Pengetahuan

6 Metode Pengeboran Pertambangan di Industri Tambang

Pengeboran tambang punya berbagai tujuan . Untuk itu, terdapat berbagai metode pengeboran tambang sesuai fungsinya. Apa saja metode pengeboran di industri tambang

Ishak Okta Sagita17 Januari 2022

Pengeboran tambang bertujuan untuk eksplorasi, produksi, pembukaan lahan, maupun geoteknik. Makin kesini, teknik pengeboran makin berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. 

Apa itu pengeboran tambang

pengeboran tambang

Teknik pengeboran adalah cara membuat lubang menggunakan mata bor untuk kegiatan pertambangan.

Pengeboran menggunakan mata bor yang berfungsi memotong lubang di batu, terutama di emas dan batu bara. Sehingga harus menggunakan mata bor khusus. 

Dalam pengeboran tambang menerapkan sifat rekayasa (engineering), yang meliputi

  • Kekerasan (hardness)
  • Abrasivitas (abrasiveness)
  • Tekstur (texture)
  • Struktur (structure)
  • Kendali (control drillbility)

Metode pengeboran tambang

pengeboran di area pertambangan

Industri pertambangan memakai berbagai teknik pengeboran untuk tujuan tertentu. Berikut merupakan beberapa teknik pengeboran tambang yang ada di industri tambang

1. Auger Drilling

Pengeboran ini adalah jenis paling sederhana. Cara kerjanya dengan melibatkan rotasi manual sekrup heliks ke tanah. Pengerjaan ini bisa dilakukan dua orang. Walaupun terkadang pengeboran bisa dengan kendaraan.

Jenis pengeboran ini spesifik sebagai teknik pengintaian geokimia awal. Yang mana memakai tanah yang lebih lembut agar mudah menemukan tempat pemasangan bor yang lebih besar. 

2. Rotary Air Blasting

Berikutnya adalah metode pengeboran dangkal yang paling umum. 

Cara kerja rotary air blasting yaitu piston menggerakan objek “palu”, lalu menggerakan mata bor ke dalam batu. Tujuannya untuk memecah permukaan keras menjadi serpihan, sehingga bisa diangkat ke permukaan lewat udara terkompresi. 

Metode ini cocok untuk mengebor banyak lubang dalam waktu singkat. Tidak disarankan untuk sampel geologis karena mengalami airblasting

3. Aircore

Pengeboran ini menggunakan mata bor tiga blade dengan batang bor berlubang. Fungi dari bor berlubang untuk menembus tanah dan memecah batuan.

Selesai pengeboran, udara terkompresi diledakan dengan batang bor. Nantinya potongan material dapat terbawa ke permukaan. 

Metode ini lebih lambat dari Rotary Air Blasting, namun lebih presisi. Dengan demikian, sampel yang diperoleh tidak terlalu rentan kontaminasi.

4. Circle Circulate Drilling

Ini merupakan metode pengeboran terbaik untuk eksplorasi tambang. Cara kerjanya mirip dengan rotary air blasting dan aircore drilling

Mulanya, benda mirip “palu” digerakan oleh piston untuk menggerakan mata bor, namun memakai rig dan mesin yang lebih besar. Keuntungannya yaitu mampu mengebor tanah lebih dalam.

Pengeboran ini sangat ideal untuk eksplorasi geologi. Sebab, sampel yang dihasilkan bebas kontaminan. Keuntungan lainnya dari teknik pengeboran ini adalah penanangan lebih sedikit, hemat biaya, dan lebih cepat selesai.

5. Diamond Core Drilling

Sesuai dari nama, pengeboran ini memakai berlian sebagai mata bor. Dengan begitu, metode pengeboran ini terbilang pengeboran paling mahal. Pengeboran “sultan” di kelasnya.

Pengeboran dengan mata bor berlian mampu menghasilkan sampel batuan seakurat mungkin. Hal ini karena seluruh inti dapat terangkat ke permukaan. Dengan begitu sampel dari pengeboran ini cocok untuk pencatatan kekuatan, komposisi, dan porositas.

6. Blast Hole Drilling

Terakhir, metode pengeboran ini untuk membersihkan tanah supaya mineral di bawahnya mudah diakses. Hal ini melibatkan pengeboran lubang ke dalam bumi. Sebab, ada peledak yang ditempatkan pada tiap-tiap lubang.

Setelah diledakan, mulai membersihkan material yang rusak. Apabila pengeboran terjadi di bawah tanah, maka terowongan atau tempat ledakan dibentengi demi keamanan manusia. 

Untuk alternatif bahan ledakan, kembang api peledak bertekanan gas bisa digunakan untuk mengganti batu saat penggalian. 

Kesimpulan

Metode pengeboran tambang digunakan sesuai dengan tujuan pengeboran. Tidak bisa memakai satu metode untuk seluruh pekerjaan. Karena tidak sesuai dengan karakteristik pengeboran tersebut.

Mengingat pentingnya pengetahuan tentang metode pengeboran tambang bagi kamu yang ingin kerja di perusahaan tambang. Untuk tahu lebih banak tentang metode pengeboran tambang, langsung aja masuk ke BASIC DRILL & BLAST TECHNIQUE PADA PERTAMBANGAN.

Minat? Klik link di bawah ini untuk registrasi

Link registrasi BASIC DRILL & BLAST TECHNIQUE PADA PERTAMBANGAN

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait