Pengetahuan

10 Situs Untuk Kamu yang Ingin Belajar Microsoft Excel, Gratis Kok

Microsoft Excel itu seperti udara, gak kelihatan tetapi dibutuhkan sama orang. Faktanya belajar skill baru dapat meningkatkan 20 persen produktivitas, terutama Excel

Ishak Okta Sagita19 Januari 2021

Microsoft Excel menjadi salah satu kompetensi dasar di dunia professional. Terutama pekerjaan yang berurusan dengan angka dan data. Sebagai salah satu produk dari Microsoft Office, lebih dari 60 juta pengguna software ini di seluruh dunia.

Bermodalkan kemampuan dasar Microsoft Excel saja sudah membantu banyak hal. Studi dari Social Market Foundation menunjukan menguasai banyak skill, terutama Excel dapat meningkatkan produktivitas sebesar 20 persen. Dan tentunya sangat membantu dalam mencari pekerjaan.

Seperti oksigen, skill microsoft Excel sangat dibutuhkan walau gak ada yang nyari. Salah satu contohnya adalah pengolahan data dari hasil pengamatan. Sayangnya gak semua mahasiswa menyadari betapa berharganya mempelajari skill tersebut.

Sebagai Anak Teknik, kamu perlu belajar tentang Excel utnuk memudahkan pekerjaan yang berurusan dengan data. Langkah pertama yang harus kamu lakukan belajar lewat situs penyedia materi Excel. Berikut ini situspenyedia materi belajar Excel.

1. edu.gcfglobal.org

gcfglobal.ord
youtube.com/c/GcflearnfreeOrgplus

Situs ini menyediakan 29 materi dan menjadi salah satu tempat pembelajaran Excel terlengkap. Materi yang disajikan mulai dari pengenalan dasar, formula, membuat grafik, dan pengembangannya.

Menariknya dari situs ini adalah di setiap akhir materi terdapat latihan soal. Tujuannya supaya bisa langsung mempraktikkan setelah mempelajari teori.

2. Excel Easy

Excel Easy
infokomputer.grid.id

Sesuai dengan namanya, Excel Easy sangat cocok yang masih noob tentang Excel. Seriap materi memiliki turunan sub bab yang membantu belajar secara bertahap. Situs ini juga menyediakan 300 example dengan penyadian visual sehingga bisa langsung dipraktikkan.

3. Chandoo.org

Chandoo
infokomputer.grid.id

Situs Chandoo.org memiliki ratusan materi berupa artikel dan tutorial. Terdapat pula forum untuk diskusi. Materi dapat diakses secara gratis. Dan terdapat pula kelas berbayar pelatihan Excel secara online.

4. Excel Exposure

Excel Exposure
facebook.com/ExcelExposure

Excel Esposure merupakan situs latihan Excel yang disajikan dalam bentuk video. Situs ini sangat cocok untuk kamu dengan tipe belajar visual dan audio. Materi-materinya terdiri dari pengenalan worksheet. Formula, VBA dan pengembangan.

Excel Esposure memiliki dua program yairu Free Course dan Platinum Course. Free Course berisi materi yang dapat diakses gratis, sedangkan Platimum adalah versi berbayar.

5. Excel Jet

Excel Jet
exceljet.net

Situs ini memiliki 500 rumus Excel, 222 shortcut pengguna Windows dan Mac, fungsi Excel, pivot table, serta tutorial dalam bentuk video. Diluar materi-materi gratis, Excel Jet menyediakan kelas berbayar dengan materi yang lebih dalam dan spesifik.

6. Improve Your Excel

Improve Your Excel
educba.com

Improve Your Excel memiliki beberapa kategori materi yang memudahkan pengunjung untuk mencari bahan belajar sesuai kebutuhan. Situs ini memiliki artikel, video tutorial, serta tips and trick pemakaian Excel.

7. Excel Hero

Excel Hero
etindy.com

Situs Excel Hero cocok untuk yang ingin belajat tingkat lanjutan. Pastikan dahulu tahu tentang dasar-dasar Microsoft Excel. Serupa dengan situs lainnya, Excel Hero menyediakan berbagai panduan dan latihan praktik untuk meningkatkan kemampuan aplikasi bawaan Microsoft Office.

8. Microsoft Excel Help Center

Microsoft Excel Help Center
infokomputer.grid.id

Microsoft menyediakan tempat tutorial Excel untuk penggunannya. Dapat diakses melalui browser atau langsung dari Excel.

9. Latihan Excel

Latihan Excel
facebook.com/LatihanExcel

Latihan Excel menggunakna bahasa Indonesia sebagai sarana komunikasi. Terdapat tiga tingkatan yang bisa dipilih yaitu tingkat dasar, menengah dan mahir. Materi VBA dan Excel Macro juga ada apabila kamu ingin mempelajarinya lebih lanjut. Penyajian dengan ilustrasi sehingga mudah dicerna dan dipraktikkan saat itu juga.

10. Advernesia

Advernesia
facebook.com/Advernesia/

Situs berbahasa Indonesia ini memiliki 10 BAB dengan masing-masing 7 sampai 11 materi. Setiap BAB saling berurutan dari pengenalan hingga pengaplikasiannya. Sangat cocok untuk pemula karena ada materi pengenalan dasar Microsoft Excel yang ada di BAB 1.

Selain Excel, Advernesia juga mengajarkan tentang Matlab dan Data Science.

Itu tadi ada 10 situs yang bisa kamu jelajahi untuk belajar Microosft Excel. Semoga dengan banyaknya pilihan ini memudahkan pencarian.

Share:

0 Komentar