring.

6. BASF SE

perusahaan manufaktur terbesar di dunia

BASF merupakan produsen kimia terbesar di dunia. Perusahaan yang berbasis di Jerman ini memasok bahan kimia untuk industri otomotif, konstruksi, dan pertanian. 

Perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 1865 dengan 390 lokasi produksi di seluruh dunia.

7.  Toyota Industries Corporation

perusahaan manufaktur terbesar di dunia

Sebagian besar masyarakat sudah mengenal Toyota, produsen otomotif asal Jepang. Produk yang dihasilkan perusahaan ini antara lain mobil, material handling, mesin tekstil untuk kebutuhan bisnis.

8. Johnson Controls International

perusahaan manufaktur terbesar di indonesia

Perusahaan asal Irlandia ini merupakan penyedia teknologi dan solusi bangungan. Produk yang ditawarkan untuk industri adalah alat efisiensi energi, sistem keamanan, sampai dengan sistem HVAC pada bangunan.

Johnson Controls International merupakan perusahaan yang berdiri sejak tahun 1885 silam. Pada tahun 2017, perusahaan ini masuk dalam saftar Fortune Global 500.

9. Boeing

perusahaan manufaktur terbesar di indonesia

Boeing mulanya adalah nama produk pesawat terbesar di dunia. Pesawat yang ditawarkan mulai dari pesawat komersil hingga sistem keamanan untuk pesawat. 

Boeing telah menjadi mitra penerbangan sejak tahun 1916 silam. Perusahaan ini didirikan oleh William Boeing pada beberapa bulan setelah penerbangan perdana pesawat amfibi “B&W”.

10. Foxconn

perusahaan manufaktur terbesar di dunia

Perusahaan asal Taiwan ini merupakan produsen elektronik yang memproduksi komponen untuk perusahaan teknologi di dunia. Foxconn sudah beroperasi sejak tahun 1974 silam. 

Barang yang diproduksi oleh Foxconn antara lain Nokia, Xiaomi, Iphone, sampai dengan Playstation 4 dan 5.

Demikian perusahaan manufaktur terbesar di dunia yang masih berdiri sampai sekarang. Produknya banyak dipakai oleh masyarakat, khususnya di indonesia. Perusahaan mana yang kamu ingin singgahi setelah lulus kuliah?

Share:

0 Komentar