Pengetahuan

5 Fakya Yang Harus Kamu Tahu Sebelum Melamar Kerja di Perusahaan Tambang

Penting untuk mencari informasi sebelum mencari pekerjaan. Terutama kamu yang ingin bekerja di perusahaan tambang. Karena fakta tersebut belum tentu kamu peroleh waktu kuliah

Ishak Okta Sagita28 September 2021

Perusahaan tambang masih jadi tempat favorit bagi mahasiswa teknik. Popularitasnya masih tinggi dibandingkan dengan perusahaan lainnya. Gak bisa dipungkiri kalau bekerja di perusahaan tambang dapat menaikan pamor seseorang.

Selain terlihat mengagumkan, bekerja di perusahan tambang sangan kontenable. Banyak kok konten di IG maupun Tiktok tetang karyawan perusahaan tambang. Dan tentu saja gaji yang diperoleh gak kalah dengan menggiurkan.

Berdasarkan Kelly Indonesia Salary Guide 2020/2021, perusahaan tambang menggaji karyawannnya di atas 10 juta rupiah. Berikut dapat gaji berdasarkan jabatan di perusahaan tambang

  • Civil Engineer : Rp 16.000.000
  • Drilling and Blasting Engineer : Rp 20.000.000
  • Engineer Manager : Rp 20.000.000
  • Electrical Engineer : Rp 15.000.000
  • Heavy Equipment Training Supervisor : Rp 17.000.000
  • HSE Engineer : Rp 25.000.000
  • Mechanical Engineer : Rp 25.000.000
  • Metallurgy Engineer : Rp 21.000.000
  • Mining Engineer : Rp 15.000.000
  • Process Engineer : Rp 30.000.000

Namun, yang kamu lihat baru permukaannya saja. Karena itu area yang lebih sering diperlihatkan kepada publik. 

Realita bekerja di perusahaan tambang

Namanya ekspetasi sering terbalik dengan realita, begitu pula dengan bayanganmu terhadap perusahaan tambang. Ada banyak hal yang kamu masih belum terbongkar. Bisa jadi dosenmu belum cerita terkait realita bekerja di perusahaan tambang.

Untuk mendapatkan keseimbangan, kamu perlu tahu realita bekerja di perusahan tambang.

1. Penambang harus siap berpindah-pindah tempat kerja

meninjau lokasi penambangan

Insinyur di pertambangan kerjanya mengejar tempat yang diduga terdapat kandungan material. Ketika lokasi tersebut sudah gak ada mineral yang dapat digali harus pindah ke tempat lain. Terutama bagi pekerja lapangan.

Secara umum ada empat lokasi penambangan

  • Lokasi bawah tanah : Dari nama sudah jelas bahwa lokasinya berada di bawah permukaan bumi. Banyak material serta biijih bernilai tinggi ada disana. 
  • Permukaan bumi : Lokasi ini berada pada permukaan tanah. Mencari material berharga yang terdapat pada permukaan bumi.
  • Placer : Lokasi ini biasanya terdapat di sungai, pasir, ataupun daerah seminem tinggi. Material yang ditemukan di area ini akan dibersihkan dengan air atau angin.
  • In-situ : Penambangan ini memakai bahan kima yang dituangkan ke dalam bijih supaya larut. Hasil dari lauran tersebut dipompa menuju permukaan

Walau belum tentu ditanyakan saat wawancara kerja, mulaila tanyakan pada dirimu sendiri bisakah kerja pindah-pindah lokasi kerja. 

2. Industri tambang tidak mengenal 8 jam kerja

memantau jam kerja

Kamu tidak bisa bekerja di industri tambang kalau masih mengharapkan 8 jam kerja. Jam kerja perusahaan tambang berkisar 10-14 jam per hari, tergantung aturan perusahannya. Kamu bisa mulai kerja dari subuh atau tengah malam.

Alasan dari jam kerja yang panjang karena proses menambang bukan hal yang mudah. Sehingga jam kerja industri tambang terbilang panjang. Bahkan libur nasional masih harus bekerja. 

Sebelum kamu marah-marah dan mention SJW Work Life Balance, perusahan pertambangan masih memberi libur untuk karyawannya. Dalam satu bulan karyawan mendapat jatah libur 14 hari. Tentunya pemberian jatah libur menyesuaikan dengan kebijakan perusahaan.

3. Perusahaan tambang mewajibkan pelamar memiliki keahlian tertentu

memiliki keahlian tertentu setelah lulus kuliah

Melihat seleksi penerimaan karyawan perusahan tambang seketat legging macan tutul, kamu wajib memiliki ketrampilan cukup untuk dapat diterima. Pasalnya proses penambangan menggunakan teknologi dan kendaraan yang penggunanya harus punya ketrampilan. 

Untuk syarat akademik setidak-tidak kamu lulusan teknik pertambangan. Namun juga terbuka untuk jurusan lain walau tetap mengikuti kebijakan perusahaan.

Kompetensi lainnya adalah pengetahuan tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Mengingat area tambang memiliki risiko kecelakaan tinggi, maka keahlian K3 wajib dimiliki oleh pekerja tambang. Kamu bisa mencari secara daring terkait informasi sertifikasi K3. 

4. Wajib memiliki kondisi fisik yang prima

melakukan medical checkup

Kondisi fisik jarang disorot oleh fresh graduate yang mau bekerja di perusahaan tambang. Sering kali mereka berfokus pada kualitas CV dan IPK. Pasalnya sebelum mulai kerja di tambang akan ada pemeriksaan fisik.

Bekerja di perusahan tambang memiliki risiko kesehatan. Seperti pekerja tambang bawah tanah akan menghadapi kandungan berbahaya dari material. Ditambah kamu harus kerja 10-14 jam per hari. 

Ada baiknya cek kesehatan fisik ke rumah sakit sebelum mendaftar ke perusahan tambang. Kenali kondisi fisikmu apakah ada kendala kesehatan.

Walaupun tersedai APD namun itu hanya membantu sementara. Sisanya kembali kepada kondisi fisikmu. Karena kondisi fisik prima adalah syarat yang gak bisa diganggu gugat. Bahkan lulusan terbaik universitas tetap saja gak lolos ketika kondisi fisiknya bermasalah.

5. Memiliki kecerdasan emosi merupakan keharusan

interaksi antara sesama pekerja tambang

Kecerdasan emosi adalah kemampuan menggunakan emosinya untuk meningkatkan kemampuan berpikir. Menurut John D. Mayer, kecerdasan emosi artinya terlibat untuk merasakan emosi, membaru dengan perasaan, serta menangkap informasi dari emosi yang keluar. Lalu apa yang membedakan dengan pekerjaan lainnya, bukankah tempat lain juga butuh kecerdasan emosi.

Lokasi tambang jauh dari hiruk pikuk kota. Sehingga kamu harus terbiasa dengan keterbatasan. Contohnya adalah gak bisa pergi keluar sembarangan setelah jam kerja, sinyal internet putus-putus, dan sepanjang hari cuma ngeliat mineral tambang.

Kamu bisa menghadapi keterbatasan tersebut kalau memiliki kecerdasan emosi yang bagus. Kecerdasan emosi membuatmu tetap stabil walau dalam kondisi tertekan. 

Manfaat dari memiliki kecerdasan emosi adalah

  1. Mempermudah pembuatan rencana di masa depan
  2. Membantu dalam penyelesaian masalah pada situasi mendesak

Kecerdasan emosi dapat diasah dengan cara mengenali diri ketika mengalami emosi. Perhatikan reaksi yang muncul. Dan mengapa itu dapat terjadi.

Bonus : Perempuan juga mampu bisa bekerja di perusahaan tambang

perempuan yang bekerja di industri pertambangan

Secara harafiah, perempuan dapat bekerja di perusahaan tambang ketika dinyatakan lolos persyaratan. Namun secara posisi, perempuan juga dapat mengambil peran di perusahaan tambang. Bukan hanya perkara administrasi melainkan pekerja lapangan

Persyaratan bekerja di perusahaan tambang sangatlah ketat

Serupa dengan melamar kerja di BUMN, perusahaan tambang punya syarat rekruttmen ketat. Seleksi ketat dilakukan untuk melihat kompetensi, kondisi fisik, kecerdasan emosi, serta risiko pekerjaan. Jadi jangan dipikir perusahaan sedang jual mahal atau sok edgy.

Untuk itu penting buat kamu ketahui agar terhindar dari patah hati karena ekspetasi ketinggian. Gimana, masih tetap mau kerja di perusahaan tambang?

 

 

 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait