Kreatifitas

6 Film/ Web Series Drama Tentang Teknik yang Wajib Kamu Tonton

Umumnya, orang tahunya film bertema teknik adalah 3 Idiots. Padahal banyak film/ web series yang mengangkat tema tentang teknik. Film/ web series ini wajib kamu tonton, khususnya anak teknik!

Ishak Okta SagitaFebruary 19, 2021

Bicara film bertema teknik, sebagian besar pasti menyebut nama 3 Idiots. Film India yang rilis pada tahun 2010 menceritakan tiga mahasiswa teknik dengan latar belakang keluarga berbeda. Cerita yang disuguhkan sangat dekat dengan mahasiswa teknik saat ini, terutama Indonesia.

Selama pandemi, film/ web series menjadi salah satu alternatif sarana penghibur diri. Hampir semua industri melakukan program bekerja dari rumah (WFH), kebijakan ini membuat orang meluangkan waktu menonton film/ web series.  

Film/web series adalah sarana melepaskan diri sejenak dari himpitan skripsi

Manfaat yang diperoleh ketika menonton film/ web series antara lain melepas penat, sarana belajar kebudayaan, media menjalin relasi sosial, mendorong perubahan sosial, dan bentuk apresiasi karya  seseorang. Banyak juga khasiat yang didapatkan dari menonton film.

Tentu sangat baik untuk kamu yang mencari pelarian sejenak dari keruwetan skripsi, olah data, dan tumpukan revisi. Semua itu bisa kamu selesaikan dengan baik ketika otak sudah fresh.

Sembari menemani ngerjain skripsi, berikut adalah berbagai judul film/ web series bertema teknik yang bisa kamu tonton.

1. Pergi Pagi Pulang Untung Reborn

https://www.youtube.com/watch?v=0FaA-vouJD0
youtube.com/user/DaihatsuSahabatku

Pergi Pagi Pulang Untung (P3U) Reborn adalah serial awal sebelum Pergi Pagi Pulang Untung. Film ini becerita tentang dua mahasiswa teknik mesin bernama Adam (Angga Yunanda) dan Reza (Marshel Widiyanto). Mereka sudah bersahabat sejak bangku sekolah.

Film series ini pertama kali tayang pada 14 Oktober 2019 di kanal Youtube Daihatsu Sahabatku.  Dengan total lima episode ini menampilkan realita mahasiswa teknik seperti naksir adik tingkat, takut deketin cewek, ngechat cewek tiap malam, ngerjain tugas, sampai dengan SKS sebelum ujian.

Yang menarik dari film ini adalah penyebutan referensi buku menggambar mesin karangan Takeshi Sato. Buku ini adalah salah satu kitab suci orang mesin.

2. Nikah Milenial

https://www.youtube.com/watch?app=desktop&v=Pw8BPFVUY6c
youtube.com/c/DaikinIndonesiaOfficial

Nikah Milenial merupakan film series yang digarap oleh Daikin Indonesia dan tayang perdana pada 18 Juli 2020. Daikin sendiri adalah perusahaan air conditioner (AC) asal Jepang.

Berkisahkan tentang perjuangan sepasang kekasih bernama Adam (Marthino Lio) dan Dewi (Delia Husein) dalam menjalani kehidupan saat pandemi. Dalam cerita, Adam merupakan lulusan teknik mesin yang sedang mencari kerja.

Selama lima episode, kamu akan disuguhkan bagaimana sekasang kekasih ini menjalani kehidupan dan mengatasi konflik. Pada episode terakhir, diperlihatkan referensi teknik mesin yaitu gambar skematik sistem refrigerasi.  

3. Honest Engineering Campus Placement

https://www.youtube.com/watch?v=oPp4htuqDOs
youtube.com/c/allindiabakchod

Film series asal India ini menyorot bagaimana mahasiswa teknik di India menyikapi kehidupan dan persiapan setelah lulus kuliah. Banyak sekali kemiripan antara kita dengan mereka.

Dalam tiga episode, akan diperlihatkan lika-liku kehidupan mahasiswa teknik. Di film ini kita bisa lihat bagaimana tegangnya menghadapi  ujian, lihat teman udah keterima kerja, nyontek saat ujian, rekrutmen masif dari perusahaan, sampai wawancara kerja.

Film ini terdapat tika karakter yang merepresentasikan tipikal-tipikal mahasiswa teknik yaitu failure, average, dan overachiver. Failure mengambarkan mahasiswa IPK ambyar, average adalah mahasiswa rata-rata, sedangkan overachiver adalah mahasiswa berprestasi.  

Pertama kali film ini rilis di tanggal 19 Juni 2017 lalu di kanal Youtube All India Bakchod. Yang menarik dari series ini adalah semua kru dan pemain merupakan mahasiswa teknik di kehidupan nyata.

4. My Engineer

https://psycho-milk.com/2020/03/20/my-engineer-episode-1-3-review/
psycho-milk.com

Series asal Thailand ini telah rilis pada tanggal 14 Maret – 30 Mei 2020. Film series ini disutradarai oleh Lit Samajan, yang juga terlibat dalam proyek SOTUS : The Series.

Film ini menceritakan persaingan antara dua mahasiswa berbeda jurusan bernama Bohn (Poy Krisanapong) dan Duen (Cooper Patpasit). Bohn merupakan mahasiswa teknik, sedangkan Duen mahasiswa kedokteran.

Pertemuan mereka terjadi akibat kecelakaan yang membuat hidung Bohn berdarah. Sebagai permintaan maaf, Duen mengirim bunga mawar kepada Bohn setiap hari selama sebulan.

Series ini memiliki 14 episode, setiap episode memiliki durasi 45 menit.  Untuk kenyamananmu nontonlah dengan subtitle karena percakapannya menggunakan bahasa Thailand. 

5. SOTUS : The Series

https://www.netflix.com/id-en/title/80993739
netflix.com

SOTUS adalah serial Thailand bergenre drama dengan 15 episode. Pertama kali tayang pada 20 Agustus 2016 sampai 14 Januari 2017. Series ini menceritakan kehidupan mahasiswa teknik dan perlakuan senior terhadap junior.

Tokoh utama dalam series ini adalah Arthit (Perawat Sangpotirat), mahasiswa semester enam yang mejabat sebagai ketua mahasiswa jurusan. Ia menyalahgunakan jabatannya untuk bertindak semena-mena sehingga mahasiswa baru gak nyaman.

Perlawanan datang dari Kongpob (Prachaya Ruangroj), mahasiswa baru teknik mesin yang melihat ketidakadilan dan melancarkan perlawanan. Dari sinilah keduanya justru saling mengenal lebih dalam.

SOTUS merupakan singkatan dari seniority, order, tradition, unity, dan spirit. Tradisi ini merupakan ospek yang harus dilakukan oleh maba teknik agar mendapatkan “The Gear”, yang merupakan tanda bagian dari mahasiswa teknik.

6. SOTUS S : The Series

https://criesinfangirl.com/2019/03/29/sotus-s-episode-2/
criesinfangirl.com

SOTUS S : The Series merupakan sekuel lanjutan dari SOTUS : The Series. Pertama kali tayang pada 9 Desember 2017 sampai 10 Maret 2018, dengan total 13 episode.

Kronologi latar waktu diambil dua tahun setelah kejadian SOTUS : The Series. Diceritakan Arthit sudah lulus kuliah dan berkerja, sedangkan Kongpob adalah mahasiswa tingkat akhir.

Premis cerita berawal dari Kongpob mencari tempat magang. Ia meminta bantuan Arthit agar bisa magang ditempat dia bekerja.

Itu tadi adalah daftar film/web series tentang teknik yang bisa kamu tonton. Bisa kamu jadikan sebagai teman ngerjain skripsi atau yang lain-lain. Manakah yang sudah pernah kamu tonton?

Share:

0 Komentar

Related Article